Korek Harian 4-Tak : Setting Karburator

Meski bisa pertahankan karbu standar bawaan pabrik, kohar alias korek harian 4-tak tetap perlu ubah setingan. “Kompresi sudah naik dan kem dikorek, karbu sebagai pemasok gas bakar harus disesuaikan,” jelas Teng Suang Hak, mekanik Ahak Motor, yang mangkal di Jl. Kapuk Raya, No. 55D, Jakarta Utara.

Pria akrab dipanggil Ahak itu, ajukan tips simpel nyeting main-jet dan pilot-jet. “Tidak pake patokan. Soalnya karakter masing-masing kohar beda. Kuncinya, rasakan saja dampak di mesin,” kata Ahak yang sibuk garap motor balap pesanan saat ditemui Em-Plus di bengkelnya.


Lakukan penyetelan gas dan angin secara maksimal. “Jika teriakan mesin pada setelan gas tertinggi kurang njerit, berarti main-jet memang kurang. Coba naikan 5 angka dulu,” kata lelaki berambut cepak ini.

Setelah itu, coba tarik gas. Jika pada gas tinggi tampak kayak ada kosong, alias ada jeda pada pasokan bensin. “Itu main-jet masih kurang. Bisa naikan satu step lagi, atau jadi 7 atau 7,5 angka. Biasanya, untuk kohar kenaikan itu sudah cukup tinggi,” ingatnya.

Sebaliknya, jika saat digas malah terasa mbrebet di putaran atas. Itu artinya, kenaikan main-jet yang dilakukan terlalu besar dan harus diturunin. Selain mbrebet, setelan main kegedean juga berdampak bensin boros. “Bensin terbuang dan nggak terbakar maksimal. Bisa dilihat di busi. Kalau cepat sekali hitam, berarti setelan kegedean pas,” ujar Ahak lagi.

Sementara untuk setelan pilot-jet, gejalanya juga dideteksi dengan beberapa hal. Gejala pertama, jika motor susah hidup setelah dilakukan korekan. “Atau setelah hidup, tapi pada putaran bawah tampak seperti ada kosongnya. Kayak bensin enggak jalan. Itu artinya pilot-jet perlu dinaikan,” katanya.

Cara menaikan juga bertahap. “Sama kayak kenaikan main-jet, coba dinaikan 5 angka dulu,” tambah mekanik yang sukses bikin Kanzen melejit di pentas pasar senggol Jakarta.

Ahak kasih ancer-ancer, kebiasan yang dilakukannya, setelan pilot-jet maupun main–jet untuk kohar, pas pada penambahan antara 5 sampai 7,5 angka. Tentu saja, tergantung karakter korekan dan jenis karburator. “Tapi dari pengalaman, setingan pilot dan main-jet koharenggak pernah sampai 10. Jenis karburator apapun, deh,” tutup Ahak

dikutip dari www.motorplus-online.com

127 komentar:

  1. untuk mengetahui putaran 5-7,5 bagaimana dan pilot-jet dan main-jet dimana ... bisa di jelaskan?

    BalasHapus
  2. buka rahasianya D O N K . . . . . . . .

    BalasHapus
  3. klo udah di korek tinggal di adu aja di sirkuit widuri..hitung2 test.gratiz bro..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ea test ma drag qhu ea,,,,,jngan grtis lch itung2 uang mnyak,,,,,,,,,

      Hapus
    2. ea da qta tes ma drag qhu,,,,,,,,,,,
      ea jngan grtis lch itung2 uang mnyak,,,,,,,,[1juta]

      Hapus
  4. petarukan sblh mananya exs bioskop?

    BalasHapus
  5. ak mw kursus mekanik yg bgs dmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di ,ekenik donok city
      alamat na ponkar[siantar]

      Hapus
  6. Tempat kursus banyak, kalo di Jakarta yang cukup terkenal dan bagus antara lain adalah HMTC, coba aja buka webnya di
    http://www.hmtc-online.com/training.asp

    BalasHapus
  7. TOPAS motor alamatnya di pintu gerbang pasar Petarukan mas, kapan2 mampir aja main-main kesana bro

    BalasHapus
  8. dimana mendapatkan mekanik yg handal ya

    BalasHapus
  9. bang...topas...motor sy satria FU baru di ganti karbu RX KING, tarikan bawah merebet dan susah langsam trus pelampung bensinnya banjir, kasih solusi donk bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo banjir harus di kasih keran coyy .

      Hapus
  10. bang,sya punya motor vega nih ru maen seher ma nokenas doang ! kalau penge di kencengin lg gmna ya cranya ?? mungkin motor saya bisa masuk bengkel abang . modal si udah ada !

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba abang ganti pilot jet di tmbh 5 dri ukuran stndr am cdi resing dn tentu.y kabel koil jga hrus racing dan busi jga pke iridium ckp sgtu dlu ya bang

      Hapus
  11. apa pengaruhnya pada mesin bila celah kruk-as pada crank case yamaha F1ZR di persempit clearensnya?tolong di jawab ya bang.......trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu sering dipakai para mekanik balap dragrace...celah dipersempit dimaksutkan agar dorongan bahan bakar keruang bakar lebih kuat dan kompresi meningkan sekian persen karena hampir 90persen bahan bakar terdorong semua ke ruang bakar CMIIW

      Hapus
  12. pass start g lmbat gmna cranya bro?
    trus pass start langsung mluncur knceng g kya metix,,,,, thanxs for you!

    BalasHapus
  13. MX GUE,,GUE GNTI MAIN AMA PILOT JETNYA JADI 130 SAMA 30...EEHHH TRIKANYA MLAH TURUN BNER...
    TPI SUARANYA GEDE...

    GMN TUH SARANYA???
    UKURAN BRP YA KLO UTK MX TUH YG BGUS SPYA KENCENG???

    MOHON SARANYA YAA..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu jetting nya kegedean ukuran pilot jetnya terlalu besar alhasil motor jadi mbrebet dan suaranya gede kalo untuk motor standar cukup naikin 1 - 2 step pilot jet standar mx 20 naikin 22,5 - 25

      Hapus
    2. paling nggak minimal anda juga harus merubah knalpot yang freflow untuk mengimbangi pasokan bensin yang banyak,,,juga kalo perlu busi racing/cdi racing

      Hapus
  14. bos aq mw nax nich.gimana cara setting pengisapan motor fiz R agar larix bisa tambah kenceng dikit...........?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pkai jha bos karbu enzim
      isap-isapan motor rx king...
      mtah na bos pling khan ckitar 2jt

      Hapus
  15. cdi yg mantap buat kohar ..

    pake paan cuy..

    BalasHapus
  16. maen aja ke bengkelku Verons Motor di sumur batu kemayoran jakarta pusat....soal korek motor top bangeth....DanMek Asep, Castrol Mekanik BikePoint

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo mau kohar revo 100cc kena berapa bang... trus nama n alamat bngkelnya dimana....????

      Hapus
  17. buat bro arie..,,

    boleh bantu jawab..,,itu mah PJ n Mj nya tlalu kegedean..,terlalu banyak carbon fouling dpiston,kerja piston,busi,koil menjadi lebih xtra berat
    bisa2 terjadi tabakan antara piston dan klep yang dsebabkan tidak sempurna nya pembakaran..,

    coba jika bro arie pakai karbu standar dan mesin masih bawaan standar coba Pjnya dturunkan menjdi 15 atau 17,5,kenapa?? agak tarikan bawahnya cepat mengumpan ke Rpm yg lebih tinggi
    atau mau Pj jdi 22.5 agak boros sedikit..,lebih dari itu pngalaman saya bawah mlh gak dpet.,akan ngoookk

    lalu main jet jk turun jadi 97 atau 100( standar 105),untuk mengatasi gigi4 mx yg kerap agak lama untuk mndapatkn top speed,knpa trun?? dkarenakn jupiter mx tdapat TPS
    yg bfungsi mnrunkn tgangan n drajat pngapian,mknya untuk put atas mx agak boros,..,nah dtrunkn dgn hrapan campuran udara n bensin menjadi imbang sehingga trikan bisa lebih enteng

    lalu trakhir stelan angin sbesar 1,5 smpai 1 1/8 putran kluar..,djamin mx bro arie mnjadi enteng
    semoga bisa membantu ^^

    BalasHapus
  18. mas bisa gwak motor vega pake piaton tiger
    apa aja yg di perlukan.?????????
    kira2 biaya y brp Y......????

    BalasHapus
  19. bro nama w dani,mau tanya.mtor w jupiter z 06,w mau naekin spuyer,cz knalpotnya uda bobokan.ukuran spuyernya brp?

    BalasHapus
  20. Bos aQ mw nanya nich,MX ku thn 2009 tarikan nya kurang bgt cuma bisa 120km/jam,phal pke CDI BRT Pilot jet nya pke pnya Satria R,bhn bakar pertamak,Mx standart aja bisa ngikut,Apa saran nya..???

    BalasHapus
  21. boz, motor grand gw dah jadi YAHO( yamaha honda)...
    head n block seher jupiter ,,,crankcase grand...knp motor w bis dipake ngetrek CDI w pecah....????

    BalasHapus
  22. bang motor gw jupiter z 2010 115 cc. tpi kok lari nya gak kenceng cma 110.pdahal udah ban kecil gima ci cara nya byar bsa kncng

    BalasHapus
  23. saya punya absolute revo 110, masalah pada gigi 4 kecepatan 60km/jam ketika digas selalu brebet kenapa ya.... mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  24. bos,,,saya pengen tarikan motor saya lbih ringaan,,apayang prlu di ubah\setingganX,,,mtor saya vegaR th2005,,,,,thankz,,,,

    BalasHapus
  25. motor vixion yg klo di pake harian enak
    tp buat kebut2an jg ga malu2in...
    Gmn caranya? bengkelnya dmn??

    BalasHapus
  26. Mo rahasia meningkatkan vixion dengan pnp tanpa embel2 merek racing. Silahkan search tulisan saya berjudul EH's digang bang part 1 dan 2. Ulasan komplit ubek2 di yamaha-friends.com

    Pemilik bloq gak bakalan jawab pertanyaan kalian. Sekedar maen copas aja. Biasa tipikal pengumpul paid per click / sebangsa gogle adsense

    BalasHapus
  27. korekan jupi yang irit tapi lmyn banter, kasih tipsnya ya???

    BalasHapus
  28. kk aq mau tanya dong ukuran nokenas mx buat drak berapa ci yg enak,,,,???????

    BalasHapus
  29. wadooow !! kok pertanya'an gak d'jwb2 gan ? kasihan tuh udah capek2 posting tpi gak d'respon ?

    BalasHapus
  30. bos,busi apa yg ccok bwt mx???trus brpa mm yg bagus bwt ngebut...

    BalasHapus
  31. karburator yang bgus buat motor korekan harian supra fit new apa ya bro????

    BalasHapus
  32. sekarang bengkel ahak yg d kapuk dah tutup ea ....!!!!!!
    w poenya vixion 2009 pgn rubah pengapian ma karburator ,, apa aja yg harus d ganti bos ???? sedangkan karburator w pgn pake PE 28

    BalasHapus
  33. untuk vixion..,astronot bro..,vixion itu udah mengusung injeksi 28mm tertinggi dklas injeksi motor massal.,knpa malah mau turun ke karbu lagi???? knapa memakai injeksi,untuk stiap putaran mesin campuran bensin dan udara presisi..,kalo untuk pengapian oke lah ..,ente bisa memakai cdi ato koil racing..,recomended koil YZ125 ato Rm80..,

    BalasHapus
  34. cuman mau tanya... ukuran karburator standar abs revo itu berapa sih...??? liat di tread semuanya cuman cara setting, bukan spesifikasi berapa ukuran karburatornya...???

    BalasHapus
  35. gan..nma gw guntur,,,mw tanya ne,,
    klo karborator jupiter mx bsa ga di naikin ke supra x 125...

    BalasHapus
  36. Kalo ada yang mau tuker pikiran mengenai kendaraan silahkah mampir ke MOTORexs insya allah saya bisa menjawab pertanyaan agan, karena saya senang dengan otomotif tapi saya hoby juga ngeblog. Koment anda pasti akan saya respon,.

    BalasHapus
  37. mau minta masukan nih,motor saya karisma 2003,speknya piston sonic 0,25,karbu standart...per klep sonik,klep sonic tp lupa ukurannya,yg mau di tanya pasnya pake karbu apa?selama ini udh gunta ganti karbu ga dpt...settingannya,yg ada malah brebet...mohon masukannya ke e-mail laborje@yahoo.com

    BalasHapus
  38. Mau Minta Solusi nya donk,..
    Disini Aku Punya Jupiter Mx Tahun 2010,..
    Gimana Caranya Kalo Jupiter Mx Tarikan Gasnya Kaya Satria FU,... Jadi Lepas Tidak Terasa Tersendat,... Suara Knalpot Pun Jadi Kaya Ada jeda tidak langsung spontan rerrrrrrrrrrrrrrrrrr,..
    yang dirasakan sekarang ded ded ded ada jedanya

    BalasHapus
  39. boz mtr saya supra fit trus udh ganti KZ 100,busi resing,karbu standar,CDI standar,klep standar tpi Qo masih gak da lari nya ??
    kira" kurang apa nya iia ??????

    buat semi ajh gT :)

    BalasHapus
  40. sekedar saran saya klo cuma buat mx racing harian gampang bro
    klo bajat nya pas2an beli cdi racing coba aja bro bro double cdi jupiter z lawas dgn cdi jup mx anda
    lalu main kan PJ naik 1 step 22.5
    MJ naik 1 step 110 punya nya scorpio
    knalpot racing
    135kpj gampang bro dapetinya...
    selamat mencoba.

    BalasHapus
  41. tolong di bantu..
    saya punya satria FU 2010..
    udh di ganti knalpot DBS...pj 17,5 mj'a std...
    tpi pas saya cek busi berwarna hitam...harus'a di apakan ??? @ klo kya gtu ada efek samping'a gak sama tarikan motor ???
    7 klo mj'a di naikin 1 step gmana ???

    BalasHapus
  42. tolong di bantu..
    saya punya satria FU 2010..
    udh di ganti knalpot DBS...pj 17,5 mj'a std...
    tpi pas saya cek busi berwarna hitam...harus'a di apakan ??? klo kya gtu ada efek samping'a gak sama tarikan motor ???
    & klo mj'a di naikin 1 step gmana ???

    BalasHapus
  43. yang punya blog malas jawab nie!!!:(

    BalasHapus
  44. Mau numpang tanya nih Bos,
    Saya pakai Yamaha Jupiter MX thn.2009, CDI sudah saya cangkok dengan CDI Jupiter lama yang unlimiter, noken As saya ganti dengan tipe racing merk WRD buatan Thailand, Per klep juga saya ganti dengan tipe yang keras, coil pake Bluethunder, Knalpot saya pake merk AHRS F4 karena saya baca di internet tipe ini menaikkan tenaga ckp baik pada saat dikomparasi dengan beberapa merk yang lain, Main Jet saya naikkan 5 angka menjadi 110.
    Untuk gigi 1 sampai 3 akselerasi cukup baik, tapi kalau sudah masuk gigi 4 mengapa tenaga malah drop, bukannya kecepatan naik ini malah turun, sebagai informasi settingan karburator sudah cukup baik, alias pada saat gas ditekan tidak ada jeda baik pada putaran bawah maupun atas saat stationer, bagaimana mengatasi hal ini,
    Thanks, atas sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. TPI MENURUT SAYA SAYA JGA PRNH NGERJAIN JUPITER MX MENDINGAN ABANG PKE 3 TIP MTOR CEPAT BBM IRIT AJ MAS

      Hapus
  45. mtor ane GL PRO dah strok 7 trus karbu pake ninja tpi intexnya sllu ga kuat jd jebol trus tuh krbu mesti pke intex apa ya??mhon solusinya mas bro

    BalasHapus
  46. bro motor ane JupiterZX 115 cc, ane mau tanya ukuran standard PJ ama MJ ane berapa yak??

    BalasHapus
  47. nice info:
    mau bisnis online murah investasi sekali cuma 18 ribu dengan hasil berlipat-lipat ..
    info lebih lanjut klik link dibawah ini :
    http://www.18Ribu.com/?id=boyeriano
    ..bisa dicoba semoga bermanfaat ^_^

    BalasHapus
  48. BANG GW PNY MTR SHOGUN 125....KNALPOTNYA UDAH RACING GW PKE ahrs...tp tnaganya kdng ada kdg jg gak.......minta solusinya dong,,,,,thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelan angin nya bro kurang pass..
      coba tutup abiss putar kekanan, lalu buka 360 derajat
      coba aja gunn..

      Hapus
  49. salam kenal,,nama ane JIMIH biasa di panggil OEBET..ane punya motor jupiterZ new 2008 ane dah pake karburator vakum pe 28 mm..ane mau nanya kenapa suara knalpot ane suka nembak kalau udah di tarik gas full dan berapa setelan anginnya...???
    di tunggu info nya,,thanks...!!!!

    BalasHapus
  50. mas aq mw tanya,aku pnya honda grand,noken harian,enaknya pke noken durasi brp????

    BalasHapus
  51. untuk mengetahui cara menghitung angka untuk naikin pilot jet ato main jet gimana....
    kan disitu ga ada angka....
    hehehehehe....
    ku tunggu balesanya ya mas....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalu sperpart asli ada gan...

      Hapus
    2. maksudnya naikin atau nurunin pilot jet atau main jet gimana mas diputar atau gimana,kalau diputar kendor emang gak takut lepas nantinya.atau maksudnya diganti ama yg baru

      Hapus
  52. numpang nanya ??? fizr setelah di korek saat di gas di putaran atas ada selah menjetnya ke gedean ya ?
    terus setelah di kecilkan menjetnya ...eh putaran bawahnya berat... boleh minta solusi dong ....

    BalasHapus
  53. bg aku maw nanya nue
    aku ank hmtc medan ,maw bilang

    BalasHapus
  54. bang numpang tanya. gw punya motor VEGA.R karbunya gw ganti karbu Rx.king..
    tapi kok settinganya gak enak bgt pas di gass poolll ngempoos.. trus karbunya dingin bgt.. harus diapain yaa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti aja pilot jet nya..
      mngkin kebesaran, ganti yg standar king..

      Hapus
  55. bang nampung tanya nih kalu mtor absolut revo bagus'y pake seher apa y w masih bingung nih.........................?

    BalasHapus
  56. bang numpang tanya nie...??
    aq punya mtor jupiter z thn 07 v np ya lok dh naik gasx to kyk dia mu hbis bensinx padhal bensin full, dh gtu akix baru aq beliin v g lma kmudian mati ge lagi aq cas hidup ge pi cuma 1 hari hidupx......
    minta pencerahan secepatx ya .....
    thanks....

    BalasHapus
  57. bang aku punya motor shongun 125, knapa pda saat gss ful kyaknya tmbah kurang kencng kayak ada yang menarik dbelakang gtu, solusinya apa yaaaa??????

