Solusi Bila Motor Mogok di Jalan

Pertama, lakukan pengecekan terhadap aliran bahan bakar. Periksalah indikator bahan bakar, apakah panel pada huruf F (Full/ Penuh) atau E (Empty/ Kosong).Pada beberapa motor yang memakai kran bensin, coba perhatikan apakah berada di posisi ON, OFF atau Ress. Bila posisi On tiba-tiba mogok, maka masih ada cadangan bensin di dalam tangki bahan bakar. Disarankan, para biker segera memutar kran pada posisi Ress. Biasanya pada motor sejenis Honda Tiger, masih menyisakan 2 - 3 liter bensin. Lumayan kan untuk mencari pom bensin terdekat. Apabila kran sudah di posisi RESS tetapi mesin motor kemudian mati, bisa dipastikan bahwa sudah tidak ada lagi bahan bakar di dalam tangki. Bila bahan bakar masih ada dan mesin masih juga tidak mau hidup, ada baiknya kita periksa selang bensin yang menuju ke karburator. Sebab, seringkali alirannya tersumbat karena tangki bensin kotor.


Kedua, kalau bahan bakar tidak bermasalah, coba periksa sistem pengapiannya. Seringkali Busi menjadi prioritas utama penyebab mesin ngadat. Caranya, lepas busi dari rumahnya yang terdapat pada silinder head dengan menggunakan kunci busi.Bila terdapat kerak hitam pada kepala busi, itu tandanya akibat pembakaran yang kurang sempurna. Bisa juga karena setelan angin kurang pas. Cara mengatasinya, bersihkanlah kepala busi dengan ampelas halus yang memiliki kekasaran kurang lebih 400-600. Jika perlu bersihkan bagian dalamnya dengan menggunakan peniti. Cek kondisi elektrikal busi dengan memasukkan kembali ke dalam kop. Lalu tempelkan busi ke body mesin sambil di stater.Lihatlah dengan seksama, apakah percikan api normal atau telalu kecil. Atau bahkan malah tidak ada. Bila percikannya terlalu kecil, cobalah ganti dengan busi cadangan. Sebelum busi dipasang kembali, buang gas bensin pada silinder head dengan cara menutup lubang busi dengan kain lalu coba di stater.Lakukan 3 sampai 4 kali stater. Pasang kembali busi pada rumahnya lalu coba hidupkan mesinnya. Di samping delapan langkah sederhana untuk mengatasi motor mogok di atas, alat pendukung juga harus tersedia seperti kunci busi, kunci pas, obeng, ampelas halus, peniti, dan jangan lupa selalu sedia busi cadangan. Tapi bila semua itu sudah dilakukan mesin tetap tak mau hidup, maka segera saja cari bengkel terdekat.


Sumber: http://www.suzuki-thunder.net

37 komentar:

  1. tipsnya kurang lengkap, bisa ajakan, songket CDI nya kurang conek

    BalasHapus
  2. Betul soket CDI kurang konek juga bisa menyebabkan motor mogok. Tips diatas cocok untuk orang awam yang belum mengerti masalah motor secara mendalam, jadi taunya cuman umum2 aja. Terima kasih atas masukan dari Eka Prima, smoga blog ini semakin sempurna dari masukan para pecinta motor semua

    BalasHapus
  3. klo sepeda motornya mrebet tu knpa???

    BalasHapus
  4. Mbrebet itu dikarenakan saluran bensin tidak lancar. Penyebabnya biasanya karena karburator kotor, busi kurang bagus, atau kemasukan air atau oli bocor, shingga busi selalu basah. Solusinya tergantung penyebabnya

    BalasHapus
  5. mz topas knpa mtor shogun 110 saya klo d tarik gas nya kok malah mati,,,
    solusinya gmanaya............

    BalasHapus
  6. mas, saya mw tnnya klo krbu ktor gmana cra bersihinnya ya??

    BalasHapus
  7. kalo tangki bensin yamaha vixion kemasukan air, gimana hilangkan airnya? kalo motor non-injection kan biasanya di "tab" di selang bensin karbunya, kalo vixion gimana ya!!??? plz.

    BalasHapus
  8. topas motor mau tanya nih, kl motor mogok apa penyebabnya ya... padahal putaran gas lebih dari normal, busi ok... mohon bantuannya...?

