Tune up mesin 2 tak

Ada beberapa teknik tune up mesin 2 tak, yang paling lazim adalah memporting ulang design port.
Memporting ulang itu juga banyak halnya diantaranya adalah:
1 Merubah tinggi port
2 Mengarahkan kembali jendela port
3 Menghaluskan saluran2 port
4 Memperbesar ukuran port
Tentunya point2 tersebut diatas harus dilakukan dengan perhitungan yang tepat agar hasilnya maksimal.

Kali ini kita hanya akan membahas mengenai merubah tinggi port

Merubah tinggi port berarti durasi buka & tutup port pun akan berubah. Menentukan angka dari tinggi port ini tentunya harus menggunakan hitungan2 tertentu.
Jika seorang mekanik pernah melakukan perubahan tinggi port pada sebuah silinder blok dan ternyata hasilnya baik ini bisa menjadi acuan untuk mekanik lainnya jika ingin melakukan rubahan pada blok lainnya walaupun memiliki spek yang berbeda.
Caranya adalah mengkonversi ukuran dari mm menjadi derajat putar kruk as.

Contoh :
HRC Thailand menentukan tinggi porting terbaik pada silinder blok NSR SP adalah sbg berikut :
1 Lb Bilas : 42mm
2 Lb Transfer primer & sekunder : 42mm
3 Lb Buang : 26mm
(Catatan :Deck Height NSR adalah 0 mm yang berarti Bibir piston NSR saat berada di TMA adalah sebidang dengan bibir silinder blok atau 0 mm)

Maka jika kita ingin merubah port silinder blok Yamaha RX King harus menggunakan angka berapa di tiap2 portnya jika ingin mengacu pada hitungannya HRC??

Tentunya salah jika kita langsung menggunakan angka2 diatas untuk diaplikasi di blok RX King.
Kita harus mengkonversi dahulu dengan satuan derajat, setelah didapat maka dikonversi kembali ke satuan mm dengan ditambah (Deck Height)

Lalu bagaimana mengkonversi dari mm ke derajat?
Yang pertama kita harus ketahui dulu data2 sebagai berikut :
1 Stroke NSR & stroke RX King
2 Panjang Stang piston NSR & RX King

Jika data2 tersebut sudah diketahui maka kita bisa menggambar diatas kertas sesuai data2 tersebut atau jika ingin lebih akurat bisa dengan menggunakan software Auto Cad.
Misal menentuakn derajat buka lubang buang pada blok yang ingin ditiru (Blok NSR):
1 Buat lingkaran dengan diameter seukuran stroke NSR dan gambarkan titik pusatnya dalam koordinat axis X & Y. pada titik paling atas lingkaran beri tanda 0 derajat kruk as (ini melambangkan derajat putar kruk as)
2 Gambar garis vertikal berukuran panjang stroke + panjang stang seher dengan posisi garis melalui titik pusat lingkaran dan ujung paling bawah garis bertemu dengan ujung paling bawah lingkaran. (Ini melambangkan titik pusat dari rangkaian silinder+piston+kruk as)
3 Buat titik 0mm pada ujung atas garis tersebut (anggaplah titik 0 tersebut adalah posisi piston saat TMA)
4 Buat lagi titik (Tandai dengan huruf B)pada garis vertikal tadi seukuran tinggi lb buang (pada contoh diatas adalah 26mm) Berarti jarak dari titik 0 ke titik B adalah 26mm.
5 Gunakan jangka buat agar jarak bukaan jangka seukuran dengan panjang stang seher NSR (ini melambangkan panjang stang seher)
6 Jarum jangka di posisikan di titik B dan mata pinsil jangka di coretkan ke lingkaran yang mampu dijangkau dengan jangka (ini melambangkan posisi stang seher pada rangkaian)
7 Ukur berapa derajat dari posisi 0 derajat kruk as terhadap titik pada point 6 tadi dengan bususr derajat.
8 Angka derajat buka lubang buang telah didapat.

