Ada beberapa teknik tune up mesin 2 tak, yang paling lazim adalah memporting ulang design port.
Memporting ulang itu juga banyak halnya diantaranya adalah:
1 Merubah tinggi port
2 Mengarahkan kembali jendela port
3 Menghaluskan saluran2 port
4 Memperbesar ukuran port
Tentunya point2 tersebut diatas harus dilakukan dengan perhitungan yang tepat agar hasilnya maksimal.
Kali ini kita hanya akan membahas mengenai merubah tinggi port
Merubah tinggi port berarti durasi buka & tutup port pun akan berubah. Menentukan angka dari tinggi port ini tentunya harus menggunakan hitungan2 tertentu.
Jika seorang mekanik pernah melakukan perubahan tinggi port pada sebuah silinder blok dan ternyata hasilnya baik ini bisa menjadi acuan untuk mekanik lainnya jika ingin melakukan rubahan pada blok lainnya walaupun memiliki spek yang berbeda.
Caranya adalah mengkonversi ukuran dari mm menjadi derajat putar kruk as.
Contoh :
HRC Thailand menentukan tinggi porting terbaik pada silinder blok NSR SP adalah sbg berikut :
1 Lb Bilas : 42mm
2 Lb Transfer primer & sekunder : 42mm
3 Lb Buang : 26mm
(Catatan :Deck Height NSR adalah 0 mm yang berarti Bibir piston NSR saat berada di TMA adalah sebidang dengan bibir silinder blok atau 0 mm)
Maka jika kita ingin merubah port silinder blok Yamaha RX King harus menggunakan angka berapa di tiap2 portnya jika ingin mengacu pada hitungannya HRC??
Tentunya salah jika kita langsung menggunakan angka2 diatas untuk diaplikasi di blok RX King.
Kita harus mengkonversi dahulu dengan satuan derajat, setelah didapat maka dikonversi kembali ke satuan mm dengan ditambah (Deck Height)
Lalu bagaimana mengkonversi dari mm ke derajat?
Yang pertama kita harus ketahui dulu data2 sebagai berikut :
1 Stroke NSR & stroke RX King
2 Panjang Stang piston NSR & RX King
Jika data2 tersebut sudah diketahui maka kita bisa menggambar diatas kertas sesuai data2 tersebut atau jika ingin lebih akurat bisa dengan menggunakan software Auto Cad.
Misal menentuakn derajat buka lubang buang pada blok yang ingin ditiru (Blok NSR):
1 Buat lingkaran dengan diameter seukuran stroke NSR dan gambarkan titik pusatnya dalam koordinat axis X & Y. pada titik paling atas lingkaran beri tanda 0 derajat kruk as (ini melambangkan derajat putar kruk as)
2 Gambar garis vertikal berukuran panjang stroke + panjang stang seher dengan posisi garis melalui titik pusat lingkaran dan ujung paling bawah garis bertemu dengan ujung paling bawah lingkaran. (Ini melambangkan titik pusat dari rangkaian silinder+piston+kruk as)
3 Buat titik 0mm pada ujung atas garis tersebut (anggaplah titik 0 tersebut adalah posisi piston saat TMA)
4 Buat lagi titik (Tandai dengan huruf B)pada garis vertikal tadi seukuran tinggi lb buang (pada contoh diatas adalah 26mm) Berarti jarak dari titik 0 ke titik B adalah 26mm.
5 Gunakan jangka buat agar jarak bukaan jangka seukuran dengan panjang stang seher NSR (ini melambangkan panjang stang seher)
6 Jarum jangka di posisikan di titik B dan mata pinsil jangka di coretkan ke lingkaran yang mampu dijangkau dengan jangka (ini melambangkan posisi stang seher pada rangkaian)
7 Ukur berapa derajat dari posisi 0 derajat kruk as terhadap titik pada point 6 tadi dengan bususr derajat.
8 Angka derajat buka lubang buang telah didapat.
Lakukan langkah2 diatas untuk menghitung derajat buka lubang bilas dan transfer.