    BalasHapus
  9. Mas Topaz mw nanya, saya mau masang botol sebagai tangki buatan di jupiter mx, saya lihat ada 2 selang di bawah tangki, selang ke atas mengarah ke karbu, selang yang bawah ke leher angsa karbu, trus untuk di botol buatannya selang mana yang harus dipasang ke botol Mas??
    bagaimana juga dengan selang yang ke leher angsanya??
    terima kasih ya Mas sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau selang yang diatas sebagai aliran bensin ke karburator, kalaw selang yang keleher angsa untuk menyedot bensin dari tangki ke karburator.

      Hapus
  10. nice info:
    mau bisnis online murah investasi sekali cuma 18 ribu dengan hasil berlipat-lipat ..
    info lebih lanjut klik link dibawah ini :
    http://www.18Ribu.com/?id=boyeriano
    ..bisa dicoba semoga bermanfaat ^_^

    BalasHapus
  11. klu mau bersihin karbu yang kotor :
    1 . buka baut karbu.
    2 . lepas pelampung karbu.
    3 . klu belum ngerti banget tentang mainjet n pilot jet gak usah dilepas,cukup semprot aja pakai carbuclaner permukaan yang mau dibersihin.klu udah pasang lagi deh pelampungnya.klu udah beres tinggal setting karbu deh..

    BalasHapus
  12. saya pakai motor MX,knp motor saya susah hidup?hrs di engkol berulang2.terus setelah didiemin 10 menit susah lagi hidupnya..

    BalasHapus
  13. stel angin dan gas supra x th 2003,gimana yah...? ngak mau nyala motornya..tq.

    BalasHapus
  14. Motor saya Astrea FU.
    saya udah lakuin cara di atas, busi, cdi, udah di cek. teru gimana?

    BalasHapus
  15. klo utk bikin motor matic pengapiannya lebih manteb..apakah hrus pake CDI racing kombinasi dg COIL standar ataupun sebaliknya mas...

    BalasHapus
  16. motor jupiter mx saya terjatuh di sungai dan tdk hidup lg. gimana cara perbaikix ?? tlg ya,..

    BalasHapus
  17. Info yang sangat bemanfaat untuk para biker.

    BalasHapus
  18. memang yang paling sering bermasalah kalo kjadian seperti ini adalah businya

    BalasHapus
  19. gan sorry nie gw mau nanya ..?
    gw punya motor rx king tahun 1997 oper ses 100 tapi masih blom lari kenceng jug,tolong bagi2 cara nya donk apa aja yang kurang supaya motor gw bisa lari kenceng dan bisa turun gan,thank,balas

    BalasHapus
  20. GAN ARTIKEL BAGUS BANGET.... SANGAT BANTU SEKALI....... BAGI ORANG YANG AWAM MESIN.... SMOGA ARTIKEL LAIN... NYUSUL... Tidak semua orang mau share ilmu....

    BalasHapus
  21. kalo motor saya kehujanan suka mati, tp distarter hidup dan jalan lagi..tp suka mati lagi...apanya? tolong yang tau ..impormasinya.nuhun.

    BalasHapus
  22. Sogun 125 ko klw d bw kencang mati kaya kehabisan bensin pd hal gk didiemin dikit brw bs hidupin lg mohon batuanx

    BalasHapus
  23. kalau motor'a ngeder caranya gimana supaya gk ngeder lagi

    BalasHapus
  24. motor dihidupkan dengan electrik starter tapi dinamo stater bunyi terus

    BalasHapus
  25. motor dihidupkan dengan electrik starter tapi dinamo stater bunyi terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Otomatis starter mw jga tu gan...
      Law mw gnti yg asli ja biar puas make ny

      Hapus
  26. Makasih infonya gang...

    BalasHapus
  27. Motor ane mogok ni gan, barusan abis kena banjiR , kayanya air masuk dalam mesin . Mesin g mau nyala padahAl busi dah ane gonta ganti , percikan api gede tapi tetep g mau nyala . Tolong soluSinyA gan...

    BalasHapus
  28. Bos ane punya motor tiger 20000
    Klo motor ane ber penyakitan suka mati tiba2
    Itu kra2 apaan nya yh yg bermasalah

    BalasHapus
  29. pengapian bnyak faktornya, bukan cuma di busi ato d bensin aja, tp bnyak sumber pengapian yg juga harus di cek kmbali sperti hal'a spool, fulser, cdi, platina, kiprok dan masih bnyak rangkaian pengapian lain'a.

    BalasHapus