Bajaj XCD 125


Satu lagi motor sport yang akan keluar dalam pekan-pekan mendatang, BAJAJ XCD 125 DTS-SI (Digital Twin Spark - Swirl induction) yang mesinnya dirancang menyeluruh oleh bagian R and D bajaj Auto. Motor ini mengusung tema fitur seperti motor 150 CC, Performa motor 125 CC, dan Efesiensi BBM layaknya motor 100 CC. SUngguh tiga fitur yang sangat dibutuhkan, terutama saat krisis energi seperti saat ini. Mari kita membahas Tema EXCEED 125 ini.


Fitur Motor 150 CC


Motor ini memiliki beberapa fitur yang biasanya dibenamkan pada motor top end 150 CC seperti :



  • Speedometer Digital

  • Lampu stoplap dengan teknologi LED

  • Headlamp dengan lampu dengan pengarah twin prismatic

  • Sensor kecepatan ban yang non contack sehingga akan Less maintenance.

  • Sistem listrik DC

  • Pnutup Rantai ban dengan peredam suara



Performa Motor 125 CC


Torsi XCD 125 yang sebesar 10.85 Nm cukup besar dan didapat pada RPM yang rendah yakni 5000 RPM membuatnya Motor bertenaga dan memungkinkan kita jarang melakukan pemindahan gear bahkan saat pemakaian pada kecepatan rendah. Performa ini diklaim sesuai dengan pemakaian perkotaan yang LALIN nya lebih bersifat stop and go. Powernya sih biasa-biasa saja yakni 9,5 Daya Kuda pada 7000 RPM.


Efesian BBM layaknya Motor 100 CC


Teknologi Digital Twin Spark - Swirl induction merupakan pengembangan dari Teknologi DTS-I yang dicangkokkan pada kakak kandungnya Bajaj 180 dan 200 CC. DTS SI, dengan perbedaan terletak pada perubahan posisi terminal inlet dan outlet sehingga dihasilkan induksi perputaran (swirl induction) yang lebih besar yang diharapkan menghasilkan pekngkabutan campuran Udara-BM yang lebih efesien. Ditambah lagi sistem busi kembar dan mokroprosesor yang bekerja terus menerus megatur timing pembakaran berdasarkan kecepatan dan beban yang dirasakan sensor, sehingga menjadikan pembakaran yang Optimal dan ramah lingkungan. Klaim bajaj India motor ini memiliki efesiensi yang cukup mencengankan 109 kilometer per liter… what a bike



Spesifikasi Bajaj XCD 125 :

Engine/Tranmission

Type: Four-stroke, natural air-cooled

Jumlah silinder: 1

Bore: 54 mm

Stroke: 54.4 mm

Displacement: 124.58 cc

Compression: 9.5:1

Idling speed: 1400 rpm

Maximum power: 9.53 bhp @ 7000 rpm (Bajaj converts PS to bhp at 1:1)

Maximum torque: 1.1 kgm@5000 rpm

Ignition system: Microprocessor controlled, digital CDI with TRICS in Carburettor

Ignition timing: Variable timing with multiple maps

BBM : Bensin, 87 RON minimum

Spark plug: #2 Champion RG4HC

Lubrication: Wet sump, forced

Clutch: Tipe Basah, multi-disc type

Transmission: 4-speed (all-down) constant mesh :-(


SASIS

Type: Single down tube with engine as stressed member. Square section tubes


SUSPENSI

Depan: Telescopic (125mm travel)

Belakang: Swing arm with 5-step adjustable shock with dual SNS spring (105 mm travel)

REM : 130 mm drum type

BAN : 2.75-17 (front), 3.00-17 (rear)


Dimensions

Panjang: 1980 mm

Lebar: 760 mm

Tingg: 1200 mm

Jarak sumbu ban: 1275 mm

Ground clearance: 170 mm

Radius putar: 1990 mm

Berat: 112 kg

Performance Max speed: 90 kph


Gambar2 : www.bajajauto.com, www.xbhp.com, Forum KHTI


sumber : ninja250r.wordpress.com

3 komentar:

  1. apa guna tabung pada knalpot itu? apa hubungan nya dengan tenaga... ? tolong penjelasan nya?

    BalasHapus
  2. wah .. . .emang mantap tapi spart partnya itu loh .. . . .gmana kalau ada kerusakan.masih jarang kayanya bengkel BAJAJ

    BalasHapus
  3. gimana suku cadang bajaj 125 tidak lengkap dipalembang tutup aja bengkelnya

    BalasHapus