Setel Angin Motor Bebek 125



  1. Putar Pilot Screw (stelan langsam) searah jarum jam untuk memperbesar RPM mesin hingga kira2 3000RPM.

  2. Putar Air Screw (Stelan Angin) kekanan (searah jarum jam) hingga mentok, pada kondisi ini mesin seakan-akan mau mati (RPM menjadi rendah).

  3. Putar kembali Air Screw kekiri (berlawanan dg jarum jam) kurang-lebih 1,5 - 2 putaran.

  4. Cari diantara posisi itu RPM (putaran mesin) tertinggi.

  5. Setelah didapat putaran tertinggi, kemudian kecilkan RPM dengan memutar pilot Screw kekiri hingga di dapat RPM 1300-1400 atau bila tidak menggunakan RPM meter bisa di cari pada RPM terendah dimana putaran mesin tidak terjadi pincang2.

  6. Selesai.


    Kesulitan-kesulitan :

    Apabila pada saat memutar air screw kemudian tiba2 mesin mati, maka putar sedikit pilot screw kenanan/perbesar RPMnya lalu nyalakan lg motornya Dan lanjutkan langkah ke-3

    Apabila RPM motor susah stabil/tidak bisa stabil/pincang2 coba dianalisa pada :
    RPM kurang tinggi (Batas minimal 1300RPM) bila dibawah itu tidak baik untuk keawetan mesin (artikel mengenai efek bila RPM mesin terlalu rendah menyusul)
    Oil seal yang berada didalam air screw, mungkin rusak atau tidak Ada sealnya apabila oil seal nya rusak/hilang, ganti dengan menggunakan oil seal yang sesuai dengan ukuran, atau bisa diakali dengan menggunakan karet seal yang berasal dari dalam karet korek api gas, caranya pecahkan korek apinya Dan cari karet seal yang seukuran dengan oil seal air screw tadi Dan gantikan. Oil seal ini berpengaruh sekali karena berfungsi mencegah kebocoran udara dari dalam saluran air screw menuju keluar.

1 komentar: