Tips Membersihkan Karburator

Karburator merupakan elemen yang sangat vital bagi kendaraan anda. Jika perawatanny tidak baik, maka besar kemungkinan kendaraan anda akan rewel saat anda kendaraai. Berikut ini adalah tips - tips yang dapat anda pergunakan untuk merawat karburator kendaraan anda.

1. Membersihkan filter udara atau penampung debu. Lepaskan filter udara yang terpasang pada mulut karburator, lepas busa filter lalu bersihkan dengan cairan pembersih lalu biarkan kering sendiri. Jangan dibersihkan dengan cara disemprot udara bertekanan tinggi karena dapat menyebabkan rusaknya pori-pori busa filter tersebut.2. Membersihkan karburator. Bukalah karburator dengan cara melepas baut-baut pengikat, tutup karburator, katup cuk (choke) dan kran bensin. Gunakan kunci yang sesuai agar alat-alat tersebut tidak gampang dol. Lepas komponen-komponen karburator lalu tempatkan dalam wadah yang berisi cairan pembersih, agar mudah gunakan saja cairannya bensin.




Lepas mangkok karburator, pelampung dan jarum pelampung, main jet, pilot jet dan yang lainnya. Hati-hati terhadap parts yang kecil-kecil dan seal atau karet pelindung. Sebaiknya anda tempatkan dalam wadah yang mudah terlihat agar pada saat pemasangan tidak bingung mencarinya.

Jika sudah terlepas semuanya maka bersihkan karburator dengan kuas, lalu semprot lubang-lubangnya dengan udara bertekanan tinggi. Gunakan amplas halus untuk membersihkan kotoran pada spuyer-spuyer. Jangan terlalu banyak mengamplasnya karena dapat menyebabkan perubahaan ukuran diameter spuyer.

Setelah bersih, pasang kembali spuyer-spuyer tersebut. Gunakan obeng spuyer dan pengecangannya jangan terlalu keras, cukup gunakan dua jari pada ujung obeng.

3. Menyetel tinggi pelampung. Sebelum dipasang komponen-komponen karburator sebaiknya anda jangan lupa untuk mengatur tinggi pelampung bensin dengan menggunakan jangka sorong atau stigmat.

4. Merakit karburator. Pasanglah kembali bagian-bagian karburator yang tadi dilepas. Rakit karburator dan filter udara dengan dipasangkan kembali pada lubang mesin. Lalu setel kondisi langsam motor pada keadaan mesin hidup. Setel spuyer angin-angin dengan cara memutar searah jarum jam hingga mentok lalu putar balik beberapa putaran sesuai dengan standar mesin atau kondisi mesin motor anda.

Anda juga harus menyetel baut penyetel langsam yang terletak di pinggir badan karburator. Setel pada keadaan panas mesin yang ideal. Setelan putaran mesin jangan terlalu rendah atau pelan karena akan membuat oli tidak dapat naik karena tidak terpompa akibat rendahnya putaran mesin. (her-berbagai sumber)

17 komentar:

  1. nama saya adam

    sayaa mau bikin jupi mx baru w kebut dan kren...

    tpi gtw gmna cr.a...

    tolong kasih tw di

    lizardiumzone.blogspot.com

    BalasHapus
  2. misi mas, kalo mau bersihin bagian dalam karburator make bahas khusus apa lainnya? sebelumnya makasih ya

    BalasHapus
  3. ma biar jupiter z lariY lbih kenceng yg hrs d setel apy ea...............

    BalasHapus
    Balasan
    1. main jet , pilot jet, klep, pengapian

      Hapus
    2. Trs kalau baut setelan angin NJMX ada gak dijual,,mohon penjelasannya..

      Hapus
  4. Mas, bagaimana cara untuk mengoptimalkan campuran bahan bakar dengan udara atau untuk mendapatkan komposisi yang tepat? thnks...

    BalasHapus
  5. mas mu tanya ni aku ganti piston tiger setiap kecepatan diatas 80 km/jam sering cekap knpa itu mas,...

    BalasHapus
  6. mas kalo abis bersihin karbulator trus di pasang lagi eh ga nyala nyla ,da ksalahan di pa nya tuh mas?thanks ya

    BalasHapus
  7. klo karbu di bersihkan dng cara di rebus pake air deterjen?itu gmana gan??hasilnya angat bersih?apa ada pengaruhnya??tanks gan?

    BalasHapus
  8. terima kasih atas tipsnya yang bermanfaat

    BalasHapus
  9. gan spuyer patah dan jangkut gimana cara cabut ? solusi nya dong?

    BalasHapus
  10. punten mas, klo cara merakit kabel motor mio standar byr bisa merakit ya bleh gx minta gambar ya mas

    BalasHapus
  11. mas gw mao beli motor tapi gak punya duit gimana yamas tolong dibantu yaa

    BalasHapus
  12. keren artikelnya
    kalo keseringan dibukak karbunya punya efek samping ga tu..?

    BalasHapus
  13. saya ingin ngiritin motor saya! bagai mana caranya ?

    BalasHapus