Mio Fino

Fino oh Fino itulah nama produk skutik retro Yamaha yang mengusung kesan sporty dan gaul. Sekarang Mio bukan saja sebagai motor cewek, laki pun cocok jika menggunakan motor ini.



Gambar oto.detik.com

Beberapa kali jalan ke mall ketemu motor mio fino ini ih keren abis, apalagi yang warna biru tuh. Dengan desain striping mirip motor balap Mio Fino tidak kalah saing dengan Honda scoopy, tapi semua tergantung selera. Cuman kabarnya kalo dari sisi harga lebih mahal scoopy sekitar 200 ribuan, mungkin kalo bagi masyarakat menengah atas selisih harga segitu tidak diperhatikan yang penting gaya dan model.

Untuk teknologi Mio Fino masih menggunakan teknologi Mio sebelumnya, yang sudah menggunakan teknologi Injeksi adalah Mio J, kabarnya Mio J irit banget bisa 70km/liter (mungkin kalau jalannya lancar dan gak macet). Tapi kelemahan motor matic jenis injeksi kabarnya berat kalau dibawa melewati tanjakan beda dengan yang non injeksi.

Inilah perbandingan Scoopy dengan Mio Fino yang dikutip dari kompas.com


Spesifikasi
Honda Scoopy
Yamaha Mio Fino
Panjang x lebar x tinggi
1.844 x 699 x 1.070 mm
1.830 x 705 x 1.050 mm
Jarak sumbu roda
1.240 mm
1.240 mm
Jarak terendah ke tanah
150 mm
125 mm
Berat kosong
94 kg
94 kg
Tipe rangka
Tulang punggung
Steel pipe underbone
Tipe suspensi depan
Teleskopik
Teleskopik
Tipe suspensi belakang
Lengan ayun dengan peredam kejut tunggal
Lengan ayun dengan peredam kejuttunggal
Ukuran ban depan
80/90 - 14 M/C 40P
70/90 - 14M/C 34P
Ukuran ban belakang
80/90 - 14 M/C 46P
89/90 - 14M/C 40P
Rem depan
Cakram hidraulis dengan piston tunggal
Cakram hidraulis dengan
piston tunggal
Rem belakang
Tromol
Tromol
Kapasitas tangki bahan bakar
3,5 liter
4,1 liter
Tipe mesin
4 langkah, SOHC
4 Langkah, SOHC
Diameter x langkah
50 x 55 mm
50,0 x 57,9 mm
Volume langkah
108 cc
113,7 cc
Perbandingan kompresi
9,2 : 1
8,8 : 1
Daya maksimum
8,28 PS/8.000 rpm
8,35 PS/8.000 rpm
Torsmi aksimum
0,85 kgf.m/5.500 rpm
7,84 Nm/7.000 rpm
Kapasitas minyak pelumas mesin
0,7 liter pada penggantian periodik
Total: 0,9 liter dan 0,8 liter pergantian periodik
Kopling otomatis
otomatis, sentrifugal, tipe kering
otomatis, sentrifugal, tipe kering
Gigi transmisi
Otomatis V-Matic
CVT Otomatis
Pola pengoperan gigi
xxx
xxx
Starter
Pedal dan elektrik
Pedal dan elektrik
Aki
MF 12 V - 3 Ah
YTZ4V (MF battery)/
GTZ4V (MF battery)
Busi
ND U24EPR9, NGK CPRBEA-9
C7HSA (NGK)/U22 FS-U (DENSO)
Sistem pengapian
DC-CDI, Baterai
DC-CDI, Baterai
Memang beda tipislah, tinggal urusan selera




Yamaha dan Honda memang rival berat saat ini, tapi yang penting persaingannya positip sehingga yang diuntungkan adalah Customer

6 komentar: