Pilih-pilih OLI MOTOR

Dikutip Dari http://karismafansclub.or.id


MEMILIH PELUMAS YANG BAIK DAN BENAR …?

Pelumas adalah bahan penting bagi kendaraan bermotor. Memilih dan menggunakan pelumas yang baik dan benar untuk kendaraan bermotor anda, merupakan langkah tepat untuk merawat mesin dan peralatan kendaraan agar tidak cepat rusak dan mencegah pemborosan.

Umum beranggapan bahwa fungsi utama oli hanyalah sebagai pelumas mesin. Padahal oli memiliki fungsi lain yang tak kalah penting, yakni antara lain sebagai; Pendingin, Pelindung dari Karat, Pembersih dan Penutup Celah pada Dinding Mesin.

Semua Fungsi tersebut adalah sangat erat berkaitan; sebagai Pelumas, Oli akan membuat gesekan antar komponen di dalam mesin bergerak lebih halus, sehingga memudahkan mesin untuk mencapai suhu kerja yang ideal. Selain itu Oli juga bertindak sebagai fluida yang memindahkan panas ruang bakar yang mencapai 1000-1600 derajat Celcius ke bagian lain mesin yang lebih dingin.

Dengan tingkat kekentalan yang disesuaikan dengan kapasitas volume maupun kebutuhan mesin. Maka semakin kental oli, tingkat kebocoran akan semakin kecil, namun disisi lain mengakibatkan bertambahnya beban kerja bagi pompa oli.

Oleh sebab itu, peruntukkan bagi mesin kendaraan Baru (dan/atau relatif Baru berumur dibawah 3 tahun) direkomendasikan untuk menggunakan oli dengan tingkat kekentalan minimum SAE10W. Sebab seluruh komponen mesin baru (dengan teknologi terakhir) memiliki lubang atau celah dinding yang sangat kecil, sehingga akan sulit dimasuki oleh oli yang memiliki kekentalan tinggi.

Selain itu kandungan aditif dalam oli, akan membuat lapisan film pada dinding silinder guna melindungi mesin pada saat start. Sekaligus mencegah timbulnya karat, sekalipun kendaraan tidak dipergunakan dalam waktu yang lama. Disamping itu pula kandungan aditif deterjen dalam pelumas berfungsi sebagai pelarut kotoran hasil sisa pembakaran agar terbuang saat pergantian oli.

SPESIFIKASI OLI

Semakin banyaknya pilihan oli saat ini, tidak semestinya membuat bingung. Ada beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan Acuan; antara lain, kenali karakter kendaraan anda (spesifikasi mesin serta lingkungan dimana mayoritas anda berkendara (suhu, kelembaban udara, debu, dsbnya.).

Tingkat kekentalan oli yang juga disebut “VISKOSITY-GRADE” adalah ukuran kekentalan dan kemampuan pelumas untuk mengalir pada temperatur tertentu menjadi prioritas terpenting dalam memilih Oli. Kode pengenal Oli adalah berupa huruf SAE yang merupakan singkatan dari Society of Automotive Engineers. Selanjutnya angka yang mengikuti dibelakangnya, menunjukkan tingkat kekentalan oli tersebut. SAE 40 atau SAE 15W-50, semakin besar angka yang mengikuti Kode oli menandakan semakin kentalnya oli tersebut.

Sedangkan huruf W yang terdapat dibelakang angka awal, merupakan singkatan dari Winter. SAE 15W-50, berarti oli tersebut memiliki tingkat kekentalan SAE 10 untuk kondisi suhu dingin dan SAE 50 pada kondisi suhu panas. Dengan kondisi seperti ini, oli akan memberikan perlindungan optimal saat mesin start pada kondisi ekstrim sekalipun. Sementara itu dalam kondisi panas normal, idealnya oli akan bekerja pada kisaran angka kekentalan 40-50 menurut standar SAE.

Mutu dari oli sendiri ditunjukkan oleh kode API (American Petroleum Institute) dengan diikuti oleh tingkatan huruf dibelakangnya. API: SL, kode S (Spark) menandakan pelumas mesin untuk bensin. Kode huruf kedua mununjukkan nilai mutu oli, semakin mendekati huruf Z mutu oli semakin baik dalam melapisi komponen dengan lapisan film dan semakin sesuai dengan kebutuhan mesin modern.

§ SF/SG/SH - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1980-1996)
§ SJ - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1996 - 2001)
§ SL - untuk jenis mesin kendaraan produksi (2001 - 2004)

Perhatikan peruntukan pelumas, apakah digunaan untuk pelumas mesin bensin, atau diesel (2 tak atau 4 tak), peralatan industri, dan sebagainya. Untuk memilih kualitas pelumas yang cocok, kita dapat mengacu pada API Service (American Petroleum Institute), JASO (Japan Automotive Standard Association), ACEA (Association Des Constructeurs Europeens d’ Automobiles), DIN (Deutsche Industrie Norm), dan lain-lain yaitu acuan untuk kerja (performance) pelumas berdasarkan standar yang dikeluarkan oleh lembaga independen industri pelumas international.

Semua oli baik mineral maupun synthetic sama-sama ada standar APInya. Oli mineral biasanya dibuat dari hasil penyulingan sedangkan oli synthetic dari hasil campuran kimia. Bahan oli synthectic biasanya PAO (PolyAlphaOlefin). Jadi oli Mineral API SL kualitasnya tidak sama dengan oli Synthetic API SL.

Oli synthetic biasanya disarankan untuk mesin2 berteknologi terbaru (turbo, supercharger, dohc, dsbnya) juga yang membutuhkan pelumasan yang lebih baik (racing) dimana celah antar part/logam lebih kecil/sempit/presisi dimana hanya oli synthetic yang bisa melapisi dan mengalir sempurna. Oli synthetic tidak disarankan untuk mesin yang berteknologi lama dimana celah antar part biasanya sangat besar/renggang sehingga bila menggunakan oli synthetic biasanya menjadi lebih boros karena oli ikut masuk keruang pembakaran dan ikut terbakar sehingga oli cepat habis dan knalpot agak ngebul.

Berikut beberapa keunggulan oli synthetic dibandingkan oli mineral :

§ Lebih stabil pada temperatur tinggi
§ Mengontrol/Mencegah terjadinya endapan karbon pada mesin
§ Sirkulasi lebih lancar pada waktu start pagi hari/cuaca dingin
§ Melumasi dan melapisi metal lebih baik dan mencegah terjadi gesekan antar logam yang berakibat kerusakan mesin
§ Tahan terhadapan perubahan/oksidasi sehingga lebih tahan lama sehingga lebih ekonomis dan efisien
§ Mengurangi terjadinya gesekan, meningkatkan tenaga dan mesin lebih dingin
§ Mengandung detergen yang lebih baik untuk membersihkan mesin dari kerak

Jadi untuk mesin yang diproduksi tahun 2001 keatas disarankan sudah menggunakan oli yang bertipe synthetic baik semi synthetic (campuran dengan mineral oil) atau fully-synthetic.

Note: Kalau untuk pemakaian sehari-hari cukup yang semi synthetic.

Oli untuk motor sampai saat ini belum dapat informasinya yang sudah API SL.
Oli motor synthetic hampir semuanya baru SJ, kalo mineral mungkin baru SG/SH.

Mineral Oil :
§ Sprinta 2000 : SAE 20W-50, API SG
§ Evalube 4T : SAE 20W-50, API SF
§ Mesran Super : SAE 20W-50, API SG
§ Enduro 4T : SAE 20W-50, API SG
§ Penzoil Motorcycle 4T : SAE 20W-50, API SF

Oli yang bagus (biasanya synthetic) mampu memberikan lapisan film tipis yang pada komponen metal yang bergerak yang mana berguna untuk mengurangi gesekan komponen metal sehingga suara mesin jadi lebih halus dan tarikan lebih mantap.

Pada intinya milih oli hampir sama dengan milih bini (cocok2an) tapi ada garis besarnya yang bisa di-ikuti :
§ Disarankan jangan menggunakan oli untuk mobil ke motor anda sebab ada bahan di-oli mobil yang harus dikurangi bahkan dihilangkan tetapi di motor harus agak banyak untuk meredam gesekan karena putaran mesin motor lebih tinggi dan lebih berat kerjanya.
§ Motor tahun 2001 keatas disarankan menggunakan Oli API SG keatas misal API SH/SJ atau SL. SAE bisa 20w50 atau 10w40. Usahakan yang Semi Sintetik karena lebih licin sehingga bisa masuk kecelah2 metal mesin yang sempit dan tahan oksidasi sehingga kualitas oli tidak gampang rusak dan mesin jadi lebih bersih dan tentunya tarikan jadi lebih mantap.

Disarankan juga untuk menggunakan Pelumas yang memiliki dan mencantumkan Nomor Pelumas Terdaftar Untuk melindungi kepentingan masyarakat atas mutu pelumas yang beredar di dalam negeri pelumas sesuai dengan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 1693.K/34/MEM/2001 tanggal 22 Juni 2002. Pelumas yang memiliki NPT adalah pelumas yang telah memenuhi persyaratan administratif dan teknis serta lulus uji laboraturium terakreditasi yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal MIGAS. NPT dapat diidentifikasikan dengan 12 digit huruf dan angka Contoh : DEPTAMBEN RI NPT : AB25E4110199 atau DESDM RI NPT : AC66E1054104.

MITOS

Minimnya pengetahuan tentang perkembangan teknologi pelumas, menyebabkan timbulnya banyak mitos di masyarakat. Sebagai contoh, saat mengganti oli mesin … oli bekas berwarna hitam … sering dianggap oli berkualitas buruk.

Padahal justru sebaliknya, perubahan warna oli menandakan bahwa oli telah bekerja dengan baik sebagai pelarut kotoran. Selanjutnya kotoran akan terbawa keluar pada saat pergantian oli dilakukan, karenanya dinding mesin akan terbebas dari kerak.

Dilain pihak, apabila perubahan warna tersebut terjadi dalam kurun waktu yang sangat dekat (terhitung sejak saat pergantian pertama), itu menandakan kemungkinan adanya kerusakan komponen didalam mesin sehingga oli cepat teroksidasi.

Kita jangan bingung2, pake aja oli yang bagus (mungkin harus 2-4 kali coba baru dapet, kayak pacaran aja kalau cocok jadi bini).
Kalau dilihat dibuku petunjuk motor hampir tidak disebutkan merk oli dan yang disebutkan hanya API SG 20w50 atau yang lebih baik. Jadi kalau anda pakai oli yang lebih baik kenapa takut garansi batal?
Coba tanya ke staff AHASS hal ini, apa jawaban mereka?