Lakukan langkah2 diatas untuk menghitung derajat buka lubang bilas dan transfer.
Setelah semua didapati sekarang tinggal menghitung berapa mm tinggi lubang2 tersebut pada blok rubahan (Blok RX King).

Langkah2nya adalah :
1 Buat lingkaran dengan diameter seukuran stroke RX King dan gambarkan titik pusatnya dalam koordinat axis X & Y. pada titik paling atas lingkaran beri tanda 0 derajat kruk as (ini melambangkan derajat putar kruk as)
2 Gambar garis vertikal berukuran panjang stroke + panjang stang seher dengan posisi garis melalui titik pusat lingkaran dan ujung paling bawah garis bertemu dengan ujung paling bawah lingkaran. (Ini melambangkan titik pusat dari rangkaian silinder+piston+kruk as)
3 Buat titik 0mm pada ujung atas garis tersebut (anggaplah titik 0 tersebut adalah posisi piston saat TMA)
4 Ukur dengan busur derajat angka yang didapati dari point no 8 diatas dan tandai pada lingkaran dan beri tanda B.
5 Gunakan jangka buat agar jarak bukaan jangka seukuran dengan panjang stang seher Rx King (ini melambangkan panjang stang seher)
6 Jarum jangka di posisikan di titik B dan mata pinsil jangka di coretkan ke garis vertikal diatas lingkaran yang mampu dijangkau dengan jangka (ini melambangkan posisi stang seher pada rangkaian)
7 Ukur jarak dari titik 0mm terhadap titik yang baru didapat dari point no 6.
8 Jarak tinggi lubang buang RX King telah didapat.

Lakukan langkah2 diatas untuk menghitung jarak lubang bilas dan transfer.
Setelah semua angka didapat kita harus mengetahui Deck height RX king tersebut, setalah didapat maka ukuran2 jarak port yang sudah didapat masing2 ditambah Deck height nya.

Sementara jika ingin melebarkan lubang buang maximal adalah 70% dari diameter piston
kecuali jika design lubang buangnya memiliki tiang penyangga seperti NSR SP maka bisa dibuat lebih lebar lagi.
Contoh : Diameter piston NSR adalah 59mm maka lebar lb buang maximal adalah 59x 70% = 41.3mm dibulatkan menjadi 42 mm, jika lebih dari 42mm maka khawatir ring piston bagian lb buang akan cenderung menekan berlebihan ke dinding silinder, shg silinder akan mudah aus.

sumber : http://bengkel-motor-online.blogspot.com

81 komentar:

  1. pak jika karbu rx king

    masuk ke motor supra itu bisa cpat hancur gak motor nya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya rusak oon

      Hapus
    2. om,F1zr fullclutch, seher ovrsize100,blok & kop dah portingan, magnet bubut, rubah pengapian, kampas kopling FR, pir kampas pake smash, bandul juga di bubut, karbu pake rxz. nek di setandartin/di normalin habis berapakah?.

      Hapus
    3. meledduk bisa mtr loe

      mding jual ganti king

      baru pasang tuh spek

      Hapus
  2. Bisa cepat rusak bos, karena setelan motor 2 tak dan 4 tak emang agak berbeda

    BalasHapus
  3. ada rumus nya buat korek 2tak kencang,terutama rumus untuk melebarkan dan meninggikan lubang exhaust,untuk porting lb bilas dan transfer,dan modifikasi head cylinder beserta karakternya

    BalasHapus
  4. yaiiyalah .......
    karbu RX-King Lebih besar dari pada karbu supra!!
    dan Pembuangan nya pun Lebih beda dari pada karbu setandar !!!
    kalo salah seting .......
    itu bisa bikin motor ngempos/brebet !!
    nah itu yang bikin maslah kecil jadi besar ...
    smakin Lama brebet semakin rontok mesin loe!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. porting manipol intake ma pembuangan, bubut noken ass. kenalpot di bedat.. wuss.. cm buang 2 bensin

      Hapus
  5. palsu...
    cem sampah ucapan mu itu...

