Penyebab Kurangnya Tenaga Motor

Bagi setiap pengendara motor, hal apa yang di inginkan selain melaju dijalan raya dengan tenaga mesin yang optimal, akan tetapi penyetelan komponen yang tidak tepat atau kurangnya perawatan membuat harapan tersebut tidak dapat terlaksana.
Kalau anda termasuk salah satu orang yang merasakan masalah serupa, berikut beberapa bagian yang dapat diperiksa.

1. Saringan udara
Cobalah untuk membersihkan komponen yang berfungsi menyaring kotoran dan debu dari udara, sehingga memungkinkan udara bisa masuk lebih banyak keruang bakar, ini karena mungkin ada banyak kotoran yang menempel sehingga menghalangi asupan udara ke ruang bakar. Akan tetapi kalau anda merasa komponen ini sudah lama tidak diganti sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Penggantian ini dilakukan paling tidak setiap 20-25 ribu kilometer atau bersihin tiap service rutin bulanan.

2. Karburator
Didalam komponen inilah proses pengabutan(proses dimana bahan bakar bercampur dengan udara untuk pembakaran yang pada akhirnya proses tadi menghasilkan tenaga untuk menggerakkan sepeda motor berlangsung). Oleh karena itu, sama seperti saringan udara, kebersihan komponen ini juga patut di perhatikan. Service ringan rutin adalah salah satu cara menjaga kebersihan komponen ini.

3. Busi
Busi yang sudah “berumur” menjadi penyebab lain hilangnya tenaga motor karena percikan api yang dihasilkannya tidak konstan. Hal ini disebabkan karena sudah kotor dengan jelaga atau celah busi sudah tidak tepat. Sebagai langkah darurat anda bisa membersihkan busi tersebut dengn meniup dan menggosoknya dengan ampelas. Demikian pula untuk mengatur jarak antar elektroda. Mungkin ganti aja yang baru kali ya secara harganya juga ga terlalu mahal kalau diliat dari fungsi dan masa penggunaannya.

4. Jarum Skep
Penyetelan komponen yang menjadi bagian dari karburator ini perlu dilakukan, karena tenaga mesin yang tidak optimal bisa juga disebabkan karena jarum skep yang terlampau tinggi. Kalau anda tidak dapat menyetel sendiri, sebaiknya bawa kebengkel untuk hasil yang bener-bener maksimal

5. Knalpot atau muffler
Knalpot yang tersumbat oleh kotoran hasil pembuangan dari pembakaran juga menjadi penyebab tenaga motor menjadi melorot. Oleh karena itu lakukan perawatan pada bagian ini setiap 3 bulan atau 6 ribu kilometer agar selain kebersihannya, performanya pun bisa tetap terjaga.
Bagaimana cara ngebersihin muffler: menurut beberapa informasi yang gw dapetin dari bro panca “ dia bilang dibakar dalemannya dengan cara tuang minyak tanah trus dibakar”
Beda lagi penjelasan dari bro ernest , dia bilang sich klo knalpot motor 4 tak tidak perlu di bersihin karena klo muffler 4 tak itu lebih kering dari muffler mesin 2 tak, kalau mau sich ganti glass full(bener ga nulisnya gw) atau lem biru, klo yang dibakar itu menurut baro ernest untuk muffler mesin 2 tak.

Sumber: Kompas media 20 desember 2008.

47 komentar:

  1. lem biru? lempar beli baru?

    BalasHapus
  2. bisa juga sih hiks, tapi klo duwitnya dikit gimana?
    Kalo dengan motor baru yg belum diapa2in dan tenaga masih kerasa kurang,
    CDInya bisa digantir CDI racing (tanpa pembatas kecepatan)
    Businya bisa diganti busi racing
    Knalpotnya bisa diganti knalpot racing

    Atau mesinnya dikorek (tidak disarankan), karena efeknya biasanya mesin jadi tidak awet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thx ya bro atas infonya w jd ngerti penyakit motor w

      Hapus
    2. Mw tanxa ne knpa minerva tiba2 suka mati mendadak. nah seblm mati ada bunxi seperti mtor 2 tak ring seher kekurangan oli samping.

      Hapus
  3. bnr banyak nya debu di motor sering mati sendiri

    BalasHapus
  4. KALO smuaya udah gmana?apalagi tu.....

    BalasHapus
  5. GIMANA CARANYA AGAR MOTOR VEGA R 2005 SAYA TENAGANYA LEBIH, N PUNYA KECEPATAN TINGGI APA PERLU BORE UP.... SUDAH SAYA NAIKAN KLEP N N SAYA PERBESAR IN EX NYA

    BalasHapus
  6. bos motor w supra fit x new..
    w pake 80 sama 46 tapi ko brebet yahh,ptama lari c enak tapi pas di top speed na ada beret g2 sama ada ruang kosong..
    knpa yaaa..mohon solusi na dewa

    BalasHapus
  7. ada yang tau gak ya...motor RGr gw setelah dioverbos jadi 0 lagi kok tenaganya jadi gak ada ya,padahal plat kopling baru ganti,thx

    BalasHapus
  8. bos motor supra q kok timbul suara keras kayak klotakk" gitu tow,ini hanya terjadi pda waktu motor lagi jalan itu apanya ya?

    BalasHapus
  9. bos..motorku tornado GX..03 2tak..klau diajak nanjak nggak ada tenaga padahal..smuanya dah baru..ori lagi..kampas..setting..karbu..piston..blum ada cacat..knalpot ori new...tetep ngempos..solusi..gimana..bos

    BalasHapus
  10. bos saya punya motor supra x th 2001 trus motor saya ngdrop tenaga berkurang kalaw di pol gas motor saya bb kira kira apa nya bos

    BalasHapus
  11. nice info:
    mau bisnis online murah investasi sekali cuma 18 ribu dengan hasil berlipat-lipat ..
    info lebih lanjut klik link dibawah ini :
    http://www.18Ribu.com/?id=boyeriano
    ..bisa dicoba semoga bermanfaat ^_^

    BalasHapus
  12. bos mtr saya hnda karisma thn 2005 cilinder head d ganti pake kaze karbu ukuran 28 udah lumayan larinya,tapi saya blm puas ksh solusinya biar tmbah knceng lgi

    BalasHapus
  13. mamad semarang23 Agustus 2011 23.35

    mas motor saya megapro taun 2007..........mtor udah ganti karbu 28,in out,noken garapan standart 1.5mm,gear ukuran 41,per kopling racing,CDI shogun,,,, ...........tapi menurut saya kurang kencang mtore coz baru bisa ngalahin mtor 4tak doank.....

    enaknya rubah apa lagi ea biar bisa ngalahin ninja atau mtor 2tak????????????

    BalasHapus
  14. bang numpang nanya ni
    klo mtor juptr 115cc itu rumah prodo kopling na d ganti juptr lma bsa gak
    by;bona axcel

    BalasHapus
  15. blog apaan ne! Tidak bermanfaat,gak bisa kasìh solusi problem,byk pertanyaan tapi gak ada jawaban,lebih baik tutup aja deh blog nya cuy,ampas tak bermutu.

    BalasHapus
  16. mas saya gak punya motor,gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampeyan boleh beli motor saya. Tahun 2003. Tinggal sampeyan ganti saja knalpotnya dengan yang baru.

      Hapus
  17. sempaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkk dobboolllll blog celenggg

    BalasHapus
    Balasan
    1. sandi kumat kuwi...obat,e di ombe disik san.....jo lali sempak,e di enggo wkwkwk

      Hapus
  18. apa ya penyebabnya, motor suzuki smash punya saya rakitan thn 2005 di saat mesin dalam keadaan jalan dan putaran rendah sering terjadi losat pada kopling, dan motor saya mati walau porseneling tetap masuk tu motor tetap ngeluyur. tidak ada hentakan????. Mohon pencerahaan nya gan. makasih

    BalasHapus
  19. Gan motor ane jual, siapa yg mau beli Vega R warna biru putih tahun 2005, isi jepara. body mulus aduhay seksinya, mesin terawat tanpa ngadat. hee hubungi ane

    by : lemari pakaian minimalis

    BalasHapus
  20. Numpang tanya gan, motor ane vega r tahun 2005 gak lama ane nyalain n gak jauh juga jarak tempuh ane tiba" motor ane ngebrebet kaya bensin mau abis padahal bensinnya full gan, ini masalah sering banget ane rasain, jadi kudu brenti dulu 5 menit baru jalan lagi tapi gak lama jalan ya begitu lagi... Itu masalahnya apa yah gan? Dimana itu kira" permasalahannya? Apa yang harus ane lakukan?

    BalasHapus
  21. malahhh prothoool kbeh bro kuda besiq

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. makasih atas informasinya bagus sekali gan

    BalasHapus
  24. makasih sobat atas informasinya bagaus dan menarik

    BalasHapus
  25. Mas motor sy vegaR 2005 tarikan ngempos n suara kasar pd valv xa, kira2 apaxa tu yg trouble. Trims sebelumxa

    BalasHapus
  26. Mas motor sy vegaR 2005 tarikan ngempos n suara kasar pd valv xa, kira2 apaxa tu yg trouble. Trims sebelumxa

    BalasHapus
  27. makasih atas informasinya bagus mampir juga ke blog saya :) http://obatkuatdantahanlama01.blogspot.com/

    BalasHapus
  28. artikel yaang bagaus dan sangat menaraik untuk di baca

    BalasHapus
  29. motor sya supra fit thun 2004, blog bru di kolter,tpi mesinx bunyi kurang bagus...apa penyebabx???

    BalasHapus
  30. kepribadian seseorang dilihat dari sikap dan pola pikir

    BalasHapus
  31. informasinya bagus to le mantep wangon ...

    BalasHapus
  32. bagus dan sangat bermanfaat sekali infonya

    BalasHapus
  33. segala apa yang ada di dunia ini milik alaah maka bila kamu ingin memiliki sesuatu maka mintalah pada nya termasuk masalah cinta

    BalasHapus
  34. bagus infonya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  35. informasi yang bagus dan sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  36. informasi yang samgat bermanfat dan bagus

    BalasHapus
  37. Artikel yang bgus dan sangat keren abis tentunya :) sekses trus buat kalirnya mas bro

    BalasHapus
  38. terimakasih atas infonya bagus http://goo.gl/KIATMk

    BalasHapus
  39. informasi yang bagus dan sangat bermanfdaat sekali mas boy

    BalasHapus