Untuk mencoba oli baru bisa ikuti prosedur berikut :
§ Sebelum ganti oli, coba bersihkan saluran bahan bakar dan kerak yang mungkin ada di mesin. Tidak usah bingung, bisa pakai carburator cleaner yang dituang ke tangki misal merk STP. Lakukan tiga hari sebelum ganti oli dan motor dipakai seperti biasa dan kalau bisa kecepatan agak tinggi, ini untuk membersihkan saluran bahan bakar dan endapan karbon.
§ Ganti oli dengan oli baru yang sesuai (jangan lupa ada JASO MA) termasuk filter olinya. Lakukan penggantian oli pada kondisi mesin panas agar oli lama keluar semua.
§ Coba deh pakai selama seminggu ada perubahan yang enak gak? kalau nggak berarti olinya tidak cocok. Perubahannya : - Suara mesin jadi lebih halus, tarikan lebih ringan, tenaga lebih mantap.

Oli merk apapun kalau sudah mendapat sertifikasi API (SG/SH/SJ/SL) dan JASO MA berarti oli itu sudah memenuhi standar baku yang cukup bagus dan memenuhi semua unsur yang diperlukan oleh mesin. Masalahnya banyak oli di Indonesia tidak ada ada sertifikasi tersebut. Coba lihat kemasan oli anda, kalau tidak ada sertifikasi tersebut apakah anda rela mesin anda menderita sengsara dan akhirnya turun mesin bahkan ganti mesin?

Berikut contoh Jenis-jenis Oli yang umum dipakai dan peredarannya mudah didapat di bengkel-bengkel resmi penyalur oli:

Oli Repsol:
§ Repsol Moto Racing 4T 10W50 Semi Synthetic Oil
Sertifikasi: API SJ; JASO MA
§ Repsol Moto 4T 15W50 Mineral Oil
§ Repsol Moto Sintético 4T 10W40 Semi Synthetic Oil
Sertifikasi: API SG; JASO MA; Honda Specs.

Oli Shell 4T:
§ Shell Advance S4 SAE 10W-40, 15W-40, 20W-40, 20W-50, SAE 40 Mineral oil
Sertifikasi:
API SF; belum JASO MA menurut Shell Singapore
()
API SL; JASO MA menurut Shell USA
()
§ Shell Advance SX4 SAE 10W-40, 15W-40, 15W-50 20W-50 Mineral oil
§ Shell Advance VSX4 SAE 10W-40, 15W-50, 20W-40 Semi Synthetic oil
Sertifikasi: API SL - JASO MA
§ Shell Advance Ultra 4 SAE 10W-40, 15W-50 Synthetic oil
Sertifikasi:
API SG menurut Shell Singapore
API SL - JASO MA menurut Shell USA

Rasanya untuk produk oli import musti cek kemasannya sebab walaupun kemasannya sama tapi sertifikasi beda. Jadi yang disana beli 35.000 kok disini murah cuman 25.000 ternyata beda sertifikasi. Waspadalah…!

Oli Top1 :
§ SMO-MC SAE 20W-50 Semi Synthetic
Sertifikasi: API..??
§ EVOLUTION SAE 15W-50 Synthetic
Sertifikasi: API SL

Oli Esso ada 4 tipe :
§ Esso 4T 20W-40, 20W-50 (recommended for engine <50cc) Mineral Oil
Sertifikasi: API SF - JASO MA
§ Esso 4T Power 10W-40, 15W-40, 15W-50, 20W-50 Mineral Oil
Setifikasi: API SG - JASO MA
§ Esso 4T Pace 10W-40 Semi Synthetic Oil
Setifikasi: API SJ - JASO MA
§ Esso 4T Gold 10W-40, 15W-50 and 20W-50 Synthetic Oil
Setifikasi: API SJ, SH (15W-50) - JASO MA

Caltex:
§ Caltex Revtex Fully Synthetic 4T SAE 10W40,
§ Caltex Revtex Semi-Synthetic 4T SAE 20W50,
§ Caltex Revtex Super 4T SAE 10W40, 20W40, 20W50,
Sertifikasi: API SG, JASO MA
§ Caltex Revtex Plus 4T SAE 25W-40,
§ Caltex Revtex 4T SAE 40,
Sertifikasi: API SF, JASO MA

Mobil 1:
§ Mobil Super 4T SAE 15W-50,
Seritifikasi: API SG, JASO MA
§ Mobil Extra 4T SAE 10W-40
§ Mobil Racing 4T SAE 15W-50
Sertifikasi: API SJ, JASO MA

OLI AGIP :
§ AGIP Super 4T MINERAL 15W-50
§ AGIP TEC 4T SEMI-SINT. 15W-50
§ AGIP Racing 4T SINT. 20W-50
§ Sertifikasi: API SJ

OLI MOTUL :
§ MOTUL 3000 4T MINERAL 20W-50
§ MOTUL 5100 Ester SEMI-SINT. 15W-50
§ MOTUL 300V competition SINT. 15W-50
Sertifikasi: API SG – JASO MA

Ternyata oli mineral gak cocok untuk motor baru, so yang pakai repsol moto 15W50 siap2 ganti aja Jangan Keliru Memilih Oli Mesin MINYAK pelumas atau oli tidak akan terpisahkan dengan mesin kendaraan bermotor. Tanpa oli, mesin rontok. Bila oli berkurang, komponen akan cepat aus akibat gesekan antara kedua permukaan komponen. Karena itu, kelangsungan hidup mesin amat dipengaruhi oleh oli. Makin besar kerja mesin, makin penting peran oli. Hal serupa juga terjadi pada sepeda motor, terutama di kota-kota besar, di mana lalu-lintas cenderung macet, ruwet, dan suhu kian panas. Mengingat penting dan peranannya, oli menjadi ladang bisnis menggiurkan paling tidak tiap 2.000 km sampai 5.000 km– oli harus diganti. Berbagai merek dan jenis oli pun bermunculan di pasaran. Mulai dari oli biasa (konvensional) yang disebut pelumas mineral, sampai oli sintetis dan semi sintetis. Perbedaan ketiga jenis oli ini, bisa dilihat dari komponen dan unsur di dalamnya. Pelumas konvensional, umumnya terdiri atas 90% minyak dasar (crude oil), hasil penyulingan minyak bumi, ditambah 10% campuran bahan kimia aditif guna meningkatkan kinerjanya. Bahan kimia yang dipakai sebagai campuran biasanya detergen (pembersih), antioksidasi dan Index Viscosity Imorover (campuran peningkat kekentalan). Penggabungan unsur-unsur itu membentuk oli yang mampu melumasi mesin. Pelumas sintetis, sebagian besar atau seluruhnya terdiri atas bahan-bahan aditif. Jumlahnya menentukan jenis oli sintetisnya. Oli sintetis penuh (full synthetic oil) mengandung 100% bahan aditif, yaitu minyak dasar bahan kimia yang bukan dihasilkan dari penyulingan minyak bumi. Sedangkan oli semi sintetis pelumas yang dibuat dengan menggunakan minyak dasar bahan kimia dicampur minyak mineral. Mengingat proses pengolahannya tidak lagi mengandalkan minyak dasar, bahan kimia yang banyak diaplikasi sebagai pengganti antara lain ester asam berbasa dua, ester organo fosfat, ester-silikat, glicol-polialkilena, silikon, klorida sert fluor hidrokarbon. Mengingat bahannya masih alami, oli mineral amat cocok untuk motor motor lawas, seperti Honda C-70, Honda C-90Z, Supercup, Astrea 800, Yamaha V-75, Suzuki Crystal, Binter Mercy, dan sebagainya. Kelebihannya, oli tak mudah menguap saat mesin ada pada temperatur ideal, sehingga jeroan yang sudah aus tidak bertambah parah. Untuk mesin motor baru seperti Honda Supra, Karisma, Astrea Impressa, Yamaha F1-Z, RX-King, RX-Z, Kawak Ninja, Yamaha Vega, Yupiter, Kawak Kaze, Suzuki Shogun, dan sebagainya, bisa memakai oli semi-sintetis. Perpaduan unsur mineral dan kimia, mampu menjaga kondisi mesin tetap prima, tanpa meninggalkan kemampuan untuk melindungi komponen dalam mesin. Sedangkan oli full synthetic sangat cocok dipakai pada motor balap yang mesinnya terus menerus digeber pada putaran (rpm) tinggi. Oli ini mampu melumasi seluruh bagian mesin sampai di sela-sela kecil sekalipun. Tingkat kekentalannya pun stabil meski dalam kondisi ekstrem, dan mampu menjaga mesin meski pada suhu tinggi. Klasifikasi oli sintetis tidak berbeda dengan oli biasa. Pelumas sintetis mempunyai jenis klasifikasi tingkat kekentalan tunggal (single grade), misalnya SAE 20, SAE 40 dan SAE 50. Ada juga jenis klasifikasi tingkat kekentalan jamak (multigrade) antara lain SAE 15W-50 atau SAE 20W-50. Bahkan, pada aplikasi motor balap atau mesin berteknologi mutakhir, tingkat kekentalannya sering dibuat sangat ekstrem, misalnya SAE 5W-50, SAE 10W-60. Mengingat oli sintetis memiliki banyak keunggulan dan proses pembuatannya lebih rumit dibanding oli biasa, harganya pun relatif mahal. Nah, untuk memilih oli yang pas, sesuaikan dengan kebutuhan mesin motor Anda

299 komentar:

  1. Untuk ScorpioZ Oli paling cocok merek apa boss?
    Pengennya semi syntetic atau Syntetik full...
    Terima Kasih Sebelumnya...

    BalasHapus
  2. Yang cocok sih Motul, tapi mungkin ada blogger bikers yang pake oli lain dan mesinnya jadi halus bisa disharingkan pengalamannya

    BalasHapus
  3. untuk yamaha vixion tahun 2009 yang bagus apa boss??
    bingung saya!!oh iyah serinya juga boleh di cantumin boss!!
    hehehe...good article

    BalasHapus
  4. Yang bagus sih motul ester 5100 15w50, Tapi lumayan harganya, atau motul gold harganya sekitar 60 ribuan, jadi lebih murah daripada motul ester

    BalasHapus
  5. Kalo saya pake Motul 5100 ester 10w40 di tiger revo, hasilnya puuaaaasss bgt.

    BalasHapus
  6. klo buat revo cw 2008 yang bagus oli apa ya boss?
    motor gw pake federal, brisik n ga ada tarikan nya.. rencana besok mau ganti oli, rencana ga mau pake fdral lagi. mau ganti yang lebih yahut deh..
    apa ya?? bls ya. raimond - bekasi.

    BalasHapus
  7. motor q honda revo 100cc 2008. Oli yg bagus buat revo yaitu: oli mpx 01 10w-30 buatan AHM yg baru itu lho.

    BalasHapus
  8. cuii,...w dari awal gue ga baca pembahasan tentang oli matic,....
    motor gue yamaha mio soul 2009,....oli apa cui,...yang cocok,...
    gue cee pake oli yamalub matic,...
    tapi gue denger gosip,banyak mio yang bongkar head ternyata banyak kerak,...gara" teratur pake oli yamalub matic,...!!!trus enduro 4T racing bisa buat motor matic g,...kan 1 liter jadi 800ml buat mesin,dan 100ml buat CVT,...tolong bantu cuii,...help please,.... ^_^

    BalasHapus
  9. klo buat motor matic honda vario yg bagus apa yaa...

    BalasHapus
  10. Mau nanya, menurut CS service centre yamaha , kalo ganti oli selain yamaha lube , garansi bisa ilang. Apa benar? Soalnya, saya nda pede pake yamaha lube, biarpun itu versi gold.
    Tolong advisenya, Trims ^_^

    BalasHapus
  11. Betul, garansi bisa ilang. Karena Yamaha cuman merekomendasikan Yamalube. Karena Yamaha tidak bertanggung jawab atas garansi bila user menggunakan oli selain yang direkomendasikan. Yamalube bagus juga kok asal maksimal 1500 km diganti. Tapi umumnya user Yamaha setelah masa service gratis selesai banyak juga yg ganti oli lain

    BalasHapus
  12. Oli untuk matic Yamaha Mio memang Yamaha sudah meluncurkan produk oli nya yaitu Yamalube matic, cuman kalo gak puas untuk mio bisa pake CASTROL POWER 1 Scooter 4T 10W-40
    atau Caltex REXTEX Supermatic 4T 10W-40

    BalasHapus
  13. Motor matic pada umumnya meggunakan kopling type kering seperti mobil. Jadi koplingnya nggak kerendam oli untuk olinya motor matic pun sebenarnya beda dengan motor bebek ataupun sport.
    oli untuk motor matic (termasuk vario) sebaiknya yang sudah punya standar JASO-MB. contohnya castrol matic atau bisa juga anda menggunakan oli mobil seperti shell helix,pertamina fastron,top 1 zenzation atau bisa juga menggunakan Federal oil Flick atau oli mesin 4 tak dengan viskositas SAE 10W-30 JASO MB

    BalasHapus
  14. oli total cocok ga buat tiger revo boss???

    BalasHapus
  15. motorku satria fu150, kira-kira oli yang cocok apa ya....??

    BalasHapus
  16. he he oli yang cocok ya yang direkomendasikan oleh si pembuat motor/pabrikan ..Kenapa..ya design awal telah dihitung bener bener...jadi para R & D nga asal pake..
    Kenapa mesti pake merek lain? ha ha itu trik dari produsen oli biar dapet keuntungan lebih...
    and begonya user...

    Peace man...
    Scorpio gue 6 tahun pake yamalube gold (dulu yamahalube biasa) masih bisa ngelawan pio baru! yang penting Perawatan tetap dijaga...

    BalasHapus
  17. oli yamalube gold tu daya tahan smpai brpa km?

    BalasHapus
  18. Kalo berdasarkan dipetunjuknya sampai 3000 km

    BalasHapus
  19. kalo absolute revo bagusnya pake oli apa mas?
    bingung ni yang cocok apa?

    BalasHapus
  20. Kalo Revo, saran kami sih pake Federal Supreme aja, lumayan bagus koq. Yang penting jangan ganti-ganti jenis oli terus menerus

    BalasHapus
  21. Setelah di atas 1000km (klo udah terlanjur pake oli pabrikan)ganti pake oli baru, antara SAW 10w40 atau 15w50 untuk merk oli apa saja asal API SL, MA ato JASO buat pabrikan mtr jpn.
    Bagus nya lg pas mtr baru sebelum di start masa enryen 0km ganti dulu dgn oli yg menurut anda bagus.

    Tiger revo motul 5100 API SL, MA SAE10w40 + ngk iridium Xl + cdi brt + yoshimura coil dr baru sampe sekarang hasilnya tambah puas ^^,

    BalasHapus
  22. Om..klo untuk HSX 125 thn 2009 bagus pake yg mna y.? FYI, skrng pake MPX

    BalasHapus
  23. klo motor mio yg bagus pake oli apa ya,.?
    thx b4,.

    BalasHapus
  24. kalau untuk SUZUKI SMASH 100 R, tahun 2007, yang cocok OLI tipe apa ya mas ? mohon infonya..

    Kedua , cara ngoprek aga mesih lebig bertenaga gimana ya mas ? apa saja yang harus dioprek
    terimakasih

    BalasHapus
  25. Kalau yang cucok banget tuk motor Supra Fit X ku apa yach Bro..?Secara aku tiap hari selalu nempuh perjalanan +/- 50Km.Dari rumah kKantor PP.Selain suhu lingkungan yang panas (Surabaya-Sidoarjo) jg sering aku bawa ngebut.Tolong solusinya Bro yach..(Yuwan@cvmetsa.com)Tx b4..

    BalasHapus
  26. Kalau ntuk Honda Grand 96,bagusnya pakai oli apa ya Boss?trus kodenya SG,SJ atau SL???Hatur Nuhun pisan.....

    BalasHapus
  27. hemm...nanya apa ya....

    BalasHapus
  28. motol n shell bagus kok

    BalasHapus
  29. motorku honda vario, merk oli yang bagus apa ya?

    BalasHapus
  30. mo tanya untuk honda supra x 125 tahun 2006, oli motor yang cocok merek ap yah, soalnya federal sintetik XX ud ngak keluar lage? thank's...

    BalasHapus
  31. Kalau buat shugun sp yang perjalanannya 25 km non stop yg cicik apa bos ....???

    BalasHapus
  32. untuk shogun 125 sp saya tahun 2006 bulan juli bgusnya pke oli ap ya??

    mke tiap hari bolak-balik kampus sekitar 10 kilo, sering ngebut di jlan padat, kurang lebih tiap hari 80-90 km/jam,..,.

    oli ap kira2 biar mesin jadi tetep awet..,.,,,??
    trima kasih,.,

    BalasHapus
  33. Kalo bwt Jupiter mx cw 2009 bagusnya oli apa yah??? tq

    BalasHapus
  34. shogun 125 sp thun 2007 blan maret bgusnya pke oli ap ya??

    kmaren di tes ma shogun punya tmen th 2006 dy cma pke castrol "activ go", di jalan lurus, gw pke castrol power 1 kalah sekitar 5 km/jam,.,.

    parah lagi klo ma arashi tmen gw, dy pke main jet 17,5 yg asalnya 12.5, nariknya kenceng jauh.,.,.

    kira2 knp yah bsa kalah ??
    pdahal mtor gw jauh lbih muda setaun dari tmen2 gw itu.,,., thx,.,.

    BalasHapus
  35. mtor q shogun sp 125, ko suara mesinnya rada kasar yah klo dibandingkan supra x 125?? tarikan kurang nyos,.,.,

    gigi 1 ampe 40 km/jam, gigi2 ampe 60 km/jam, gigi 3 ama 4 bru agak enakan.,.,
    kra2 knp yah??

    trus klo naikin performa yg kira2 mantap bwt jalan jauh gmana yah??
    tpi tiap hari dibawa jalan sekitar 8km, n mesin tetep awet.,.,.

    tq.,.,.

    BalasHapus
  36. mas, mtorku supra x 125 kluaran 2009 ..
    oli yang cock apa ya ?

    BalasHapus
  37. klo honda grand 94 yang pas pake oli apa ya?

    BalasHapus
  38. Trik terbaru pelumas motor 4tak. Tambahkan minyak goreng dengan perbandingan 1:20. 50 cc u 1 liter pelumas. Tambahkan juga minyak sere dan minyak kacang tanah. Perbandingan akhir 1:1:2:40. Nikmati piston goreng langsung di motor anda.

    BalasHapus
  39. Buat motor keluaran terbaru disarankan memaki oli mesin semy synthetic atau fully synthethic.
    Motor 4 tak itu specnya JASO MA. Karena sistem kopling basah.
    Motor matic : JASO MB. Karena sistem kopling kering. Mirip Oli mobil.

    Jadi kalo pingin oli yang betul2 tru synthetic biasanya harga perliter minimal 100ribu. kalo ada yang bilang oli fully synthetic harganya cuma 50ribu apalagi 30 ribu itu bohong.

    Oli mesin 4 tak yang recommend shell advance ultra, perliter kalo ga salah 150ribuan.

    untuk motor matic, bisa pake oli mobil dengan SAE 10W 40 atau 15W 40.(JASO MB)
    Kalo pengen yang fully synthetic coba pake SAE 5 W 40.
    Misal Shell Helix Ultra AB, perliter harganya 190ribu (semarang). kalo jakarta biasanya lebih murah.

    Kritik dan saran silakan...terima kasih...

    Piratez_ica

    BalasHapus
  40. oli yg cocok buat supra x 125 2006 apa ya?yang irit bensin dan bertenaga?

    BalasHapus
  41. mas setahu saya komposisi oli untuk yamaha scorpio 1200 cc. bagaimana kalau olinya diisi cuma 1 liter oli, apa komposisinya kurang?
    karna ketika saya coba dengan mengisi 1 liter dan merubah tuas kopling menjadi lebih dekat, berakibat pindah transmisi jadi keras? terima kasih infonya?

    BalasHapus
  42. BM1 bagus gak sih bro???

    BalasHapus
  43. mohon pencerahannya...
    saya pake new jupi-z 115cc
    cocok nya pakai oli mesin apa ya?

    BalasHapus
  44. motor saya suzuki satria FU, Oli yg paling mantap apa ya..biar tarikannya tambah kencang..

    BalasHapus
  45. saya baru beli vega ZR bulan maret ini, mohon infonya mas untuk vega ZR sendiri bagusnya pake oli apa? apakah pake yamalube yang disarankan pabrik, atau ada yang bagus dari itu, mohon bantuan infonya, terima kasih

    BalasHapus
  46. saya penunggang ninja RR tahun 2010, jd motor baru 1 bulan.. saya ingin bertanya apakah oli mesin yg saya gunakan sudah tepat?
    saya menggunakan VSX 4T 10w40.
    adakah oli mesin lain yg lbh baik dan lbh cocok untuk ninja rr saya?
    thx

    BalasHapus
  47. motor saya Honda Supra X 125 R 2010 bagus nya pakai oli apa?

    BalasHapus
  48. mohon maaf, mau tanya nih..kalu buat tunder125 yang cocok oli apa ya?repsol bagus nggak?thanks ya

    BalasHapus
  49. oli repsol buat honda blade 110R bgus g' bos ?

    BalasHapus
  50. Boz kalo untuk new jupiter z 2010 paling bagus pake oli apa ?

    BalasHapus
  51. kalau fizr 2003 yg bagus pke oli apa..?

    BalasHapus
  52. kalau untuk suzuki skywave bagusnya pakai oli apa ya..?terimakasih.

    BalasHapus
  53. bos.. oli mesin dan oli samping yang cocok dengan motor satria RU 120 thn 2000, apa yah ???? mohon pencerahannya... terima kasiiiih...

    BalasHapus
  54. Numpang tanya...untuk motor-motor matic yang bagus type 10E30 atau 10W40?
    Terima kasih..

    BalasHapus
  55. mas, kalau untuk perjalanan jauh, cocok nya pakai oli apa?????untuk motor mio sporty...thnx

    BalasHapus
  56. "Mengingat bahannya masih alami, oli mineral amat cocok untuk motor motor lawas, seperti Honda C-70, Honda C-90Z, Supercup, Astrea 800, Yamaha V-75, Suzuki Crystal, Binter Mercy, dan sebagainya" Lalu
    Mas Topas kalo u motor buatan thn 79 merk oli mineral yg mas sarankan yg mana (yg bagus)?
    Thx salam sukses selalu

    BalasHapus
  57. om,....

    klo oli cepet abis itu penyebab nya apaan om?
    itu gak sampe sebulan oli dalam mesin udah habis.
    thx

    BalasHapus
  58. kalo buat yamaha vega zr say pake castrol power 1 dengan bbm shell super , tuh tarikanya udah manteb. ketimbang pake yamalube,biarpun buatan yamaha sendiri tapi respon di tarikan kurang / berisik di mesin..tapi saya ini mau pake oli shell helix mau coba dulu yang ke 3 kali ini,syapa tau tarikanya tambah manteb,,dengan percampuran bbm nya shell juga..

    BalasHapus
  59. coba pake shell advance sx tarikan motornya jadi lebih enak tapi efek tarikannya cuman sampe 1500 km aja. maklum lah harga sebanding dengan daya tahan dan mutu olinya. Gue pake di motor suzuki shogun 125 tahun 2005, hasilnya tidak mengecewakan, sebandinglah sama harga olinya. kalau mau yg daya tahan dan performa yg lebih bagus lagi bisa pake shell advance ultra tapi harganya itu lho MAHAL.... tapi emang HARGA nga pernah BOHONG :p

    BalasHapus
  60. untuk topik penyebab oli cepat habis dari mesin itu bisa bermacam-macam, salah satunya ada kebocoran pada bagian dasar bak mesin yg di karenakan karet sealnya dah jelek sehingga olinya menetes/merembes keluar dari bagian bawah mesin. coba di cek ada rembesan oli nga di bagian bawah mesin? kalau ada segera ke bengkel terdekat untuk ganti karet sealnya.

    BalasHapus
  61. Informasi menarik.... nice info gan...

    BalasHapus
  62. megapro ane tahun 2004, pemakaian 1 minggu kira2 200km.. ..max.speed 100km/jam, oli pa y yang terbaik.. . .mklum nih motor dah ane anggap bini gua ndri.. . .

    sent via email juga boleh :
    nih alamtny : punukz41@yahoo.co.id

    BalasHapus
  63. Salam Kenal ...
    bro , saya mau rekomen untuk oli bagus nih .. Nama nya LIGER ... Kwalitas TOP banget , harga juga menengah bro .. Ada yang 20w-50 ada juga yang 10w-40 ... Malah ada juga buat motor matic ...

    BalasHapus
  64. Mas...
    untuk yamaha vixion tahun 2010 oli yang bagus apa boss??
    and tolong cantumin spesifikasinya boss!!
    biar lebih jelas ....!

    Slam Knal ......!

    BalasHapus
  65. Nice info Bro..
    Pengalaman motor ane jebol gara2 oli entah menguap kmana.

    BalasHapus
  66. mau nanya oli yang bagus untuk motor honda grand tahun 1991 itu pa dan klo untuk supra x tahun 2000 oli yang cocok pa????

    BalasHapus
  67. motor grand 1992 punyaku selalu minum
    "shell advanced ultra" (10w-40) ditambah pertamax, semua standar, gir 2 sering diajak lari 50 km/jam lebih, dan top speed baru berani 108 km/jam,
    penggantian oli tiap 4 ribu km,
    harga oli 135 ribu per liter....

    BalasHapus
  68. shell advance ultra merupakan oli full syntetis, tapi kok kayaknya motorku (grand 92) gak bisa sekencang "DESMOSEDICI" punya casey stoner ya???

    Brum..Brum..Brum...
    Any Question ?

    BalasHapus
  69. ralat ya rekan-rekan sekalian, maksud SULBOY(aku) di atas pakai pelumas
    "shell advance ultra 10w-40" dan di isi bahan bakar pertamax untuk honda grand 1992,,

    kalau mau lari diatas 100 km/jam, caranya:
    gir satu, untuk ndorong aja..
    gir dua, pastikan sampai 50 km/jam lebih..
    gir tiga, pastikan sampai 80 km/jam lebih..
    gir empat, putar gas agak dalam.., boleh juga sampai pol...
    tunggu sekitar 15 sampai 20 detik,
    dan perhatikan jarum speedometernya..

    dengan kondisi mesin standar pasti ketika akan menyentuh angka 110 km/jam, sudah mulai lamban..

    mayan lah, wong standar 100 cc,
    sampai 110 km/jam.

    JANGAN LUPA PAKAI HELM KYT FULL FACE, BIAR KEPALA UTUH KALAU JATUH,
    SOALNYA SAYA UDAH PERNAH JATUH.. HE..HE...

    BalasHapus
  70. ASYIK..
    GIR 2 GRAND92-KU SEKARANG BISA 60 KM/JAM

    SETELAH MINUM PERTAMAX...

    BalasHapus
  71. kalo vega R 110 thn 2006 cocoknya pake oli apa'an yaa??
    tolong kasi tau yaah ,
    soal'a saya mau gnti oli ,
    biar tarikan bsa lebih kenceng!

    BalasHapus
  72. sya pnya tips agar g bngung pilih oli..mdh2n dpt mmbntu anda mnntukn oli utk mtor anda.
    1.prtma tntukn merk oli.hal ini ddsari oleh kprcayaan dn kykinan anda..msal: pertamina,castrol,shell,motul,dll.
    2.prgunakan oli yg ssuai dgn jnis kndraan.oli mbil tuk mbil,oli mtor tuk mtor (klo mtor mtic bsa pke kduanya krna kopling kring)
    3.cri tau dftar produk oli dlm merk trsbut..msal merk prtamina produk oli mtornya adlh mesran 40,mesran super 20w-50,enduro 4t 20w-50,enduro 4t rcing 10w-50.
    Pilih oli ssuai dgn gya brkndara anda.jka anda ska kbut2n dn ingn prforma tnggi mka plih oli yg encer msal 10w-40 krna trikan akn lbh kncang dn mntap.jka gya brkndra anda stndar2 aja dn mnyukai ktnangan plih oli yg lbh kntal msal 20w-50 krna msin akan trsa lbh hlus.
    5.yg trkhir dn g klah pnting,ssuaikn jga dgn kndisi keuangan anda.tdk dsrankn mmbli oli yg trllu mhal.msalahnya mmang mtor anda akn lbh nyman dn mntap tpi jka hati anda tdk nyman krna uang anda trkuras tuk bli oli mka mngndarai mtor gkan trasa nyaman..mtor hrus slaras dgn hti :-)
    NB: utk kualitas (API SG,SH,SJ,SL,dll) dan jnis oli (mneral,semi,full sntetic) tdk prlu trllu dkhwatirkn krna keawetan msin dn knyamanan mtor trgantung oleh pnggntian oli scra rutin (antara 1000km-4000km)ssuai dgn jnis/kualitas oli srta prwtan sparepart lainnya sprti krbu,busi,dll.
    Sya pribadi mmiliki jual beli mtor.jdi sya sring gnti2 mtor.mlai dri vega r,gl pro,blitz,kharisma,shogun 125,cs1,tiger,revo,supra x125,mio,mx, dn skrng bajaj 200.sya sllu pke enduro 4t (sblum da yg rcing)llu pke enduro 4t rcing smpe skrng.smua mtor yg prnah sya pke nyaman2 aja dan jg msin'y baik2 aja.(bkannya promosi prduk prtamina..tpi jgn bngung dlm mmilih oli.smua oli mmiliki klebhan dn kkurngan msing2.bkan tntang merk mna yg trbaik atau jnis apa yg pling bgus.ttpi mana yg cocok dgn hti dn jga mtor anda.apapun merknya..!
    -DADOS-

    BalasHapus
  73. kalo HONDA KHARISMA cocoknya pake apa ya mas . . . bingung saia , ,

    BalasHapus
  74. saya punya motor satria ru120 oli yang sekarang saya pake mesran super.. tapi klo buat kenceng kurang enak dan mesin berisik.. oli apa yang cocok buat motor ane ya??

    BalasHapus
  75. nah kalo pke oli castrol power 1 racing tuh gmn efek yg di timbulkan buat mesin vega saya??

    BalasHapus
  76. SHELL ADVANCE ULTRA 10W-40(FULL SYNTETHIC),
    UMUR PAKAI 3000KM, PERBOTOL 1 LITER = Rp.160ribu
    PADA HONDA ASTREA GRAND 1992 100cc
    (mesin standar pabrik),
    TOP SPEED = "110KM/JAM",
    PENGUJIAN DILAKUKAN DI "JALUR PANTURA" SEMARANG-DEMAK, JAWA TENGAH....

    BalasHapus
  77. eh mas denger2 kalo ngisi oli lebih baik ditambah stp...funsine buat apa??n pengaruhnya gmana?bagus enggak??
    mkasih

    BalasHapus
  78. Mohon info nya jika motor matic pakai oli 0W-40 atau 5W-50 bagaimana? soalnya baru pakai matic nih.... thanks

    BalasHapus
  79. motor saya mio soul 2010 saya ganti dari yamalube ke castrol power 1, gimana tuh? oli yang bisa dipakai dan bagus buat motor matic apa ya?

    BalasHapus
  80. bos, mtr q jupMX'07...
    biasa pke oli castrol pwr1 10w40, krg cba pke motul gold 15w50. yg terjd kenapa akselerasi lebih cepat naik pke castrol?
    ada plus minus'y g pd ketahanan mesin?

    BalasHapus
  81. oli apa yang bagus buat supra x 2004?biar tarikanya kencang & ringan.mohon jawabanya

    BalasHapus
  82. bro untuk motor shogun 4t keluaran '97 oli motor yg cocok merk dan jenis apa yah ?? thx u..

    BalasHapus
  83. -pertama “FEDERAL” (1992-1999): dipakai ayah ibu, paling tega sampai 80km/jam saja.

    -kedua “TOP 1″ (2000-2002): saya pakai sendiri, hehe..he…, di 90km/jam, motor udah gak stabil.

    -ketiga “CASTROL POWER 1″(2003-2009): saya pakai sendiri, motor baru terasa responsif kalu udah jalan setengah jam lebih. Tertingginya pernah sampai 103km/jam.

    -keempat “MOTUL 5100″ ester 10w-40 (2009): saya pakai sendiri, motor terasa sangat halus suara mesinnya, namun cukup responsif tanpa menunggu setengah jam lebih, starteran mudah sekali. Tertinggi pernah sampai 105km/jam.

    -kelima “SHELL ADVANCE ULTRA” 10w-40 (2010): saya pakai sendiri, motor sangat responsif sejak awal dikendarai, cepat mencapai top speed, suara raungan mesin di rpm atas, lebih halus dari “MOTUL 5100 ester”, performa mesin tidak turun walau sudah waktunya ganti oli (4000km), tetep bisa menggapai top speed tertingginya.
    Top speed tertinggi 110km/jam. Dan starteran mudah.

    Motor saya:

    HONDA ASTREA GRAND 1992 (MESIN STANDAR),
    oli saat ini : SHELL ADVANCE ULTRA 10w-40

    Walau motor saya sudah udzur (18 tahun), tapi :

    “PENGALAMAN DI LINTAS BALAP, KAMI TERAPKAN DI MESIN ANDA “.

    BalasHapus
  84. SHELL ADVANCE "ULTRA" 10w-40 1L

    tarikan cepat, top speed bertambah, ketahanan oli bagus hingga pergantian berikutnya, tahan untuk turing, dahsyat untuk balap.

    COBALAH,,,,


    """PERINGATAN""" :

    - oli ini, bisa menyebabkan kecanduan pada penggunanya, bila tidak segera ditanggulangi akan sangat berbahaya.
    - harga sebotolnya (1 liter), diatas 130ribu.
    - waspadalah...

    BalasHapus
  85. aku ada sedikit pertanyaan, barangkali rekan-rekan ada yang pernah mengujinya, atau merasakannya :

    diantara oli berikut, manakah yang memiliki ketahanan terkuat, akselerasi terbaik, kecepatan tertinggi, dan performa (suara mesin paling halus, starteran mudah, saat macet tidak rewel di mesin)?

    kandidatnya :

    MOTUL 3100,
    SHELL ADVANCE “VSX”,
    PERTAMINA ENDURO RACING,
    BM-1,

    hayo, monggo,, dipersilahkan yang mau menjawab,

    karena oli-oli ini memiliki harga yang bisa dibilang sepantaran, dan sering digunakan pengguna motor di indonesia.

    oli apa ya, yang memiliki karakter paling baik ? ? ?

    BalasHapus
  86. oli BM1 buat shogun 125r,buat kerja keliling2 minim menempuh 60km/hari bagus gak?tiap brapa km penggantiannya?

    BalasHapus
  87. BM 1 walaupun tertulis "synthetic oil", tetapi dari range harga yang dibenderol kisaran 50ribu, maka kesimpulan saya, oli ini tergolong semi-sintetik, dan umur pakainya bisa sampai 2000 km - 2500 km, dan tiap 1 atau 2 minggu sekali dicek level olinya melalui dipstik oli, kalau udah berkurang segera ditambah oli lagi, sesuaikan dengan kapasitas oli buat shogun.
    Oli BM-1 ini bisa ditambah terus sampai tiba masa pergantiannya (2000km/2500km).

    Kalau mau yang lebih lama umur pakainya, cari saja oli yang 10-40w, yang harganya diatas 100ribu, lah itu yang jenis "full sintetik", dan bisa dipakai hingga 4000 km.

    BalasHapus
  88. BM-1 bagus juga kok, sudah sering dipakai para bikers lain..
    shell vsx dan motul 5100 juga bagus.

    BalasHapus
  89. kalo untuk megapro cw 2008, cocoknya pake oli apa ya bro, karena sering aq pake perjalanan jauh trs nih....thanks sebelumnya

    BalasHapus
  90. kalo mio pake motul yang sae berapa mas gan?

    BalasHapus
  91. motor sya mx '08..
    Biasa pke yamalube 4T,mesin agak ribut sih,tp....acc gir 3 tembus ke 90/h msh enteng sih...
    Oli yg ngurangin mesin ribut n nambahiin acc apa y...??
    Mohon info nya gan...

    BalasHapus
  92. Kalau buat skuter matic, mungkin castrol matic ya..

    buat motor berkopling manual/ otomatis,(megapro dan kawan-kawan, juga jupiter-z dan kawan-kawan), coba ini:

    1. (SHELL VSX 10w-40, MOTUL 3100 10w-40, PERTAMINA ENDURO RACING 10w-40,BM-1 15w-50): HARGA BERKISAR 50RIBU-70RIBU PER BOTOLNYA.

    2. (MOTUL 5100 ESTER 10w-40)HARGA BERKISAR 90RIBU-100RIBU PER BOTOLNYA.


    COBALAH..

    KALAU MOTOR KONDISI SEHAT, (mau di korek mesin atau standar), SEHARUSNYA DIANTARA OLI DI ATAS, SUDAH ADA YANG COCOK.

    APABILA MASIH PINGIN LEBIH HALUS SUARA MESINNYA, CARI YANG SAE-NYA 15w-50, LEBIH HALUS LAGI, CARI YANG SAE-NYA 20w-50.

    TETAPI,, KONSEKUENSINYA AKSELERASI MOTOR AKAN LEBIH BERAT DARI YANG SAE 10w-40.

    MATUR NUWUN -_-

    BalasHapus
  93. numpang lewat boz...
    motor ane cbr 150R thn 2009, oli yg cocok pa ya boz?
    ditunggu jawabannya y boz (jgn ampe kagak, hehehe)

    BalasHapus
  94. MMM... CBR YA?

    -pakai MOTUL 5100 ESTER 10W-40(semi-sintetik) (100ribu/botol)

    masih kurang bagus?

    -pakai SHELL ADVANCE ULTRA 10W-40(full-sintetik) (170ribu/botol)

    masih kurang bagus?

    -pakai MOTUL 300V FACTORY LINE 10W-40(full-sintetik) (300ribu/botol)

    masih kurang bagus?

    SARAN SAYA, CARI OLI YANG PALING MAHAL, DAN YANG SAE: 10W-40 atau 5W-20, YANG UNTUK MOTOR.

    BalasHapus
  95. oli yg cocok buat tiger 2008 dan new tiger asimetris 2009 apa ya bro,,,,,,,,yg pnting bisa membuat tarikan awal enteng dan max speed dgn mudah menempuh 130km/jam,,,,,,,,

    BalasHapus
  96. Ada yang udah pernah pake oli agip 10W 60 di kaltim harga 1L 180rb..??

    BalasHapus
  97. pakai :
    shell advance VSX,10w-40
    motul 5100 ester,10w-40

    mau tiger, astrea grand, scorpio z, cbr, fxr
    pasti lebih enteng larinya.
    oli apapun kalau encer, tarikan jadi lebih enteng.
    misalnya : 10w-40, 10w-30, 5w-10.

    tapi...
    suara mesinmu akan lebih kasar.

    kalau pingin nyantai, pakai
    yang 20w-50 atau 15w-50, maka...

    tarikan nyantai..
    top speed nyantai..
    suara mesin nyantai..

    BalasHapus
  98. saya sudah membuktikan sendiri kok..

    begini..

    sepeda motor saya ASTREA GRAND TAHUN 1992 (turun mesin di tahun 2006),

    SPOOL standar AHM,
    KOIL standar AHM,
    BUSI standar AHM,
    CDI murah merk "MOKITA" hargannya 25ribu,

    aku heran, se heran-herannya..

    mosok motor 100cc 4 tak SOHC bermesin standar pabrikan..

    Gir 1 : 35 km/jam
    Gir 2 : 65 km/jam
    Gir 3 : 85 km/jam
    Gir 4 : 110 km/jam,

    malahan, seminggu yang lalu top speednya :
    118km/jam.. betul-betul nyaris menyentuh 120km/jam.

    keadaan seperti itu, di dapat di jalan lurus, (jalur boyolali-solo, JAWA TENGAH).. Dan menempel di belakang megapro sekitar 3 meter.

    TAPI SAYA MENGGUNAKAN
    BBM : PERTAMAX
    OLI : SHELL ADVANCE ULTRA 10w-40(150ribu per botol).

    POKOK'E
    PUASSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS,
    WALAU MOTOR TUA, DAN DI PAKSA HABIS..
    TAPI TETEP BISA...

    BalasHapus
  99. tu motor mas SULBOY, HONDA GRAND yang siripnya putih itu ya?
    Usianya memang udah 18 tahun ya, TUA ITU..

    Tapi ya kalo top speednya 110km/jam di speedometer GRAND, yo kenceng banget itu, untuk ukuran motor bebek 100 cc 4 tak, dengan mesin standar.

    bisa buat SUPRA FIT dan REVO jadi minder itu,

    tapi kalau suruh beli BBM=PERTAMAX dan oli seharga 15Oribu per botolnya, aku juga minder..

    setauku oli SHELL ULTRA itu, yang diiklanke CASEY STONER, dan sering dipakai pemilik KAWASAKI NINJA 250R,

    sangar mas SULBOY...

    BalasHapus
  100. KEPLAK WAE, kok anda bisa tau GRAND ku,
    he..he... pasti anda mantan pengguna GRAND juga ya?

    memang bener, oli itu cuma diiklanke di TV pas ada acara terkait MOTOGP. Dan memang banyak dipakai pengguna NINJA 250R.

    Tapi demi memaksimalkan performa MOTOR TUA saya, yo nggak papa..
    "berkorban, demi kecepatan"

    BalasHapus
  101. Kalau Suzuki Titan 115, cocoknya pake oli yang mana ya? mohon infonya gan.

    BalasHapus
  102. Suzuki Titan 115,

    Coba dulu pakai SHELL ADVANCE VSX 10w-40,
    (harga 50 ribu/ botol 1 liter)

    masih kurang ?

    Coba pakai MOTUL 3100 Gold 10w-40,
    (harga 60 ribu/ botol 1 liter)

    masih kurang lagi ?

    Coba MOTUL 5100 ester 10w-40,
    (harga 85 ribu/ botol 1 liter).

    (YANG SAYA SEBUTKAN DI ATAS,BAGUS KUALITASNYA, BISA UNTUK SANTAI DAN NGEBUT).

    SELAMAT MENCOBA...

    BalasHapus
  103. klo untuk motor honda blade oli yang bagus apa enduro atau mpx dari honda ?

    BalasHapus
  104. kalau harley davidson pake e apa bro?

    BalasHapus
  105. PERTAMINA ENDURO RACING 10w-40 untuk "BLADE"
    SHELL ADVANCE ULTRA 10w-40 atau
    MOTUL 300V FACTORY LINE 5w-40
    untuk HARLEY DAVIDSON

    BalasHapus
  106. bro ada yang pernah paki oli DURATION nggak?...
    ane pakai buat CBR 150..
    ditunggu komentarnya thanks.

    BalasHapus
  107. bro oli bwat yamaha jupiter z new 110cc.,.yg bagus apa ya, biar mesin g meraung dan tarikannya mantap.,.??

    BalasHapus
  108. salam kenal,
    Motor q Mega Pro 2008 yg tepat pakai oli apa ?

    BalasHapus
  109. COBA DEH :
    YAMAHA NEW JUPITER Z DAN MEGAPRO :

    MOTUL 5100 ester yang "10w-40",
    sekitar 85ribu sampai 100ribu/botol(1 liter)

    belum puas ?

    COBA

    SHELL ADVANCE "ULTRA" 10W-40,
    sekitar 140ribu sampai 170ribu/botol(1 liter)

    SELAMAT MENCOBA..
    DAN JANGAN LUPA CEK LEVEL OLI,
    -SEMINGGU SEKALI, KALAU MAKAINYA KEJAM (kayak saya...)
    - DUA ATAU TIGA MINGGU SEKALI, KALAU MAKAINYA NORMAL(kadang ngebut,kadang kalem)
    DITAMBAH AJA PAKAI OLI YANG SAMA, MAKSIMAL SAMPAI:
    - 2000KM(MOTUL "5100 ester"),
    - 4000KM(SHELL ADVANCE "ULTRA").

    BalasHapus
  110. BAGAIMANA ?

    SUDAH COBA MOTUL 5100 ester 10w-40?

    atau SHELL ADVANCE ULTRA 10w-40?

    ITU MUANTEP LHO HARGANYA...
    KUALITAS DAN PERFORMANYA JUGA MUANTEP...

    BalasHapus
  111. mas, motor saya honda blade, oktober 2010, oli apaan ya yang cocok sama kantong mahasiswa kek saya (hehe), makenya kadang nyantai bgt (kira2 dibawah 20 km/jam), kadang maksa bgt buat laju (soalnya sering telat) hehe, (yah walaupun ga laju2 amat, kira2 90an km/jam lah, tapi itu hampir tiap hari, senin-sabtu), trus gantinya berapa lama?, thx sblmnya

    BalasHapus
  112. UNTUK HONDA BLADE, KANTONG MAHASISWA.

    Pakai oli "SHELL ADVANCE VSX 10W-40" (45RIBU)
    "MOTUL 5100ester 10w-40" (85RIBU)
    UMUR PAKAI KEDUANYA = 2 RIBU KM.

    Mau Lebih Bagus dan umur pakai lebih lama ?

    "SHELL ADVANCE ULTRA 10W-40" (135RIBU)
    UMUR PAKAI = 4 RIBU KM.

    BalasHapus
  113. Mas - mas terhormat, saya sbg awam mu nanya ni:
    sebenernya ukuran untuk ganti oli itu diliat dari umur pakai (yg sekian-sekian KM), atau diliat dari segi waktu pemakaian (minggu/bulan), atau diliat dari segi cara pake motor nya?

    -thanx pencerahannya-

    BalasHapus
  114. BOS SULBOY
    saya mau tanya, motor saya scorpio th 2005 di modif full aprilia, jadi beban body nya berat

    saya suka ngebut sampai gas poool

    nah oli yang cocok make apa ya, supaya enteng dan mesin ga berisik

    karena ko motor saya mentok 130km/jam

    thx

    BalasHapus
  115. motor w vixion 2009...oli w pakek shell helix gmana bro???bgus gx

    BalasHapus
  116. Cocok brow, yang penting oli sintetik dengan SAE yang cocok

    BalasHapus
  117. yg cocok untuk nouvo 2005 apa gan ?

    BalasHapus
  118. maklum newbie nie.. kk2 sekalian, mo nanya klo mo ganti oli dari yamalube (motor sy Vixion)=semi sintetic ke shell advance ultra= sintetic, perlu ada penggantian filter oli gak iah?? atau ada cara lain tanpa menganti filter oli??

    thanx..

    BalasHapus
  119. UNTUK MESIN YANG BEKERJA BERAT (KARENA BEBAN TAMBAHAN MAUPUN SERING NGEBUT), HENDAKNYA MEMAKAI OLI FULL SINTETIS.

    rekomendasi saya tetap "SHELL ADVANCE ULTRA 10w-40", (sekitar 140RIBU/Botol 1 liter)

    bila dana minim, pilihannya "CASTROL POWER 1 RACING 10w-40", (sekitar 80RIBU/Botol 1 liter)

    bila dana maksimal, coba "MOTUL 300v Factory Line 5w-30", (sekitar 280RIBU/Botol 1 liter)

    TAPI..
    JANGAN LUPA CEK SELALU VOLUME OLI, SEMINGGU SATU KALI,(KALAU BERKURANG DI TAMBAH DENGAN OLI YANG SAMA PERSIS, DENGAN OLI YANG KALIAN PAKAI).
    DAN GANTI OLI JANGAN MELEBIHI 4000 KM.

    MAU PAKAI SEBRUTAL APAPUN, JUGA GAK BAKAL BERMASALAH DENGAN OLINYA..
    ASAL SELALU DI CEK RUTIN, DAN PERHATIKAN MASA PERGANTIAN OLINYA, SEPERTI PENJELASAN DI ATAS.

    BalasHapus
  120. OH YA..
    HAMPIR LUPA,

    PERGANTIAN OLI BEDA MERK, DAN TIPE, SAYA SARANKAN JUGA MENGGANTI "FILTER OLI"NYA. DAN JIKA MEMUNGKINKAN, BERIKAN CAIRAN "FLUSHING", KE BAK OLI LAMA, SEBELUM MENGGANTI OLI BEDA MERK, DAN TIPE.

    SELAMAT MENCOBA.

    BalasHapus
  121. oli yg bagus buat motor KARISMA X ap nih oom biar larinya tambah kenceng??????

    BalasHapus
  122. oli pa yang bagus buat jupiter z 110cc....???
    bsa bantu ga boozzz....?????

    BalasHapus
  123. oom.. oli apa yg bagus buat motor Beat 130cc Tune Up .. biar lari nya tambah kenceng ??

    bisa bantu gx oom...... ???
    sebelumnya terima kasih...

    BalasHapus
  124. kalo honda blade repsol bgusnya pke apaan bos???

    BalasHapus
  125. pakai minyak kelapa aja kang bagus...udah nyoba sepeda ontel

    BalasHapus
  126. gitu aja kok repot...ane new mega pro belom ganti olinya..tapi mau nyoba
    pake Motul Ester 5100 SAE 15W mungkin bagus

    BalasHapus
  127. pke oli apa biar tarikan mantep buat megapro 2008? sblumnya pke repsol moto 20w-50

    BalasHapus
  128. Mas numpang tanya. . .
    Klo oli yg bagus untuk suzuki smash R new 110cc tahun 2007 apa ya. . .??
    Terima kasih

    BalasHapus
  129. Gan.. w febri
    w mau nanya ni.motor w spin tahun 2009, 22.oookm.
    yg w mau tnya:

    1. cocok ga klo w pke oli yng 5W/10W-4o?
    2. cocok ga sama oli shell helix ultra ?
    3. terus.. ada yg tau ga toko oli yg lengkap
    tentang shell baik advance atau helix. cause sulit bro nyarinya. w tinggal di kab.bogor
    4. w lgi cari shell yg buat matic, ada ga ya?

    tolong infonya ya Gan !!!!

    thanx banget

    BalasHapus
  130. motor q spin 125,
    ane mau pke enduro matic tp kgk ada yg 1liter,secara kan spin olinya 1liter,trus kata mkaniknya dsuruh pke BM1 matic 1liter,
    ywdah dripda bingung ane pke oli BM1 matic,,
    bagus gak nih bos?????
    wajib dibales yah......

    BalasHapus
  131. ini tuh pada ga baca apa ya???nanya oli buat jenis motor yang sama berkali-kali...baca dulu napa...baru komeng....kalo ga tgl pijit ctrl+f...tulis de merk motor lw....

    BalasHapus
  132. Gan ada yang pernah nyoba pake deltalube ultra ?
    harganya 75 rebu
    API udah ST
    SAE 15W 40

    saya udah nyoba pake, tarikan enteng, terus bensinnya itu lo, irit abis, kalo biasanya sekali jalan pake 1 liter, sekarang jadi 0,85 liter, irit abis gan

    kalo mau beli, monggo bisa pesan sama saya
    Eka 08995645003

    Untuk wilayah semarang free ongkir

    BTW oli ini jarang banget didapat di pasaran, karena dipasarinnya door to door
    jozzzz

    BalasHapus
  133. Sampai skrg saya blm menemukan yg menjual oli shell ultra... belinya dmn yg harganya jg gak terlalu mahal gan? baca diatas, ada yg harga 135rb - 170rb...yg harga 135rb utk wilayah bandung dijual dmn aja? thx utk infonya gan :)

    BalasHapus
  134. kok pada jorok ya pd ngomongin colie... :-)

    BalasHapus
  135. Bos,,,kalau buat suzuki smash 2007 yang cocok oli apa ???

    BalasHapus
  136. boss.. buat Yamaha Xeon, bagusnya pake oli apa yah ?

    BalasHapus
  137. Pak,buat mtor kwasaki trail KLX150 oli apa ya,

    mineral?
    semi syntetic?
    fully syntetic?

    supaya motor baruku awet pak

    BalasHapus
  138. Tlng donk bantuin sy milih oli. .
    Sy br beli motor honda blade repsol 2011,dipake rutin tiap hr,kadang pelan kadang ngebut,oli yg paling bgs buat motor sy apa y(yg paling irit mesin+bensin+tarikan mantap)?Minta spesifakasi oli jg y. .?Pke sintetik apa semi?Hrs gnti stiap km brp?Kn ada garansi motor nah aturanx kn servis pertama gnti oli 2rb km,servis kdua stlh 4rb,servis ktiga stlh 8rb dst,baikx sy ikt aturan servis apa aturan oli hrs gnti stiap brp km?Trima ksh

    BalasHapus
  139. Bro saran saya jgn terlalu paksakan beli oli mahal tp kantong pas2an, yang penting oli yg kita pakai sesuai SAE dan API mtor kta, trus minimal 1000 km oli diganti(untk 4 tak) tapi harus rutin di 1000 km tiap gantinya. Jgn sering memutar kecepatan diatas 100 km/jam hrus variasi kecepatannya. Terakhir jgn lupa bersihkan saringan udara. Gw pke yamaha vega r 2006 n ikuti cara diatas ampe skrg kondisi mesin blm ada yg diganti msh 95% oke, palingan ban gnti 1 thn x gnti dan rantai 6 - 7 bln gnt (orie). Maklum sehari aku menempuh 50 km kdang2 100 km, speed rata2 60-115 km/jam. Tp montor q msh oke ampeee skrang.

    BalasHapus
  140. motor ku SUPRA 125 keluaran 2008 biasanya di operasikan dalam kecepatan tinggi... cocoknya pake oli apaan???? selama ini pake Repsol Moto 4T 15W50 Mineral Oil....

    BalasHapus
  141. kalo advance untuk scorpio bagus dak??????????????????????????

    BalasHapus
  142. Motor ane Honda Supra X 125 Th 2009, pakai Oli Shell Advance Baru AX5 BBM Pertamax,tarikannya mantap brooo....,beda dengan sebelumnya pakai Oli Tetangga sebelah....kalo ada mau coba silakan bro...dan rasakan bedanya :-)

    BalasHapus
  143. Untuk Yamaha vixi saya, saya pakai Duron E-Xl 15w-40,produksi Petro Canada..
    sudah mengaplikasikan API-SM. Soal performa, gak tanggung2..luar biasa neh oli. Tarikan enteng, mesin halus, irit bbm, temperatur mesin juga lebih adem..
    dan lagi..ini oli tahan sampai 60.000 km..

    BalasHapus
  144. Salam Kenal,
    Saya Punya Motor Matic Honda Beat Tahun 2008
    Biasa pake Oli federal Flick yang tahannya sampe 4000 Km, Terus saya Coba Pake Enduro Matic rasanya benar-benar Luar biasa jika di dibandingkan dengan Castrol power Matic atau AHM MPX2 atau Castrol.
    Terus yang saya tanya kan adalah berapa Km oli Enduro Matic bisa bertahan untuk pemakaian yang standar (pulang-pergi kerja plus jalan-jalan kalo' hari sabtu & minggu) dengan kecepatan ya paling tinggi 60 s/d 70 km?
    Tolong diberi penjelasannya ya!

    BalasHapus
  145. - Untuk Oli Castrol Castrol Power Matic itu tahan sampe berapa KM ya?
    - Untuk Oli Enduro Matic tahan sampe berapa KM ya?

    BalasHapus
  146. oli yg bagus buat VEga ZR untuk perjalanan jauh apa??

    BalasHapus
  147. KALO PAKE FULL SYNTHETIC AMS OIL, PAKE YANG BERAPA YAH VISCOSITY NYA?
    BUAT HONDA REVO TH 2007

    BalasHapus
  148. maaf,,mau tanya,
    tiger taun 1997 dikasih shell helix HX7 bagaimana ??
    kok ada yang bilang kalau dikasih Shell HX7 utk jarak jauh n kondisi mesin panas lebih enteng...
    sementara klo dilihat shell helix HX7 utk mobil...

    mohon pencerahannya BOS...

    BalasHapus
  149. selama punya pio thn 2005 ..ane slalu pakai shell helix plus klo dulu namanya shell helix plus yg berubah nama menjadi shell helix hx7...

    smua mantab bro..hemat bbm,reponsive,mesin ga gampang panas,ga gampang slip kopling , umur panjang kira2 buat sehari2 80 km pp. bisa 2 bulan atw lebih,klo pagi sekali stater langsung jalan tanpa dipanasin terlebih dahulu ( kebiasaan buruk )

    klo buat ngetrek dijalan ( ngejar waktu ) cuma agak sedikit brisik suara mesin..tpi setelah dingin trus dinyalahin lagi suara brisiknya ilang,

    klo oli udah waktunya minta ganti tapi blum sempet ( duitnya belum turun )biasanya..motor gw batuk2, trus berat...

    ada yg bilang klo pke oli mobil bikin rusak ..tapi gw pake udah hampir 6 thn pke oli yang sama..blum ada yg ganti dalemannya ( mesin )

    oia..ganti kampas kopling bru sebulam kmaren..hihihi...maklum irit...

    yang gw rasain pake shell helix hx7 sama shell helix plus..ternyata jauh beda...

    shell helix hx7 kurang bagus dan kalah performa dengan shell helix plus.

    tapi apa boleh buat...penganti shell helix plus adalah shell helix hx7 yg mutunya sangat jauh dibandingkan shell helix plus.

    sampe sekarang masih bingung..buat penganti shell helix plus...terpaksa masih pake yg shell helix hx7...

    BalasHapus
  150. w mo berbagi ilmu,
    sepengalaman w service mesin motor sndiri yg menentukan kwalitas oli bagus/ngk nya dilihat dari kerak yg menempel di silinder head/seher.
    w punya karismax 2005 yang baru 2 bulan kmren sengaja ganti seher dgn diameter 54 jenong(133 cc),
    seher sblumna bukan hanya di iklan sja yg bersih tanpa kerak, tapi di seher motor w yg sudah uzur 6 taunpun masih bersih tanpa kerak karena dari awal kepemilikan motor sudah w ganti shell vsx/ax7.....wajarlah bila di bagian sisi seher ada gosong kecoklatan sisa pengapian busi .

    untuk info/sharing bisa sms ke 081321113646 cimahi

    BalasHapus
  151. Motor saya yamaha, saya masih pakai yamalube, oli murah gak papa yang penting sering diganti aja dari pada oli mahal sayang kalo sering ganti oli

    BalasHapus
  152. mas, motor saya jupi-mx 2010, pake oli enduro racing bagus gak? atau yg lebih bgus lgi apa mas? n diganti tiap berapa km? pemakaian sehari-hari, kadang pelan kadang ngebut? trima kasih, di tunggu jawabannya

    BalasHapus
  153. mf dikoreksi, § Enduro 4T : SAE 20W-50, API SG bukan API SG Sertifkasinya tetapi API SJ Jaso MA, dari waktu dilaunching pertama kali Oli Enduro tidak pernah ada memakai sertikasi Oli API SG. terima kasih......

    BalasHapus
  154. oli yang bgus bwat jupi MX apa mas?

    BalasHapus
  155. Mas klu untuk motor yamaha jupiter z 115cc oli yg cocok tapi harganya sesuai kantong anak mahasiswa apa yah mas??? thanks

    BalasHapus
  156. mas kalo motor supra X buatan 2001 oli yg bagus apa mas....ni pake oli FDR ULTRATEC tpi mesin'y puanas buanget mas....

    BalasHapus
  157. Terima kasih infonya, sangat berguna. Memang dalam memilih oli harus jeli.. jangan sampai salah bisa bisa mesin cepat auss dan rusak.

    BalasHapus
  158. boss motor ane bajaj pulsar 220 bagus nya pake oli apa ya?
    makasihh

    BalasHapus
  159. Pakde..gw pny GL pro series 95,mesin dah q naikin CC oplos ama tiger,tuch kn dah g standart...
    paling g gw pke tuch mtr minim 100 km/jam,
    tuch oli yg pas pke ap SAE brp?

    q pake oli semi-synthetic skrng SAE 10W - 40 SL MA...

    BalasHapus
  160. MAS bro aku punya mtr revo 2007 dan supra 2001. oli
    ap yang joss buat keduanya? skrg aku pakai oli semi
    syntethic sae 10w-40 sl ma untuk revo dan Syntethic sae 20w-50 API service SJ untuk supra. Selama aku pakai kedua merk itu motor enak dipakai apalagi supra bunyi mesinnya halus. aku ganti oli 1 bln sekali tidak pakai kilometer. terimakasih ditgu ya komennya

    BalasHapus
  161. Hallo bro, tanya ya saya punya Yamaha Xeon yang dipakai stp hari oli yg saya pakai castrol power 1 scooter biasanya hingga pemakaian brp km kudu ganti? krn menurut info yg saya dgr ada 2000 km, 2500 km, bahkan ada juga yg blg 3000 - 5000 km br ganti, bingung yg pasti dan baiknya di km brp ya bro? makasi..

    BalasHapus
  162. numpang tnya pak,oli pa yg bgus buat motor scorpio yg sering dpkai touring ? slama ne sy pkai enduro 4T racing sae 10w40 tp stlh 1 bln pmakaian kok klo oper gigi jd keras,knp gtu ya ? tlng klo da yg tau ttg oli yg lbh bgus dr yg sy pkai slm ne tlg ksh tnggapan. mksh n BRAVO SCORPIO

    BalasHapus
  163. bg..aku mau minta saran!
    aku pakai scorpio 2006 pernah aku jajal cuma kluar 120 km/jam. sejak saat itu (sudah 1 bulan) klep bunyinya jadi kasar (sudah beberapa kali dibenerin) tapi ngulah lagi dan larinya hanya 90 km/perjam.. apa yang harus aku cek dan ganti agar performa mesin baik kembali dan bisa mencapai topspeed..paling tidak 160 km/perjam?

    BalasHapus
  164. Scorpio Z dengan kondisi standar..
    untuk mencapai 160km/jam sepertinya mustahil.

    Saya pengguna scorpio z juni 2010
    (SEMUA STANDAR)

    dengan CATATAN:
    - busi MTR RACING IRIDIUM..
    - 2 buah 9 POWER..
    - Oli Mesin SHELL ADVANCE ULTRA 10w-40..
    - BBM PREMIUM..

    Di tes di Jalan Pantura-Demak (2 Lap)

    Mentok Cuma di 138Km/Jam.(itupun sudah menundukkan diri deket tangki bensin)..

    BalasHapus
  165. Tapi waktu keluar dari dealer dengan busi standar dan part semuanya standar..

    hanya berbekal pertamax dan nekat..(di pantura-demak)

    Gir 4 nya bisa 130Km/jam di 10500rpm (aneh juga)

    Gimana gir 5 nya ya?

    BalasHapus
  166. Untuk Oli Scorpio Z dan Motor Moped berkopling,

    Menurut pengalaman saya Pribadi..(Urut dari yang paling mahal) :

    - SHELL ADVANCE ULTRA (150ribu per liter) umur pakai 5000km.
    - MOTUL 5100ester (90ribu per liter) umur pakai 2500km.
    - SHELL ADVANCE AX7 (50ribu per liter) umur pakai 2000km.
    - CASTROL POWER 1 (35ribu per 800ml) umur pakai 1500km.

    Itu hanya pendapat saya.
    (Tetep yang terbaik masih Si ULTRA dengan harga termahal).

    Untuk motor Matic,,
    Mmm mungkin Enduro.

    BalasHapus
  167. Memang untuk mencari OLI SHELL ADVANCE ULTRA agak susah..

    Karena Harganya itu lho yang kadang gak masuk akal.


    Tapi dengan kualitas pelumasan yang baik dan umur pakai yang pernah di coba bisa sampai 8000km(Tapi menurut saya paling lama 5000km aja).

    Maka wajar dengan harga demikian..