    BalasHapus
  6. Yg pny nsr anda tau,tpi yg rx king bikin org bodoh + bodoh..tuduh point sj bos..tinggi port,dll.tdk usah mau coret2 buku s'gala.orang m'cari info,oleh krn org tdk tau...

    BalasHapus
  7. bos kalo motor f1zr pake karbu nsr sp gimana?? bisa lebih cepat gak???

    BalasHapus
  8. tergantung pasokan bensin sama fengafian bos kalau di cocokan jelas lebih gesit dong

    BalasHapus
  9. brapa tinggi ideal lubang buang rx king, serta lebar nya

    BalasHapus
  10. pak pke bhsa awam ja,,,, rbet gw ngrtiin kt2 bpak!

    BalasHapus
  11. karbu YZ pasang di F1Z_mohn di bantu settingan

    BalasHapus
    Balasan
    1. nek setingan mesin bawah (blok kop & pengapian daun membran) msh standart, mendung g sah. cm boros-borosin bensin. ujung2nya busi lu mati. lbh parah lg stang ma seher bisa kena kl slh seting

      Hapus
  12. nie yg punya nlog bego gg tw motorrr
    nyatana coment pd gg d balas

    BalasHapus
  13. GMN NIH crny stria 2T biar larinya kenceng,sy mau grp full bwt drag.tlg ksh tau spekny

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti stnk pke ninja ...........
      hahahah

      Hapus
    2. bawa ke bngkel di jogja aj. kl cm ngelalap ninja. satria lu di semi harian aj dh ckup.

      Hapus
  14. bos..F1z ku di bore up pakai piston RX-K..truz..setting port masuk dan buangnya berapa bos...setang piston masih ori F1Z..tapi paking bawah blok udah di tambah 50 mm mesin dah hidup but supaya pas gimana bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa ga' trlalu tipiz tu silinderny.. Klo pake piston Rx-K ??

      Hapus
    2. rusnya pake RXS, ngancing tar kl overheat. imbangin pake oli samping racing(semisal gasoli threatment, nek gak idemitsu).

      Hapus
  15. bos ada 1 pertanyaan ne bos yg ga bisa di selesaikan......
    bagai mna trik nya mesin dompeng 7 PK bisa narik dinamo 10 klo....
    harap di ksh tau y bos solusi nya

    BalasHapus
  16. Boz gMana Cara_A Biar F1zr Gag Boros Tapi KenCanG Lari_a ? ? ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti ninja 4 stroke

      Hapus
  17. nice info:
    mau bisnis online murah investasi sekali cuma 18 ribu dengan hasil berlipat-lipat ..
    info lebih lanjut klik link dibawah ini :
    http://www.18Ribu.com/?id=boyeriano
    ..bisa dicoba semoga bermanfaat ^_^

    BalasHapus
  18. lok semua minta kenceng di naikan pesawat aja....................gtu ja repot

    BalasHapus
    Balasan
    1. muka lo kenceng karna pengen berak haha

      Hapus
    2. aa.... Koyor bureng

      Hapus
  19. pak bos,, cara ganti karburator fiz pke nsr sp tanpa harus ganti manipol gmn?

    BalasHapus
  20. ikut jawab... maaf kalo salah ...pake karbu lain di fizr tanpa ganti manipul kasih aja sambungan karet ... pernah kami coba pake punya king ...jadi pake sambungan aja...

    BalasHapus
  21. dibubut aja bro lobang luar karbunya,sesuai dengan standart fisr.
    pasti bsa..

    BalasHapus
  22. gaasss poooolllllllll mas bro.hha

    BalasHapus
  23. motor satria 2T d sumpel supaya apa bos ?

    BalasHapus
  24. bentuk cekungan yang baik buat pengapian yg bgaimana,.?
    cdi yg tepat buat ganti cdi rc 100 apa,.?yg pengapianya lebih besar,boz,.?

    BalasHapus
  25. pke tabung 3kg aja brow spya pngapiannya besar....

    BalasHapus
  26. sory bos , kalo buat cdi gu saranin pake cdi shogun kebo yg orisinil bawaan motor . .
    jangan beli di bengkel2 walaupun ori kelas 1nya .
    kalo ga pake aja cdi BRT. .
    yg ngepost di atas kayanya orang awam . .
    ngepos tapi ga pernah bales komen . .
    kalo motor 2tak ngoreknya tuh auto didak bos . .
    tergantung kondisi motornya gimana atau cocoknya gimana . .
    kecuali kalo baru turun dari pabrik...
    kalo buat rx-king gu udah coba kalo buat besarin pengapian kita mundurin aja sepul pengapiannya . .
    lumayan lah buat belah jalanan . .

    BalasHapus
  27. mw tnya, klo CDI ninja dganti pke RGR koilnya pke YZ gmn bro?

    BalasHapus
  28. tnya lg, mumpung blum jd bli membran. p bner vforce gmpng rompal? enkny pke standartnya ninja aj tp didobel gt gmn bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. daun membran v force pake campuran bhn kevlar, bahan buat rompi anti peluru, jd g mungkin patah rompal... mesin juga lebih jos kl di peres di rpm tinggi.. nafas motor g kan blong.. beda kl pke standat tp di tumpuk.. kl dah over heat tar jg blong2 gasnya

      Hapus
    2. pake membran yang bhanya kaya punya ninja
      45-50 ribu harganya

      Hapus
  29. maaf ikutan jawab nih bos,klo menurut pengalaman ane pake membran standar aja trus ente beli lagi membran lokalan jg gpp,trus dipotong setengah,trus didobelin/ditumpuk ke membran aslinya,dijamin maknyus...

    BalasHapus
  30. menurut pengalaman ane nih,pake membran standarnya aja jg bs tp didobel/ditumpuk dgn membran lokalan(klo yang asli kan sayang2) yg udah dipotong setengahnya,dijamin maknyus...

    BalasHapus
  31. bos g5na supaya motor Rx 100.jdkenceng.kayak motor king

    BalasHapus
  32. Motor guue rxS broo,stang seher UϑªªЂ ganti punya KiNg silinder juga king Y-1 overses 50, silinder ats ku kepras 2mm,kop UϑªªЂ mak nyus,membran msih setandr tpi ku dobeL 1/4 jdi membranya 2 terus pengapianny ku ajukan sdikit

    BalasHapus
  33. gw mau nanya ni gan..?
    gw punya motor rx king tahun 1997..
    udah opersais 100 tapi lari masih kurang enteng..
    dan het nya juga blom di korek.karna blom tau ukuran yang pas..?
    apa aja yang hrus gw rubah supaya motor gw kenceng gan,dan bisa balap di jalanan .thank...balas

    BalasHapus
  34. Maf sya mu tnya gmn cra praktis bkn mtr rk king kncang??? Trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake aja membran v-force...

      Hapus
  35. ayo maen ma yamaha alfa drag q...!!! Oversize 180cc

    BalasHapus
    Balasan
    1. ke jogja aj mas. ke stadion maguoharjo. F1zr semi harian siap..

      Hapus
  36. Cari CDI BRT Rp150.000

    BalasHapus
  37. kallo motorr satria 2 tak gimana cara nya om biar ngacirrrrrr ....

    makllum baru mgang mtor 2 tak

    BalasHapus
    Balasan
    1. di perhalus aj intake ma pembuangan. pake busi ngk iridium, oli racing. kl ad dana lbh, bli knalpot racing kolong. harian awet di geber mpe lebaran

      Hapus
  38. bisa ngga', membran force 1 diganti pake membran NinjaR ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga bisa lah...membran ninja bentuk seitiga,,,cri aj membran force 1 yng bahanya kaya membran punya ninja
      harga 50ribuan
      bukang almunium tapi,almunium mah 25 dpet

      Hapus
  39. Ini cuman kopi paste momodnya....

    BalasHapus
  40. bosvq punya rx 100 jelek tapi mesinya masih bagus,,,mohon sran buad korek rx 100

    BalasHapus
  41. cara buat satria 125R agar magnit nya cpet balik..
    atau suara nya cpet hilang..