Setelah semua didapati sekarang tinggal menghitung berapa mm tinggi lubang2 tersebut pada blok rubahan (Blok RX King).
Langkah2nya adalah :
1 Buat lingkaran dengan diameter seukuran stroke RX King dan gambarkan titik pusatnya dalam koordinat axis X & Y. pada titik paling atas lingkaran beri tanda 0 derajat kruk as (ini melambangkan derajat putar kruk as)
2 Gambar garis vertikal berukuran panjang stroke + panjang stang seher dengan posisi garis melalui titik pusat lingkaran dan ujung paling bawah garis bertemu dengan ujung paling bawah lingkaran. (Ini melambangkan titik pusat dari rangkaian silinder+piston+kruk as)
3 Buat titik 0mm pada ujung atas garis tersebut (anggaplah titik 0 tersebut adalah posisi piston saat TMA)
4 Ukur dengan busur derajat angka yang didapati dari point no 8 diatas dan tandai pada lingkaran dan beri tanda B.
5 Gunakan jangka buat agar jarak bukaan jangka seukuran dengan panjang stang seher Rx King (ini melambangkan panjang stang seher)
6 Jarum jangka di posisikan di titik B dan mata pinsil jangka di coretkan ke garis vertikal diatas lingkaran yang mampu dijangkau dengan jangka (ini melambangkan posisi stang seher pada rangkaian)
7 Ukur jarak dari titik 0mm terhadap titik yang baru didapat dari point no 6.
8 Jarak tinggi lubang buang RX King telah didapat.
Lakukan langkah2 diatas untuk menghitung jarak lubang bilas dan transfer.
Setelah semua angka didapat kita harus mengetahui Deck height RX king tersebut, setalah didapat maka ukuran2 jarak port yang sudah didapat masing2 ditambah Deck height nya.
Sementara jika ingin melebarkan lubang buang maximal adalah 70% dari diameter piston
kecuali jika design lubang buangnya memiliki tiang penyangga seperti NSR SP maka bisa dibuat lebih lebar lagi.
Contoh : Diameter piston NSR adalah 59mm maka lebar lb buang maximal adalah 59x 70% = 41.3mm dibulatkan menjadi 42 mm, jika lebih dari 42mm maka khawatir ring piston bagian lb buang akan cenderung menekan berlebihan ke dinding silinder, shg silinder akan mudah aus.
sumber : http://bengkel-motor-online.blogspot.com
pak jika karbu rx king
BalasHapusmasuk ke motor supra itu bisa cpat hancur gak motor nya..?
ya rusak oon
Hapusom,F1zr fullclutch, seher ovrsize100,blok & kop dah portingan, magnet bubut, rubah pengapian, kampas kopling FR, pir kampas pake smash, bandul juga di bubut, karbu pake rxz. nek di setandartin/di normalin habis berapakah?.
Hapusmeledduk bisa mtr loe
Hapusmding jual ganti king
baru pasang tuh spek
Bisa cepat rusak bos, karena setelan motor 2 tak dan 4 tak emang agak berbeda
BalasHapusada rumus nya buat korek 2tak kencang,terutama rumus untuk melebarkan dan meninggikan lubang exhaust,untuk porting lb bilas dan transfer,dan modifikasi head cylinder beserta karakternya
BalasHapusyaiiyalah .......
BalasHapuskarbu RX-King Lebih besar dari pada karbu supra!!
dan Pembuangan nya pun Lebih beda dari pada karbu setandar !!!
kalo salah seting .......
itu bisa bikin motor ngempos/brebet !!
nah itu yang bikin maslah kecil jadi besar ...
smakin Lama brebet semakin rontok mesin loe!!
porting manipol intake ma pembuangan, bubut noken ass. kenalpot di bedat.. wuss.. cm buang 2 bensin
Hapuspalsu...
BalasHapuscem sampah ucapan mu itu...
Yg pny nsr anda tau,tpi yg rx king bikin org bodoh + bodoh..tuduh point sj bos..tinggi port,dll.tdk usah mau coret2 buku s'gala.orang m'cari info,oleh krn org tdk tau...