    Apalagi oli ini dah di pakai di DUCATINYA STONER dan SEKARANG ROSSI.

    SPESIFIKASI TERBARU YANG AMAT MEMUKAU :

    API-SM, JASO MA 2, 10W-40
    Cukup lah oli ini jadi langganan di Astrea Grand 1992 milikku selama 4 tahun.
    Dan kini, oli tersebut menggenang di bak oli Scrorpio Z(juni 2010) ku...

    BalasHapus
  168. oooo baru tau ndan.....
    ijin sedot jg ya ndan. buat dishare ma temen yg lain...
    hatur tengkyu.sukses buat agan..

    BalasHapus
  169. Mohon saran Boss,,, Kalo Kawasaki Edge 2010 (115cc) cocok pake Enduro Racing 4T atau Motul 5100 Ester 10W????

    BalasHapus
  170. Broo...minta saran Nich..klo Pulsar 135Ls,cocoknya pake OLi apa yah..?? Mohon Pencerahan...

    BalasHapus
  171. thank's my bro atas info oil nya

    BalasHapus
  172. halo bro , motor saya vega r db 2009, saya pakai sekarang masih pakai oli castrol, kalo saya ganti oli enduro racing gmana bro , cocok gak ?

    BalasHapus
  173. mas SULBOY mau nanya, pernah dengar oli merk AHASS TECH?, sepertinya saya tertipu oleh penjual oli merk itu? gak pernah denger merk itu soalnya... botolnya juga mencurigakan karna minimnya informasi yang diberikan.

    btw, saya juga penyuka grand, tapi sayang harus dijual karena accident n pecah blok mesinnya hiks. :p

    Bejo

    BalasHapus
  174. motor saya revo fit 2011 setelah 500km saya ganti mobil1 extra 10w40 yg utk motor.
    mungkin ada yg lebih baik, utk motul yg xW30
    tipenya apa
    trims sebelumnya

    BalasHapus
  175. Tunggangan ane minum Enduro, trus kalo boleh kasi saran, tambahkan Zico Particel Nano Elastis, sebotolnya 26500 - 29000 (ane beli di Ace Hardware), referensi bisa cari di google/youtube, dan bisa tahan ampe 20,000 km.
    Ane tiap hari PP Sidoarjo - Malang (+/- 180 km/PP) naek Abs. Revo 110 dan ga ada kendala di mesin.

    BalasHapus
  176. makasih infonya. tanya bang untuk jupiter mx 2011 cocoknya pakai oli apa??

    BalasHapus
  177. boss nanya nihh ,Motul 5100 4T 10W-40 typenya kan
    technosynthese. artinya apaan yaa ?
    bukanya klo yang semi synthetic itu no nya 5000.
    tulung penjelasannya ....

    BalasHapus
  178. Sampai saat ini Motor ana pake Total Solution
    Fuel Total Performance 95
    Lubricant Total Quartz 9000 Future SN 5W - 30
    Cooling Total
    Brake Fluid juga Total

    Emang bener, kalau motor Matic lebih leluasa pilih Pelumas karena dia menggunakan kopling kering, jadi bisa pakai oli mobil yang termutakhir sekalipun.

    Sayang buat Total Quartz 9000 Future SN ini bisa dibilang harganya lebay, IDR 268,000 saat ana beli, tapi berasa banget di tunggangan.

    Bahan bakar jadi irit banget, terus mesinnya gak cepet panas, karena biasanya Vario kerasa sampe ke kaki suhu mesinnya.

    Mekanik ana pernah bilang, samain Pelumas sama Bahan Bakarnya untuk hasil paling optimal.

    Total - More Protection More Kilometer

    BalasHapus
  179. Blog yang sangat bagus tuk pengguna motor, oli penting untuk diperhatikan, karena urusannya dengan mesin
    mampir ke sini brother http://pedulimotor.blogspot.com/

    BalasHapus
  180. kalau mocin tahun 2002 yang bagus pake oli apa ya bos....

    BalasHapus
  181. sDear,
    saya mau tanya, saya puNya sepeda Motor New Honda Mega Pro. kira2 apa oli yang tepat buat sepeda Motor saya..?? dan saya juga mau tanya, menurut perbandingan bagusan mana ya antara oli AHM dengan Federal..??? Terma Kasih. saya Tunggu jawabannya.
    :)

    BalasHapus
  182. bos, ane pake motor honda mega pro 2010, kira2 oli yg bagus apaan ya? ane dah sering pake ENDURO 4T RACING.... bagus ga ya?

    BalasHapus
  183. hallo bro semua, yang ngerti tolong share dong. gw awam bgt sama motor.

    KELUHAN GW : gw punya jupiter biasa (blm Z) thn 2003. untuk pemakaian sehari2, gw udah pake enduro 4T 5th.

    PERTANYAANNYA : kalo misal ganti oli merk lain itu nanti merusak elemen mesin gak? motor gw sekarang berat bgt tarikanya, trus kadang sampe ngeden tuh motor. kalo buat boncengan apalagi, malah sampe bunyi tek..tek..tekk dan tarikan gak kuat. bagusnya gw pake oli apa ya biar tarikan normal? tolong sebutkan merek dan seri oli apa yg harus gw beli? dan standarnya berapa bulan sekali ganti oli? makasi banyak brother. tolong bantu ya.

    BalasHapus
  184. menurut pengalaman saya,

    minimal pakai

    (kelas menengah = jangan melebihi 4ribu km pemakaian)- JENIS SEMI SINTETIS
    - PERTAMINA ENDURO RACING
    - SHELL ADVANCE AX 7

    (kelas berat = jangan melebihi 7ribu km pemakaian)-JENIS FULL SINTETIS
    - SHELL ADVANCE ULTRA

    ada 1 hal lagi,
    banyak orang menyarankan :

    -MOTUL 3100
    -MOTUL 5100 ester

    tapi saya sendiri gak tahan dengan suaranya di mesin honda astrea grand, yang terdengar sangat ringan dan berisik. maka langsung saya ganti ke SHELL AX7.

    BalasHapus
  185. Salam kenal bro, saya selama ini pake Motul Ester 5100 10W-40 tetapi kali ini baru nyobain Shell Advance Ultra 10W-40.
    Kesimpulan saya:
    1. Buat harian lebih enak Motul. Shell baru terasa enak setelah menempuh jarak jauh/mesin sudah panas betul. Memang kalo udah jalan jauh performa Shell lebih yahud.
    2. Entah ada hubungan atau nggak tetapi sejak pake Shell kok motorku jadi boros banget konsumsi bbm-nya.
    3. Tarikan/akselerasi awal Motul lebih responsif.
    4. Pada kondisi mesin belum panas bener/pemakaian dalam kota, pake Motul gigi 2 nyampe 60 km/jam, sedangkan pake Shell 40 km/jam aja.
    5. Menurutku Shell lebih cocok diaplikasikan untuk balapan/touring aja. Kurang cocok dipake harian.

    BalasHapus
  186. Koq gk ada yg Pake CASTROL
    CASTROL Power 1 10W40 ( botol emas ) dah semi synthetic tuh.
    Yg lebih bagus lagi Power 1 Racing fully synthetic

    BalasHapus
  187. pengalaman, Honda Megapro 2008
    pakai Enduro 4T Racing 10w-40, pergantian 2000KM.
    tarikan ringan, BBM lebih hemat, harga trjngkau dengan Kualitas Syntetic

    BalasHapus
  188. motor saya mio baru 7 bulan keluhan sebelum di servis
    1. suara mendecit ( stlah di cek cvt hanya kotor)
    2. motor terasa bergetar saat tarikan gas rendah (tidak halus), tetapi klo tarikan 1/4 ke atas mesin halus seperti angin.
    untuk lainnya masih mulus, top speed 110 km/jam, tenaga responsif (akselerasi sesuai dgn tarikan gas)
    setelah saya beberkan pada pihak bengkel resmi, lalu dia mulai servis cvt dan servis ringan (karbu, stel klep dsb) motor saya, yang saya perhatikan komponen cvt di bersihkan semua dgn bensin(kecuali v-belt) ganti roler yg slh satunya sdikit peang, dia ganti 6 biji dgn yg baru, grease pully di ganti. KANVAS KOPLING AGK KOTOR DI BERSIHKAN DGN SIKAT KAWAT, untuk selebihnya saya kurang tau yg dilakukan'a karena gk enak klo saya tongkrongin terus, 2 jam lebih saya menunggu akhirnya selesai, setelah selesai saya bayar wuih mahal bgt ongkosnya
    saat pulang mtor saya tes dan ini perbedaannya:
    1. motor bergetar dan berisik dari gas tarikan rendah sampai gas penuh saat di jalankan
    2. tenaga kurang responsif (akselerasi tidak sesuai dgn tarikan gas)
    3. bensin agk boros
    4. top speed menurun jadi 95km/jam
    huhh saya kesal dgn manajemen bengkel resmi ARISTA YAMAHA CITEUREUP. setelah seminggu saya kembali pada pihak bengkel dan komplen dan kata dia "untuk masalah tenaga hanya filter basah karbu, saya ganti filter dgn yg baru, untuk getaran gemuk(grease pully) belum terbiasa nanti juga hilang gtarnya", saya hanya sabar tapi sudah 3 minggu tidak ada perubahannya

    yang mau saya tanya paDA anda apa penyebab masalah motor saya sekarang ini, top speed menurun tenaga kurang, motor terasa bergetar dan suara berisik, saya curiga kanvas koplingnya di bersihkan dgn sikat kawat saat servis, tapi kata bengkel tsb tdk apa - apa. saya mohon balasannya di kirim ke email saya secepatnya karena saya takut motor makin rusak. terima kasih

    BalasHapus
  189. tu setelan kelepx gag pas hingga menyebabkan getaran yg berlebihan.. sc4x cari bengkel yg pengalaman, dealer resmi cuma namax resmi gan, keahlian gag da jaminan.

    BalasHapus
  190. analisis fungsi oli federal pada masyarakat

    BalasHapus
  191. bos untuk suzuki spin tahun 2008 apa yang cocok olinya????

    BalasHapus
  192. Gan , Olsam Utk Ninja RR yg bgus apa ya ??

    Dlu sya pke Vistra ,,
    gra" kta org vistra bgus utk ke Asap Knalpot , krna Wangi ..

    Trus sya Ganti Olsam'a
    jdi Shell Advance SX 2T ..

    Sya msih bngung gan ?
    OLSAM apa lgi ya yg bgus Utk Ninja RR sya ??

    Mohon Info'a gan ...

    BalasHapus
  193. om klw bwt supra 125 FI 2010, bgusnya mke oli apa ya om?
    thks sblmnya

    BalasHapus
  194. Agan2 oli yg cocok atau bagus buat new megapro ap ya?
    Tlong kasih saran,a,,
    thanks,,

    BalasHapus