    BalasHapus
  42. Jelasin Rumus nya yg gampang di mengerti aja jgn rumit2 supaya org yg mau belajar dpt mengerti. Thanks

    BalasHapus
  43. om mau tanya nih, teman saya punya vega kripton dia cuman pake seher 50, klep standar, noken as yang biasa tapi larinya lumayan, dari gigi 3 ama 4 RX king yang udah kencang lewat,
    apa-nya tu gan yang di bikin larinya kencng katanya dapet paketan SURABAYA ... maksi gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. klep standar tpi bubut kn bisa,over lap agak di gedein,magnet bubutan sama pengapian besar
      gear rasio juga ngaruh,

      Hapus
    2. Tu crypton mungkin udah make daleman sonik nokenas ramping klep. Lebar n pengapian racing. Or mungkin malah udah stroke up
      Or mungkin tu rx king udah bau tanah cos kalo sma sama stanbdart. Kga mungkin beda cc jauh apa lagi kerja msin 2tak lebih pendek ktmbang 4tak

      Hapus
  44. bro...kalau ring saf motor force1 di crom ada pengaruhnya kah bagi kekencangan motor??

    BalasHapus
  45. boss ane punya motor honda 70,,teyuz ane jg punya carbu hijet 1000..kalo ane mau pasang tuh carbu bisa bikin motor ane kenceng gak ya..??cuma ane bingung pake manipul apa ya..??thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga bisa....karbu bukn buat nambah kenceng motor,tpi buat nmbah nafas motor sma suplai bhn bakar lebih cepet
      motor semi rata" di sarankan pake karbu standar,kecuali ganti seker yang lebih besar dari seker asli baru karbu ngikut ganti

      Hapus
  46. bos karbu n membran ap yg pas bwat jlan harian fizz ane...?
    cdi perlu ganti racing jga ya biar imbang????
    mksih om..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantu mesinnya....karbu standar aja,sama cdi standar
      membran pake yang fiber
      mbukanya cepet nutup juga cepet
      kalo yang almunium,buka cepet tpi nutup lama

      Hapus
  47. bos saya punya rx 100,,mau saya buat drag,dibwat seker rx king kuat gg?? n klau biar kencang lagi diapain?????

    BalasHapus
  48. apa msh ada cdix

    BalasHapus
  49. Kalo korek harian untuk mtor rgr apa ja yang drubah dan ukurannya brapa aja?

    BalasHapus
  50. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    BalasHapus
  51. mr laba laba3 Maret 2013 21.08

    boz,q pny trail tp pkek mesin rx100..gmn crny biar bs melaju kencang n kuat di tanjakan..

    BalasHapus
  52. boss,
    akku punya rx 100,sudah pake cdi rc,,
    kemaren magnet waktu takk bongkar lupa topnya,cz sudahh gagg digunakan spi nyaa

    BalasHapus
  53. numpang taya saya punya motor rx sepesial tahun 94 tapi motornya tidak bisalari padahal sudah gaspol.. karbu,kapaskopling ,pengapian dalam keadaan baik,,,

    gimana caranya biar motor rx s saya kenceng larinya dan berapa biayanya,...
    makasih..

    BalasHapus
  54. akok mas brooo...... ni q punya force 1 aq beli di modif motor crossss,keluhan karbu standar, cmn ganti spuyer ,nalpot dah bobokan.dalam keadaan netral gas di pelintir enaknya minta ampun, tp stelah digeber kira 0'5km. sperti telat bensin.di buat diam 0'5menit enak lagi,pdahal bensin d karbu di seting tinggi ,malah kadang banjir,aliran bensin ke tangki ngocor banget,,,,,puyeng ni penyebabnya apaan yaaaa ,,,, mana ni obat sakit kpalaaaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. top d mahnet tdk pas..

      Hapus
  55. boss ,..ane punya f1z thn 2000 nie seher udah oversize 150 karbu ori ,klo d bawa lari kaya yg tersendat- sendat .kira kira apanya boss tolng dong d bantu??

    BalasHapus