BalasHapusbos kalo motor f1zr pake karbu nsr sp gimana?? bisa lebih cepat gak???
BalasHapusjual ganti king
Hapustergantung pasokan bensin sama fengafian bos kalau di cocokan jelas lebih gesit dong
BalasHapusbrapa tinggi ideal lubang buang rx king, serta lebar nya
BalasHapuspak pke bhsa awam ja,,,, rbet gw ngrtiin kt2 bpak!
BalasHapuskarbu YZ pasang di F1Z_mohn di bantu settingan
BalasHapusnek setingan mesin bawah (blok kop & pengapian daun membran) msh standart, mendung g sah. cm boros-borosin bensin. ujung2nya busi lu mati. lbh parah lg stang ma seher bisa kena kl slh seting
Hapusnie yg punya nlog bego gg tw motorrr
BalasHapusnyatana coment pd gg d balas
GMN NIH crny stria 2T biar larinya kenceng,sy mau grp full bwt drag.tlg ksh tau spekny
BalasHapusganti stnk pke ninja ...........
Hapushahahah
bawa ke bngkel di jogja aj. kl cm ngelalap ninja. satria lu di semi harian aj dh ckup.
Hapusbos..F1z ku di bore up pakai piston RX-K..truz..setting port masuk dan buangnya berapa bos...setang piston masih ori F1Z..tapi paking bawah blok udah di tambah 50 mm mesin dah hidup but supaya pas gimana bos
BalasHapusapa ga' trlalu tipiz tu silinderny.. Klo pake piston Rx-K ??
Hapusrusnya pake RXS, ngancing tar kl overheat. imbangin pake oli samping racing(semisal gasoli threatment, nek gak idemitsu).
Hapusbos ada 1 pertanyaan ne bos yg ga bisa di selesaikan......
BalasHapusbagai mna trik nya mesin dompeng 7 PK bisa narik dinamo 10 klo....
harap di ksh tau y bos solusi nya
Boz gMana Cara_A Biar F1zr Gag Boros Tapi KenCanG Lari_a ? ? ?
BalasHapusganti ninja 4 stroke
Hapusnice info:
BalasHapusmau bisnis online murah investasi sekali cuma 18 ribu dengan hasil berlipat-lipat ..
info lebih lanjut klik link dibawah ini :
http://www.18Ribu.com/?id=boyeriano
..bisa dicoba semoga bermanfaat ^_^
lok semua minta kenceng di naikan pesawat aja....................gtu ja repot
BalasHapusmuka lo kenceng karna pengen berak haha
Hapusaa.... Koyor bureng
Hapuspak bos,, cara ganti karburator fiz pke nsr sp tanpa harus ganti manipol gmn?
BalasHapusikut jawab... maaf kalo salah ...pake karbu lain di fizr tanpa ganti manipul kasih aja sambungan karet ... pernah kami coba pake punya king ...jadi pake sambungan aja...
BalasHapusdibubut aja bro lobang luar karbunya,sesuai dengan standart fisr.
BalasHapuspasti bsa..
gaasss poooolllllllll mas bro.hha
BalasHapusmotor satria 2T d sumpel supaya apa bos ?
BalasHapusbentuk cekungan yang baik buat pengapian yg bgaimana,.?
BalasHapuscdi yg tepat buat ganti cdi rc 100 apa,.?yg pengapianya lebih besar,boz,.?
pke tabung 3kg aja brow spya pngapiannya besar....
BalasHapussory bos , kalo buat cdi gu saranin pake cdi shogun kebo yg orisinil bawaan motor . .
BalasHapusjangan beli di bengkel2 walaupun ori kelas 1nya .
kalo ga pake aja cdi BRT. .
yg ngepost di atas kayanya orang awam . .
ngepos tapi ga pernah bales komen . .
kalo motor 2tak ngoreknya tuh auto didak bos . .
tergantung kondisi motornya gimana atau cocoknya gimana . .
kecuali kalo baru turun dari pabrik...
kalo buat rx-king gu udah coba kalo buat besarin pengapian kita mundurin aja sepul pengapiannya . .
lumayan lah buat belah jalanan . .
mw tnya, klo CDI ninja dganti pke RGR koilnya pke YZ gmn bro?
BalasHapustnya lg, mumpung blum jd bli membran. p bner vforce gmpng rompal? enkny pke standartnya ninja aj tp didobel gt gmn bro?
BalasHapusdaun membran v force pake campuran bhn kevlar, bahan buat rompi anti peluru, jd g mungkin patah rompal... mesin juga lebih jos kl di peres di rpm tinggi.. nafas motor g kan blong.. beda kl pke standat tp di tumpuk.. kl dah over heat tar jg blong2 gasnya
Hapuspake membran yang bhanya kaya punya ninja
Hapus45-50 ribu harganya
maaf ikutan jawab nih bos,klo menurut pengalaman ane pake membran standar aja trus ente beli lagi membran lokalan jg gpp,trus dipotong setengah,trus didobelin/ditumpuk ke membran aslinya,dijamin maknyus...
BalasHapusmenurut pengalaman ane nih,pake membran standarnya aja jg bs tp didobel/ditumpuk dgn membran lokalan(klo yang asli kan sayang2) yg udah dipotong setengahnya,dijamin maknyus...
BalasHapusboss....tidurr yaaa...??
BalasHapusbos g5na supaya motor Rx 100.jdkenceng.kayak motor king
BalasHapusMotor guue rxS broo,stang seher UϑªªЂ ganti punya KiNg silinder juga king Y-1 overses 50, silinder ats ku kepras 2mm,kop UϑªªЂ mak nyus,membran msih setandr tpi ku dobeL 1/4 jdi membranya 2 terus pengapianny ku ajukan sdikit
BalasHapusgw mau nanya ni gan..?
BalasHapusgw punya motor rx king tahun 1997..
udah opersais 100 tapi lari masih kurang enteng..
dan het nya juga blom di korek.karna blom tau ukuran yang pas..?
apa aja yang hrus gw rubah supaya motor gw kenceng gan,dan bisa balap di jalanan .thank...balas
Maf sya mu tnya gmn cra praktis bkn mtr rk king kncang??? Trmksh
BalasHapuspake aja membran v-force...
Hapusayo maen ma yamaha alfa drag q...!!! Oversize 180cc
BalasHapuske jogja aj mas. ke stadion maguoharjo. F1zr semi harian siap..
HapusCari CDI BRT Rp150.000
BalasHapuskallo motorr satria 2 tak gimana cara nya om biar ngacirrrrrr ....
BalasHapusmakllum baru mgang mtor 2 tak
di perhalus aj intake ma pembuangan. pake busi ngk iridium, oli racing. kl ad dana lbh, bli knalpot racing kolong. harian awet di geber mpe lebaran
Hapusbisa ngga', membran force 1 diganti pake membran NinjaR ?
BalasHapusga bisa lah...membran ninja bentuk seitiga,,,cri aj membran force 1 yng bahanya kaya membran punya ninja
Hapusharga 50ribuan
bukang almunium tapi,almunium mah 25 dpet
Ini cuman kopi paste momodnya....
BalasHapusbosvq punya rx 100 jelek tapi mesinya masih bagus,,,mohon sran buad korek rx 100
BalasHapuscara buat satria 125R agar magnit nya cpet balik..
BalasHapusatau suara nya cpet hilang..
Jelasin Rumus nya yg gampang di mengerti aja jgn rumit2 supaya org yg mau belajar dpt mengerti. Thanks
BalasHapusom mau tanya nih, teman saya punya vega kripton dia cuman pake seher 50, klep standar, noken as yang biasa tapi larinya lumayan, dari gigi 3 ama 4 RX king yang udah kencang lewat,
BalasHapusapa-nya tu gan yang di bikin larinya kencng katanya dapet paketan SURABAYA ... maksi gan
klep standar tpi bubut kn bisa,over lap agak di gedein,magnet bubutan sama pengapian besar
Hapusgear rasio juga ngaruh,
Tu crypton mungkin udah make daleman sonik nokenas ramping klep. Lebar n pengapian racing. Or mungkin malah udah stroke up
HapusOr mungkin tu rx king udah bau tanah cos kalo sma sama stanbdart. Kga mungkin beda cc jauh apa lagi kerja msin 2tak lebih pendek ktmbang 4tak
bro...kalau ring saf motor force1 di crom ada pengaruhnya kah bagi kekencangan motor??
BalasHapusboss ane punya motor honda 70,,teyuz ane jg punya carbu hijet 1000..kalo ane mau pasang tuh carbu bisa bikin motor ane kenceng gak ya..??cuma ane bingung pake manipul apa ya..??thx
BalasHapusga bisa....karbu bukn buat nambah kenceng motor,tpi buat nmbah nafas motor sma suplai bhn bakar lebih cepet
Hapusmotor semi rata" di sarankan pake karbu standar,kecuali ganti seker yang lebih besar dari seker asli baru karbu ngikut ganti
bos karbu n membran ap yg pas bwat jlan harian fizz ane...?
BalasHapuscdi perlu ganti racing jga ya biar imbang????
mksih om..
tergantu mesinnya....karbu standar aja,sama cdi standar
Hapusmembran pake yang fiber
mbukanya cepet nutup juga cepet
kalo yang almunium,buka cepet tpi nutup lama
bos saya punya rx 100,,mau saya buat drag,dibwat seker rx king kuat gg?? n klau biar kencang lagi diapain?????
BalasHapusapa msh ada cdix
BalasHapusKalo korek harian untuk mtor rgr apa ja yang drubah dan ukurannya brapa aja?
BalasHapusTerima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua
BalasHapusLawak smua
BalasHapusboz,q pny trail tp pkek mesin rx100..gmn crny biar bs melaju kencang n kuat di tanjakan..
BalasHapusSama nih ikut nyaimak
Hapusboss,
BalasHapusakku punya rx 100,sudah pake cdi rc,,
kemaren magnet waktu takk bongkar lupa topnya,cz sudahh gagg digunakan spi nyaa
numpang taya saya punya motor rx sepesial tahun 94 tapi motornya tidak bisalari padahal sudah gaspol.. karbu,kapaskopling ,pengapian dalam keadaan baik,,,
BalasHapusgimana caranya biar motor rx s saya kenceng larinya dan berapa biayanya,...
makasih..
akok mas brooo...... ni q punya force 1 aq beli di modif motor crossss,keluhan karbu standar, cmn ganti spuyer ,nalpot dah bobokan.dalam keadaan netral gas di pelintir enaknya minta ampun, tp stelah digeber kira 0'5km. sperti telat bensin.di buat diam 0'5menit enak lagi,pdahal bensin d karbu di seting tinggi ,malah kadang banjir,aliran bensin ke tangki ngocor banget,,,,,puyeng ni penyebabnya apaan yaaaa ,,,, mana ni obat sakit kpalaaaaaaa
BalasHapustop d mahnet tdk pas..
Hapusboss ,..ane punya f1z thn 2000 nie seher udah oversize 150 karbu ori ,klo d bawa lari kaya yg tersendat- sendat .kira kira apanya boss tolng dong d bantu??
BalasHapusBoleh tanya gak bos. . .bagi yang tahu tolong komen ya. . .kenapa ya motor RXZ 135 pakek karbu PE main jet 62 dan pilot jet 138 . . .pas di tengah tanaganya tersendat sendat. . .kalau kasih saran buat saya. .
BalasHapusbang force 1 saya kalo ganti piston rxs os 50 sama porting cc nya tambah nggak ya
BalasHapusPak kalo rx 100 mau di tune up apa aja yang harus di lakuin
BalasHapusPak gimana cara menambah cc rx100 biar agak garang..?
BalasHapusBos tolong pencerahanya saya punya yamaha alfa piston mau ganti fizr, apa saja yg harus di ubah.
BalasHapusMaaf, penasaran pengen tau,..
BalasHapusApakah bak kopling dan bak magnet rx king bisa dipasang ke mesin rx 100..?