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelan angin pada karbu kurang pass..
      coba di seting ulang gan..
      gud luuck

      Hapus
  58. karburator yang bagus dari motor merek apa bang

    BalasHapus
  59. kak kalau mau jadi in motor lebih kenceng apa solusinya

    aku ada motor jupiter mx mau di korek .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cam nya aja yg di papas
      untuk hariann bro..

      Hapus
    2. ditarik pesawat.
      dari bengkel jati sari

      Hapus
  60. kak,aku punya motor ninja 2 tax.
    aku motor aku lajunya menyamai motor ninja 4 tax.
    caranya bagai mana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. da dtang ja k'umah kakak byar kakak atasi cmua na,,,,,,,,,,,
      alamat kakak ponkar city[ciantar]
      gx cah sanksi ma kakak,,,,,,,,,,

      Hapus
    2. boozz qwa mau tanya ni...lo rubah d karburasi pengapian ama mesin apa aja yg harus d rubah...btuh saranya...buat dapat performa yg bagus..mtor gwa jupiter z 2007

      Hapus
    3. boozz qwa mau tanya ni...lo rubah d karburasi pengapian ama mesin apa aja yg harus d rubah...btuh saranya...buat dapat performa yg bagus..mtor gwa jupiter z 2007

      Hapus
    4. boozz qwa mau tanya ni...lo rubah d karburasi pengapian ama mesin apa aja yg harus d rubah...btuh saranya...buat dapat performa yg bagus..mtor gwa jupiter z 2007

      Hapus
    5. boozz qwa mau tanya ni...lo rubah d karburasi pengapian ama mesin apa aja yg harus d rubah...btuh saranya...buat dapat performa yg bagus..mtor gwa jupiter z 2007

      Hapus
  61. Pj Mj buat koso 30 pasang di MX ukuran berapa, soalnya terakhir pake ukuran 35 & 105

    BalasHapus
  62. bos motor saya gg ada tarikan nya ,,,, gmn bikin tarikan nya jadi ad lagi y??? motor saya jupiter thn 09
    yhx

    BalasHapus
  63. mas tolong urai.....gmana naikin performa supra x 125 yg new ya yg CW...tolong di bantu ya khususnya buat harian

    BalasHapus
  64. gmanA cara buAT supra x 125 CW bisa berdiri tapi pkek mesin standar n aman g ngrusak mesin

    BalasHapus
  65. Gan aku punya motor jupiter z udh ganti seher kaze ukuran 53mm & bubut noken as tpiii koq powernya kurang ???
    Mohon sarannya a ea mkasi ...

    BalasHapus
  66. Gan aku punya motor jupiter z udh ganti seher kaze ukuran 53mm & bubut noken as tpiii koq powernya kurang ???
    Mohon sarannya a ea mkasi ...

    BalasHapus
  67. bos motor jupiter gua sudah diseting tpi kok blum bisa naik ya power nya mlah smakin kurang padahal seher milik scorpio cop mio gear bok,.,daytona,.,.gmnaw,.boz stroke,3mm,mohon,kash,.saran

    BalasHapus
  68. mlm om, motor gw jup 2008, pakai piston 53mm merk modenas,klep standar,CDI BRT dual band shogun 125,koil merk Protac, karbu Pe 24 Thailand,..
    mau tanya ukuruan piljet/main jet yg pas brapa ya,,, sama ukuran gear tarik untuk track lurus 300 Meter.makasih

    BalasHapus
  69. mlm om, motor gw jup 2008, pakai piston 53mm merk modenas,klep standar,CDI BRT dual band shogun 125,koil merk Protac, karbu Pe 24 Thailand,..
    mau tanya ukuruan piljet/main jet yg pas brapa ya,,, sama ukuran gear tarik untuk track lurus 300 Meter.makasih

    BalasHapus
  70. misi bos mau nanya, mtorku jupe z 2008 pilot jet dan main jet udah saya naikan dan efeknya 5ng yahud mtor terasa enteng, yg jadi ganjalan bensinnya jdi boros bos, minta stelan yg pas donx biar mtor tarikanya enteng tp bensin irit

    Trims

    BalasHapus
  71. bos saya pnya motor vega r 2005,klo pake seher ukuran 58mm bsa di buat harian ga??

    BalasHapus
  72. motor ane supra 125 mo tanya nich knp klo di gigi 4 tarikan malah turun ya padahal PJ sama MJ dah di ganti pake pnya ninja knalpot DBS racing

    BalasHapus
  73. hnda gw astrea 700 , tpi gw sabar ajha tuh untuk melajukan hnda nya
    sampai akhir nya gw tes hnda gw melawan hnda nnja , tetapi hasilnya hnda gue mnang

    Tips Nya:
    1.msukan garam ksar ke karbu (anggaran satu genggam tangan)
    gw jamin dehhh gg bkalan lambat

    BalasHapus
  74. Bos month tnya, WC sebelah mana?

    BalasHapus
  75. glt ilmu glt maem30 Oktober 2012 21.28

    bos ane mou minta petunjuk..
    buat ngobatin motor vega 02 ane, klo di tarik gas setengah ke atas dari moncong karbu nyemburin BB yampe trasa adem di kaki..
    tolong bantuanya..

    BalasHapus
  76. saya pke karbu king d shogun,, tp settingannya kyk kabnyakan angin jd suaranya ngookk,,solusi gan

    BalasHapus
  77. bro, ane mu tanya..mx ane th 07 setang sehernya udh kena kalo ganti kira2 hbs brp?trz karbu ane pake pe 28tp kog saat nanjak atw pas top gear kyk loss power gt..kr2 knp y beo??mhn bantuannya...trims

    BalasHapus
  78. brow mtor.q vega r pakai klep standat ma piston standart cuma main noken as ma porting aja kok bisa kencang gmna..????

    BalasHapus
  79. Bos tmpt service gratis d mana?

    BalasHapus
  80. Mas bro numpag nanya ni, yg di maksut naikin atau nurunin menjet atau pilotjet itu gimana ,
    Diganti menjet n pilotjet nya atau gimana

    BalasHapus
  81. Mas bro numpag nanya ni, yg di maksut naikin atau nurunin menjet atau pilotjet itu gimana ,
    Diganti menjet n pilotjet nya atau gimana

    BalasHapus
  82. Payahh ga d blz g mana sich blog ga berguna, w mw tanya g mana mtr jupiterz w spy kencng seher gl over size 25 kem udh d pa pras karbu standr cdi brt koil blue thundr.mhn shareny.

    BalasHapus
  83. suhu-suhu numpang tanya nih , ane punya motor supra fit tahun 2005 alasannya motor ane mau naikin mesin KZ100 KLEP SONIC kira-kira bagus gak yah klo ane naikin mesin itu & ada gak sih larinya ??

    By . tri

    BalasHapus
  84. Kang saya pnya motor supra fit th 2007,, klo dgas sula ndet-ndet'n trs klo lg dgeber pas gas'y dlepas trus dgeber lg kya ndet-nndet'n dulu lalu mulai normal lgi....
    Mohon info'y kang.....
    Hatur nuhun....


    By "farrel"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indikasinya kayaknya di pengapian, coba cek CDI dan koil, jika setengan mati gejalanya seperti itu.
      Kalau masalah karbu, mungkin bisa jadi karbu kotor.
      Ini cma solusi buat motor harian saja yg masih wajar bukan korekan.

      Hapus
  85. Ini blog isinya hanya dari copas artikel di rublik yg kompeten, bukan berarti pemilik jago masalah motor, kalau aku sih selagi bisa membantu menjawab aku akan coba menjawabnya. bukannya sok tau cma sekedar membantu pemilik blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bos mau nanya nih,maksudnya naikin pilot jet tau main jet itu gimana diputar atu diganti,msll motor ane mio 2011 brebet diputaran bawah tp enak diputaran atas,kira kira pilot jetnya kan gn yg harus diturunin?lz makasih

      Hapus
  86. Bang gw pnya mtr vega r new nh, klau karbunya gw gnt sma karbu PE ,and msin msh standar problemnya p yh ? ,tlng jlasin

    BalasHapus
  87. Bang mtor gue byson gnti karbu ninja PW28,PJ tiger MJ GL-pro,digas pelan sampe pol lncar tapi kalo digas cepat pe rpm7500 sampe 4500rpm motor mrebet gak mau digas,keadaan diam ma lg jaln sama.kalo pas jaln gas gk ad jeda lncar.mesin,pengapian cdi,koil,busi dan knalpot msh standart,TPS difungsikan msin sma.kenapa ya bang,please dijawab.trims
    To:udin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Copot sj air filter y....

      Hapus
  88. Men mau sharing nh ane ada motor revo 2008 100cc.
    kleb udh di ubah ukuran 28 dan 24 trus seher kaze 54an,
    karbu std trus pengapian std..tapi motor ngebul putih terus knp yah boringan udh 2 kali ganti padhal portingan kleb ga rembes bensin
    nah motor di gas bejek ngoook terus knp yahhh
    mohon sharingnya yah suhu suhu

    BalasHapus
  89. bro ane punya supra fit 2004,ane pengen motor ane kenceng sparepart apa aja y yg hrus di ganti ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bung Chaekal
      1. Ganti piston ukuran 55mm atau piston sonic 1.75
      2. gerus noken as min 0.88 mm
      3. pakai klep, per klep, cyl klep nya jupiter/shogun sp
      4. Ganti pengapian (Yamaha Crypton, Shogun SP, atau beli CDI Rextor/BRT Racing)
      5. Ker as(Kruk As) semua di gerus(diganti)
      6. Daleman karbu sperti main jet dan pilot jet di atur speed tinggi
      7. Venturi Karbu di besarkan
      8. Gunakan per kopling(Pasaang kopling+stut kopling TDR)
      Simple, max 3,5-5 juta habis mas :) perlahan aja

      Hapus
    2. Bung Chaekal
      1. Ganti piston ukuran 55mm atau piston sonic 1.75
      2. gerus noken as min 0.88 mm
      3. pakai klep, per klep, cyl klep nya jupiter/shogun sp
      4. Ganti pengapian (Yamaha Crypton, Shogun SP, atau beli CDI Rextor/BRT Racing)
      5. Ker as(Kruk As) semua di gerus(diganti)
      6. Daleman karbu sperti main jet dan pilot jet di atur speed tinggi
      7. Venturi Karbu di besarkan
      8. Gunakan per kopling(Pasaang kopling+stut kopling TDR)
      Simple, max 3,5-5 juta habis mas :) perlahan aja

      Hapus
  90. Lawan motor VEGA R piston 54,5mm aja ukuran piston 1.00 jupiter.. Mau gak? Klep bebas, spek hanya bisa di tes di jlur. Min 200rb, max 300rb. Yokk?

    BalasHapus
  91. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  92. mau solusi ya donggg
    motor saya vega zr...udah ganti piston sama kz os 125 klep jg udah d gdein ,..tp karbu masih standar.. bisa ga ganti mj sama pj.. tp y enak pke ukuran brapa...tau ganti sama rx king ja

    BalasHapus
  93. bro bagemana 2tak untuk meluncur dgsn cepat

    BalasHapus
  94. nanya nih bro.. saya pake vega r new 2007, perbuahan yang saya lakukan ganti seher kaze r, coil ride it, busy irridium, noken cukuran, karbu p28.. setinggan pilot ama main yang pas brp ya bro? mohon pencerahan terima kasih

    BalasHapus