Teknik Menyetel Karburator Langsam

Teknik Menyetel langsam

Banyak pemakai motor suka mengotak-atik stelan langsam motornya, dengan alasan langsamnya kegedean, akhirnya dikecilin sampai sekecil mungkin. Eit… hati-hati… cara begitu tidak dianjurkan oleh pihak pabrikan, Tanya Ken-apa?



Karena mesin butuh pelumasan yang bagus, nah… pelumasan ini bekerja dengan baik berdasarkan tekanan dari putaran pompa oli dari mesin bagian bawah ke mesin bagian atas, kalo pada saat langsam RPM mesin dibawah ketentuan pabrikan, maka akan berdampak tidak baik pada motor ente! karena system pelumasan kurang sempurna ujung-ujungnya usia mesin jadi ngga seperti seharusnya…. Begitu bro…

Nah disini saya akan bahas sedikit mengenai cara menyetel langsam motor yang bener.

Pertama, kita harus tahu berapa ukuran RPM standart tipe motor yang akan di stel, misalnya tipe Tiger Revolution.

Besarnya putaran mesin langsam tipe motor ini adalah 1300 - 1500RPM

Nih caranya:

Putar penyetel langsam yang ada dikarburator pada sebelah kiri motor hingga putaran mesin menengah atau kira-kira 2000-2500RPM

Langkah berikutnya menyetel skrup udara yang ada di bagian bawah pada karburator dengan menggunakan alat Obeng (-) kecil



Besarnya stelan angin untuk tipe motor Tiger ini adalah kurang lebih antara 2 – 2,5 putaran. (putar kekanan mentok dan kembalikan kekiri hingga 2 – 2,5 putaran (sampe ketemu putaran mesin yang paling stabil).

Kemudian kecilkan RPM dengan memutar baut penyetel langsam kekiri hingga ditemukan 1200 - 1300RPM, dengan melihat jarum penunjuk pada Tachometer. seperti pada gbr dibawah ini…



Kendala yang dihadapi saat menyetel langsam :

Mesin tersendat-sendat (tidak bisa stabil)
Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
Ukuran Main jet dan slow jet tidak berubah ( sesuai dengan standar ) apabila tidak sesuai, maka bisa susah langsam, karena campuran BB tidak tepat
Periksa apakah ada kebocoran udara pada karburator dan intake manifold
Putaran mesin turun terlalu lama (nge-gerung)
Periksa kemungkinan baut karburator masih kendor, sehingga ada kebocoran udara
Periksa kedudukan jarum skep & skep sudah tepat dan tidak macet/seret pada saat balik
Periksa per skep mungkin sudah lemah
Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
Periksa, kemungkinan BB bercampur dengan air
Knalpot nembak-nembak setelah gas ditarik
Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
Periksa tidak ada kerusakan pada seal(karet) pada stelan angin, dengan membuka dan melepas skrup stelan angin dari karburator.
Periksa dan pastikan bahwa skrup stelan angin tidak cacat (ujung yang lancip pada stelan angin tidak patah)

Source : politeknikui.co.cc

87 komentar:

  1. Bro, kalo motornya pake rpm seyh enak. tapi gimana kalo motor bebek yang ga ada rpm nya.
    Ada trik khusus untuk tau rpm di bebek?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake felling aja gan

      Hapus
    2. Zul jugruk anak smkn 1 kuripan19 Januari 2013 04.19

      Xg puk thu bantal....
      Caranya buka gas dan tali gas lalu lalu masukin bensin k.dlm kabel dn ulangtruzt sampe ktoran keluar...
      Dan berihn pegas'x uga

      Hapus
  2. knapa ya jupiter mx gasnya keras banget tipsnya apa ya supaya gasnya bisa empuk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bersihin aja dulu tali gasnya, kalo serabutnya udah rusak mending di ganti aja tali gasnya gan

      Hapus
  3. kenapa ya mtor mio ane...kalo pagi susah banget nyalahnya...mw di selah n sttater ga ngangkat....
    kalo gas di polin baru dapet dikit2..ngebrebet
    knapa ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. o, itu c faktor wajah ente, coba ente ngaca dulu klw udh guanteng baru stel!

      Hapus
    2. Jual aja tu motor

      Hapus
  4. mio. Ngebrebet karena skep dah kasar. Halusin pake kain yang halus tepatnya pada batang skep , jika msh blm normal juga ganti saringan Udara atau bersihkan, apa bila Sobat ingin cara yg lebih Mudah ganti karbulator pakai Punya RX king Spesial Jgn Yang Palsu pakai yg asli nya.

    BalasHapus
  5. kenapa kg motor gua klo di masukan ke gigi' 3 mau ke 4 kog tidak loz to knapa

    BalasHapus
  6. bagai mna mtor bsa knceng , , , bgai mna setelan carburator nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. naek seher aja gan kalo motornya pengen kenceng, karbu ga usah di ganti, yang orinya aja di lemer lagi,

      Hapus
  7. nice info:
    mau bisnis online murah investasi sekali cuma 18 ribu dengan hasil berlipat-lipat ..
    info lebih lanjut klik link dibawah ini :
    http://www.18Ribu.com/?id=boyeriano
    ..bisa dicoba semoga bermanfaat ^_^

    BalasHapus
  8. bgm biar tarikan enak (g berat n g boros) untuk Supra X 125 TR....

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbesar stelan angin nya bro

      Hapus
  9. gmna bro,RX king sy koq gak brtenaga?klo blok sdah di papas pnya pengaruh sma tnaganya????

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyakin oli samping,bro

      Hapus
  10. bgmana mengatasi bunyi seperti ada yang longgar pada mesin Revo AT, ditambah tidak langsam, pada beberapa kali diservis dan disampaikan pada mereka keluhannya.

    BalasHapus
  11. kalu supra x th 2003.putaran anginnya brp kali putaran.? dan stelan gasnya brp..? soalnya keadaan motor tidak mau hidup.!sdh diputar putar.padahal sebelumnya baik.hanya banjir busi sdh dibersihkan,tapi stelannya mungkin tdk tepat...mohon infonya .terima kasih..

    BalasHapus
  12. untuk motor 4 tak 100 cc,settinganny sama ga gan?

    BalasHapus
  13. yaahh kasian gada yg d'jawab....

    BalasHapus
  14. bro kalo motor korekan pake piston 58 gimana stelan karburator nya

    BalasHapus
  15. Terimakasih infonya, besok dicoba.

    BalasHapus
  16. slamat pagi mas sya adit
    sya mau tanyak nih motor vega new sya kok..
    abis jalan ya tuh ada suara mak klotak di bagian blog sebelah kiri
    itu suara menjelang mesin mau mati tolong di beri tau makasi

    BalasHapus
  17. shiiiiiiiiiiiiiiiiiipppppppppppp

    BalasHapus
  18. bang gmana pngn stlelan karburator nya biar irit ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti main jet kaze, pilot jet karisma di jamin irit.. moda 30rb semua nya

      Hapus
  19. terima kasih atas info2nya,
    saya melakukan penyetelan karburator motor bajaj pulsar dengan memasang air/fuel ratio meter secara permanen pada motor,jadi bisa memantau kondisi mesin setiap saat mulai di hidupkan sampai dibawa jalan2...cara setel dengan cara yg sudah dijelaskan saat mulai mengatur sekrup udara sambil melihat ke alat AFR meter...putar pelan2 cari sampai pada rpm yg tertinggi cocokkan dengan AFR meter menunjuk ke optimal atau pada angka 13.5.selesai.

    BalasHapus
  20. untuk vega zr gmana mas cara stel langsamnya??? blz mohon!!

    BalasHapus
  21. boz ane punya jpiter mx new 2011,klw saat turun gas kok knalpotnya nembak2 pelan gtu,ksh tau dunk solusinya,thank...

    BalasHapus
  22. knpa motor gw sering bgt knalpot'a nembak saat berkendara??
    apa setelan karburator'a yg salah atau gmna mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. -periksa tuas choke nya siapa tau kebuka
      -setelan karbu kurang sip
      -komponen choke yg di karbu di cek siapa tau bocor

      Hapus
  23. agustian zevania7 September 2012 03.26

    qu mau nanyak ni Bang
    apa aja sih komponen-komponen cuk elektrik
    dan ada berapa jenis cuk pada sepeda motor

    BalasHapus
  24. Untuk knalpot mx yg nembak2 pengalaman gw sih karna kotor filter atau setelan udara yang terlalu gede. Peutaran anginnya ideal di 2.5 putaran. Klo belum sembuh juga bawa ke klinik tongpang. Trimakasih

    BalasHapus
  25. bro cra untk memperkencang motor kita
    komponen apa yg hrus d ganti

    BalasHapus
    Balasan
    1. -porting polish 150rb
      -ganti cdi (varro ckup) 180rb
      -ganti gear (ukuran kecil untuk nafas, gede untuk akselerasi) 150rb

      Hapus
  26. gan ane mau nanya, motor saya Jupiter MX pada saat dinyalakan dan tiba-tiba mati terjadi tumbukan antara piston dan klep dan jika uadah jalan pada saat dimatikan terkadang terjadi tumbukan piston klep, nah solusinya bagaimana, apakah kira-kira klep mesti di setting atau karbu yang mesti di setting, mohon konfirnya sobat

    BalasHapus
  27. Mas ada orang bilang. katanya kalau langsam motor nya kecil motornya bisa kenceng.
    itu benar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah mas yg ada jdi irit, ga ada bertenaga, "nyekek" motor namanya bisa rusak

      Hapus
  28. Gk pake per setelan angin ndak bisa jalan bro motornya?


    BalasHapus
    Balasan
    1. ga bsa langsam tepatnya, boros bensin

      Hapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  30. Thanks mas bro atas infonya,,

    BalasHapus
  31. mass bro ane punya motor mio.ya dulu beli ex.boros xl.habis itu saya otak atik ya lumayan irit tapi masalahya lubang filter saya tutup satu saya kasih lubang kecil lagi..lari ok.giliran sya buka langsam tapi giliran ditarik gasnya lari 60 udah brebet apa solusinya.ditungu balasanya emel ja rusmantoxlwuni27@yahoo.com

    BalasHapus
  32. mas gimna cara menyetel karburator supra 125 mnjadi stel basah

    BalasHapus
  33. mas gimna cara menyetel karburator supra 125 mnjadi stel basah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya tinggal di tutup (putar ke kanan) aja sekrup yg utk nyetel angin, smp dpt tingkat kebasahan yg ente mau. Klo msh blm dpt jg, brarti hrs naikin ukuran PJ-nya.

      Hapus
  34. maz bro ane punya masalah ma karburator
    kalau gas di tarik dikit bahan bakar kya nelat tp pelampung udah saya otak atik tp hasilnya tetap sama

    tolong di blz mas broooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti Pelampungnya mas bro,mungkin pelampungnya bocor

      Hapus
  35. maz bro ane punya masalah ma karburator
    kalau gas di tarik dikit bahan bakar kya nelat tp pelampung udah saya otak atik tp hasilnya tetap sama

    tolong di blz mas broooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, wah, wah.. Keliatannya tu karbu udh diutak-atik ya sblm lu maenin pelampungnya. Gw jg ssh mo ksh opsi klo cm dksh tau sedikit ky gn.
      Krn mslh sbnrnya bs aja sepele ky cm stelan angin yg krg pas aja, ato mlh emg ribet smp mslh pengapian & stelan klep jg. Yg jls emg hrs diurutin tu mas spy bs teratasi

      Hapus
  36. gan, f1zr sy kalau mesin nya sudah panas, kenapa motor sering mati? Apa masalah nya? Dan lampu depan pun suka mati. Trims pencerahan nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo dr pngalaman gw, motor yg sk mati2 gt adlh krn bagian pengapian yg udh soak krn usia, cb aja pinjam dl CDI / koil / busi (atau ketiganya) dr f1zr lain yg msh normal. Klo udh gnt tp msh mati2 jg, barulah diperiksa bagian lain seperti karbu ato kelistrikannya... Mslh lampu dpn mati itu maksudnya putus ato gmn? Krn klo mesin mati, otomatis lampu depan ikut mati. Bs jg dicek saklar & kabel yg terhubung k lampu tsb, krn stau gw lampu & mesin itu sendiri2 mas

      Hapus
  37. Pagi,, salam kenal..
    Motorku ninja rr,, barusan q ganti membran (reed valve), setelah q ganti jadinya putaran mesin turun terlalu lama alias nge-gerung.
    Pdahal udah q pastikan membran terpasang sempurna dan tidak ada kebocoran. Mohon pencerahannya? Trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih bocor itu bro, atau membran tidak menutup dengan sempurna. atau membran terlalu fleksibel.

      Hapus
  38. Misi gan saya mau tanya motor saya honda megapro tahun 2008 pake karbu ninja ,ketika di buat gas mentok karbulator tersendat-sendat bagaimana cara menyetel agar tidak begitu ,terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. settingan nya harus pas mas, cek jga warna kepala busi nya siapa tau spuyer minta di naikin/turunin

      Hapus
    2. Motor langsam tidak bro, jika langsang untuk PJ gak masalah.
      Dana benar kata mas anonim, coba saja cek warna busi setelah motor di larikan. jika busi putih kering berarti BBM kurang, jika coklat BBM pas. Cma saran saya jika buat motor GL smp megapro buat saja setingan MJ agak basah. biar aman di mesin. sebelum naikin MJ coba seting dulu di jarum spuyer dengan menurunkan klip per 1 step ke bawah. jika masih sama ya ganti MJ lebih besar per 5 angka. hingga di peroleh kondisi motor yang di inginkan.

      Hapus
  39. Misi gan mau numpang tanya
    Motor ane megapro tahun 2008 pake karbu ninja , kalo di buat lari mentok karbu tersendat-sendat
    tolong kasih refrensi nya buat menyetel
    Terimakasih

    BalasHapus
  40. mohon bantuannya, saya mencoba memodif karbulator motor dkw zundaf dengan karbulator suzuki FR, tapi setelah dipasang dan dinyalakan, mengeluarkan bunyi yg sangat keras ( meraung ). saya sudah coba stel di baut angin dan minyak, tetapi tetap tidak berfungsi, bagaimana cara mengatasinya ?

    BalasHapus
  41. thanks bro informasinya sangat bermanfaat sekali bagi saya

    BalasHapus
  42. motor sy Vega R 2004 jg susah disetel langsamnya. pdhal setelan gasnya udah digedein. setelan anginnya ga mau digedein. kalo digedein dikit mesin malah mati akhirnya sy buka 1/4 putaran setelah diputar habis ke kanan aja. lebih dari itu mesin malah mati.

    itu knpa yah?

    BalasHapus
  43. Aku punya motor grand 97,tapi aki cepat habis.kaya gak ngisi,padahal kiprok baru asli lagi.tolong jawaban nya...!!!

    BalasHapus
  44. saya motor jupiter z thn 2007
    karbulator udah di ganti dengan motor king punya
    terus udah kopling primer.
    Saya mau tanya . .
    Kenapa pada saat gigi 1 dan 2 larinya tersendat?

    BalasHapus
  45. Motor ane shogun 125 R. Setel langsamnya susah banget. Mesinnya mati mulu. Jadinya setelan gas nya di gedein,.. Gimana ya caranya supaya bisa langsam yang pas??

    BalasHapus
  46. Motor ane shogun 125 R. Setel langsamnya susah banget. Mesinnya mati mulu. Jadinya setelan gas nya di gedein,.. Gimana ya caranya supaya bisa langsam yang pas??

    BalasHapus
  47. kalo satria fu gimna nihh

    BalasHapus
  48. cari setelan langsam buat vixion dimana ya...
    punya saya udah aus...

    BalasHapus
  49. cari setelan langsam buat vixion dimana ya...
    punya saya udah aus...

    BalasHapus
  50. cari setelan langsam vixion dumana ya...

    BalasHapus
  51. Gan ane mw na.a niec,motor gw mio,tp pkek karbu.a rx king
    Nie karbu setelanx gg me trun,pdhal lubang anginx udah mentok masuk&setlan langsam udh pling kecil pula
    Gmna solusix....tlong plisssss

    BalasHapus
  52. Ada kemungkinan CDAI nya yg rusak/ kemungkinan magnet yg brubah

    BalasHapus
  53. Ada kemungkinan CDAI nya yg rusak/ kemungkinan magnet yg brubah

    BalasHapus
  54. Ada kemungkinan CDAI nya yg rusak/ kemungkinan magnet yg brubah

    BalasHapus
  55. Ada kemungkinan CDAI nya yg rusak/ kemungkinan magnet yg brubah

    BalasHapus
  56. motor sy kazeR 01,sy sdh stel2 lgsam+stelan anginny tp mtor langsamnya g mau stabil,langsamnya udah pas/stabil tp lama2 msinnya mati,tolong kasih tau gan sarn&jwbnnya trmksih

    BalasHapus
  57. knapa karbu scorpio dipakai di motor shogun tidak bisa lamsang ?

    BalasHapus
  58. motor vega ZR buka bungkus baru dua bulan pakai, kok bensinnya boros? mohon solusinya

    BalasHapus
  59. maaf...
    mau nanya motor saya kawasaki kaze zx 130R suara mesin'nya koq kasar ya
    setelah sy ubah di stelan angin (di perbesar) dan sy tambah turbo siluman
    bensin jadi irit (1/2 liter bisa nempuh jarak 13 km)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oil terlalu ended bro.. pake yg she nya 20w40 atau 15w50

      Hapus
  60. Gan kalo karbu supra lama setelan angin gk brfungsi harus di gnti karbu 1 set apa cuma dlem2nya aja?

    BalasHapus
  61. langsam itu apa y ????
    hehheheeh.......
    newbi

    BalasHapus
  62. misi gan mau tanya , kalo karbu proseries lippo bisa nyala kalo dichoke tapi kalo gk malah mati itu knp ? trus pas idup kayak gas nyangkut itu knp ya ?

    BalasHapus
  63. Biar knalpot bunyi nya mbrebet itu gmn gan ???

    BalasHapus
  64. gan saya punya fiz r karbu nya bemasalah di stelan udara nya gak bisa di buka, kalau di buka mesin gak bisa hidup ??

    BalasHapus