Menyetel Klep Motor Honda

Tips menyetel klep Sepeda Motor Honda

Ada kalanya Anda mecoba sendiri melakukan penyetelan klep pada motor Anda, tapi perlu diingat, bahwa setelan klep yang benar atau salah akan mempengaruhi terhadap performa mesin Sepeda Motor.

Berikut ini cara cara yang tepat menyetel klep pada Sepeda Motor Honda.
1. Persiapkan alat-alat antara lain;



Obeng (-) besar
Kunci T 17 (untuk motor Supra X 125/Kharisma)
Kunci T 14 (untuk motor Supra Fit, Tiger)
Ring 8-9 (untuk motor tipe bebek)
Ring 10-11 (untuk motor tipe Sport)
Ring 17 (untuk motor tipe Sport)
Ring 24 (untuk motor tipe bebek)
Fuller gauge 1set
Valve Adjusting wrech (kunci klep)
2. Buka kedua tutup klep (In dan Ex) dengan menggunakan kunci Ring 17(tipe bebek) atau Kunci Ring 24(tipe Sport)

3. Awalnya posisikan agar kondisi valve bebas atau posisi piston pada Titik Mati Atas (TMA), dengan cara buka tutup magnet pada blok mesin kiri dengan menggunakan Obeng (-) besar (ada 2 buah ), pergunakan kunci Ring 14/17 untuk memutar poros engkol berlawanan dengan jarum jam.

4. Sambil memutar poros engkol, perhatikan pada saat valve In bergerak, lihat pada lubang kecil di blok magnet, posisikan tanda T pada garis lurus di lubang kecil blok magnet.

5. Kemudian pegang dan gerak-gerakkan kedua klep untuk memastikan keduanya sudah dalam posisi bebas.

6. Jika langkah diatas sudah benar, maka lakukan penyetelan valve dengan ukuran untuk tiap-tiap motor sbb;

Tipe Sport (Tiger,Mega Pro,GL Pro,Phantom) ukuran = 0,10mm (±0,01mm).
Tipe Bebek (Supra Fit, Grand, Legenda, Supra X, Win, GL 100) ukuran celah klep = 0,05mm (±0,01mm).
Tipe Bebek (Supra X 125, Kharisma, Kirana) ukuran celah klep = 0,03mm (±0,01mm)

Tipe Matik (Vario) ukuran celah klep ( Klep In : 0,15mm (±0,01mm) Klep Ex : 0,26mm (±0,01mm) )

Cara penyetelannya adalah, kendorkan mur pengikat tappet adjuster (baut stelan klep) dengan menggunakan Ring 8-9 / 10-11

7. Lalu letakkan Fuller gauge sesuai ukuran celah klep kedalam ujung batang klep, putar tappet adjuster(baut stelan klep) sampai terasa apabila fuller gauge di tarik terasa seret dan apabila didorong tidak bisa.

8. Kemudian keraskan lagi mur stelan klep dan cek ulang hasil stelan klep tadi, sampai hasilnya tepat, (bila fuller gauge terasa ditarik seret dan di dorong tidak bisa)

9. Tutup kembali semua komponen yang tadi dibuka kemudian rasakan hasilnya.

17 komentar:

  1. masih ada yang kurang..
    celah klep cs1. klep in 0,06 dan klep out 0,26+_2
    celah klep beat in o,14 dan 0,14

    BalasHapus
  2. Salam Bro.. saya Ian dari Bandung, dg sgl hormat sya mau tanya; kalo memutar kruk as di motor Mio utk cari TMA dimana sih yg benar...apa di sisi yg ada kipasnya [kanan] atau memang harus buka blok belt [kiri]. terus lihat tanda topnya dimana?

    terima kasih sebelumya.

    BalasHapus
  3. Salam bro....saya bambang dari bogor mau nanya kalo motor sudah saya gas turunnya itu lama sekali jd gas masih tinggi padahal saya sudah servis ke bengkel resmi. jd kalo saya mau naikin gig atau turunkan gigi slalu loncat karna gas msh tinggi. minta solusinya donk kalo memang bisa saya kerjakan sendiri kenapa harus kebengkel kalo lg darurat begini...thank's sebelumnya

    BalasHapus
  4. halo bro, saya predi dari kacaribu simalem tepatnya d tnah karo sumut.
    q mo nanyak klo stelan klep in lbih besar dari ex gmn jadinya yyy.....
    mohon jawabannya yaaa,
    sblumnya sy ucapkn trimakasih banyak.
    bujur ras mejuah juah kita kerina

    BalasHapus
  5. klo buat grend bagusan stelan ya ukuran brapa mas bro....???/

    BalasHapus
  6. nice info:
    mau bisnis online murah investasi sekali cuma 18 ribu dengan hasil berlipat-lipat ..
    info lebih lanjut klik link dibawah ini :
    http://www.18Ribu.com/?id=boyeriano
    ..bisa dicoba semoga bermanfaat ^_^

    BalasHapus
  7. terus kenapa padahal sudah di stel sesuai saran di atas titik pengapian msih kurang pas.?????

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  9. salam bro, saya sahat dr bekasi, motor saya honda revo 100cc, untk stelan celah klep bagus'y berapa y??, terus klo efek dr stelan klep yg tdk sesuai misal trlalu sempit/renggang, efek'y apa y.?? tolong bro d jelasin, thx

    BalasHapus
  10. yg punya blog ini goblog. Semua artikel nyuri punya orang, dan dia sendiri gak paham motor.

    BalasHapus
  11. selamat pagi, sebelumnya saya selalu rutin servis dan setiap 1500 saya ganti oli, walaupun oli standar karena saya baru tahu dari web ini bahwa sarannya CS one pake enduro. permasalahan pada motor saya businya bau oli dan saat di tanjakan tidak ada tenaga sama sekali. mohon pencerahannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hanya sekedar sharing nih. Klo periodik pergantian oli sudah benar, memakai oli enduro baik, memakai oli rekomended pabrik juga baik (ahm oil_red)
      masalah nanjak ga kuat berhubungan : kompresi kurang sebab knalpot ngebul putih pertanda oli kebakar (oli masuk k ruang bakar) jadilah penurunan performance, di busi jadi hitam n bau oli, saran servis besar
      kampas kopling anda sudah selip juga menyebabkan penurunan performance untuk accelerasi di tarikan awal.
      Disarankan agar motor awet n tetep stabil motor jgn di rubah2 tetep standar pabrik

      Hapus
    2. piston.a ganti

      Hapus
  12. NUMPANG IKLAN GAN, BENGKEL ANE DI JLN. PANJANG KEBUN JERUK, JAK-BAR. BUTUH MEKANIK BERPENGALAMAN, FASILITAS GAJI + MESS. KALO MINAT CALL/SMS : 0838 728 111 95 / 021 - 9060 5366...TRIMS GAN

    BalasHapus