Penggantian Gear Spedo Digital

Khusus motor yang menggunakan speedometer digital, seperti pada generasi Honda Karisma sampai SupraX 125, begitu juga pada Suzuki Shogun 125 lama dan generasi Satria F150. Hal ini disebabkan sensor kecepatan terletak pada poros transmisi yang berhubungan dengan gear depan sepeda motor anda. Ilustrasinya seperti di bawah ini, missal kita coba pada motor Supra x 125.
Perbandingan gear standar adalah 14-35, 14 gear depan dan 35 pada gear belakang, rasio gear ini adalah = 2.5. Kita asumsikan topspeed yang tertera jika pake gear std yang tampak pada speedometer adalah 110 km/jam. Bila perbandingan gear di ubah misalnya pake gear belakang dengan jumlah mata 38, maka rasio gear jadi = 2.714, artinya perbandingan gear jadi ringan. Berapakah kecepatan yang tertera pada speedometer setelah kita ganti gear?

Bisa di hitung dengan Rumus:
(Kecepatan sebenarnya / rasio gear std)= (Kecepatan pake gear modifikasi / rasio gear modifikasi)

Rasio Gear std = 2.5
Kecepatan std = 110 km/jam
Rasio gear modifikasi = 2.714
Maka:
Kecepatan pake gear modifikasi = (110/2.5) x 2.714
= 119.4826 km/jam (tertera di speedometer)
Jadi bila kita mengganti gear dengan mata 38 kecepatan yang tampak di speedometer akan tampak lebih besar dari yang sebenarnya, walaupun kecepatan sesungguhnya tidak bertambah. Hal ini juga bisa terjadi bila kita ganti rasio gigi transmisi tapi dengan perhitungan yang mengikut sertakan perbandingan rasio Transmisi.

oleh : bambang aruman
otomotifnet.com

Memang setiap teknologi punya kelemahan dan kelebihannya seperti, perusahaan otomotif nomor 1 sedunia punya prinsip
Gunakanlah teknologi yang sudah teruji dan stabil

1 komentar:

  1. mantab2 artikelnya bro.. maju terus...

    BalasHapus