Busi selalu basah, sudah diganti tetapi setelah dipakai baru beberapa hari atau bahkan beberapa jam sudah basah motor macet sehingga busi harus dibersihkan dulu atau diganti.
Hal itu dapat terjadi karena beberapa sebab :
1. Bahan bakar yang kotor
Artinya bensin yang digunakan mungkin bercampur dengan oli atau minyak, atau mungkin mengisi bahan bakar disembarangan tempat, yang tidak menjamin kemurnian bahan bakar / bensin.
2. Karburator Kotor
Karburator kotor juga dapat menyebabkan busi cepat kotor, solusinya segera service motor Anda dibengkel langganan
3. Oli bocor
Kebocoran Oli bisa saja masuk ketempat saluran bensin sehingga pembakaran tidak sempurna dan menyebabkan busi kotor dan motor menjadi mogok.
4. Kondisi mesin
Busi basah terus juga bisa disebabkan oleh seher yang harus diganti atau bagian mesin ada yang rusak. Solusinya lakukan service besar.
tambahan :
BalasHapusbiasanya ganti pilot jet kebesaran.... (pengalaman)
Motor saya Supercup 800. Kasus nya kayak gini;
BalasHapus1. Pada waktu pertama di hidupkan, motor menyala normal, dan dari suara tidak ada hal yang aneh
2. Baru setelah dipakai kira-kira 500 meter, timbul suara letupan dari knalpot dan tarikan gas melemah kemudian mati.
3. Saya cek busi, lalu saya bersihkan. Motor nyala lagi, tapi suara letupan tidak hilang.
4. Sampai dirumah, saya buka karburator dan saya bersihkan.
5. Motor nyala, tapi suara letupan tidak hilang. Kasusnya kembali Gas melemah dan motor mati.
Kira-kira apa solusinya?
beLi motor baru ..
Hapuspacking knalpot gak rata alias bocor
HapusKarburator.y distel stasioner..
HapusPercikan busi yg tdk stabil jug bsa...
CDI mu dah mau koit tuh.
Hapusbuat admin...salam kenal ..saya punya motor agak tua...yaitu yamaha alfa 2R...udah kadung sayang jadi tetep saya pakai...cuma akhir2 ini sehabis servis 2 bulan yang lalu jadi boros dan karburator berembun...saya dah 4 kali kebengkel tapi masih saja berembun...spuyer dah ganti yang baru semua/standar..koil dan pengapian dah diberesin...dll..sampai stress...uang banyak keluar tapi gak beres2...ada saran ganti pilot jet..tapi ganti ukuran berapa..saya sendiri gak tahu ukuran standar alfa...terimakasih atas bantuannya...saya wong pemalang juga lho mas..
BalasHapuscoba ganti busa filter udaranya ,,,atau lepas sekalian busanya
Hapussaya punya kawasaki kaze 95. sebelum motor saya cuci pake air, mesin motor tidak ada masalah.setelah saya cuci, selang 1 hari motor saya hidupkan tidak mau hidup,..setelah saya bongkar karbunya utk dibersihkan, masih saja susah hidupnya. esok paginya saya coba lagi, dan ternyata mesin motor bisa hidup, lalu saya biarkan mesin hidup kurang lebih 3 menit, setelah itu saya matikan. Setelahnya hampir satu jam saya hidupkan lagi mesinnya ternyata susah tdk mau hidup lg. bagaimana cara mengatasinya? apa penyebabnya? mohon saran dan bantuannya mas, terima kasih sebelumnya.
BalasHapusitu tanda nya motor bpak jangan sering di mandikan kan,karna dia masuk anginan.. beli obat pilek di bengkel terdekat pak
Hapusmotor saya yamah rx-king tahun 1992
BalasHapustp selalu mengalami mati busi
dan sya ingin membuat motor saya ini menjadi lbh kencang dan irit bbm
pa yg harus di ganti dan harus di perhatikan
mohon petunjuk ny mas
trima kasih
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusmotor saya RX KING tahun 2007,tp businya sll basah hitam kyk ada olinya,jd tiap 2-3 hari ganti busi.udah brkali2 di servis,tp msh sj bgitu,sya sll ngisi bensin di pom pertamina resmi,solusinya gmn bang??MOHON INFONYA YAK...
BalasHapussebelumnya saya ucapkan terima kasih...
Coba ganti sel bandulan sebelah kanan,,,kemungkinan oli mesin slip masuk ke ruang bakar
Hapustolong jawabannya dikirim ke emailku bang...
BalasHapuskonci80@gmail,com
ok
BalasHapusmohon komennya donk,,,,,,saya punya pio z thn 2006,,masalahnya sama seperti yg lain busi hitam, gas gak langsam,terus knalpot ngebul,seher udah naik 50,kem udah di cubit 0.5 tp karbu stardar,,,, apa ada solusi yg lain? tolong di jelaskan apa solusinya ? thank's,,,,,,,,
BalasHapusbusi basah karna oli tapi knalpot nya gak berasap, apa ya penyebabnya? mohon petunjuknya mas, terima kasih.
BalasHapusMotor saya Supercup 800. Kasus nya kayak gini;
BalasHapus1. Pada waktu pertama di hidupkan, motor menyala normal, dan dari suara tidak ada hal yang aneh
2. Baru setelah dipakai kira-kira 500 meter, timbul suara letupan dari knalpot dan tarikan gas melemah kemudian mati.
3. Saya cek busi, lalu saya bersihkan. Motor nyala lagi, tapi suara letupan tidak hilang.
4. Sampai dirumah, saya buka karburator dan saya bersihkan.
5. Motor nyala, tapi suara letupan tidak hilang. Kasusnya kembali Gas melemah dan motor mati.
Kira-kira apa solusinya?
Jawaban Untuk Bapak kurniawan:
Jual Murah saja atau Dikilo pak di besi tua
Spul jalannya loyo...
Hapusbanyak faktor. diantaranya:
Hapus1. busi sudah mau mati
2. coil
3. cdi
4. spool / pulser
coba cek satu2... atau kebengkel terdekat
busi sering basah karena adanya kebocoron oli pada seher atau kemungkinan setelan karbunya terlalu boros...!!
BalasHapusjika kasus yang dialami anonim...coba cek karburatornya bersihkan pilot jet n main jetnya ....!!ty
Dari pada ganti onderdil macam-macem harganya mahal, mending jual untuk uang muka suzuki NEX, 1 Juta angsuran 600 rb 4 tahun, aman bebas macet hemat lagi 1:80km kondisi normal. 600 rb/30 hari sehari sewa motor 20 ribu, murah kan. Apa ada sewa motor semurah itu gan..? dibali aja sehari 25 ribu, itu juga tidak bisa kita miliki... berpikir cerdas ga,, OK
BalasHapusmotor mio saya tidak bisa hidup setelah di cuci ??
BalasHapusmohon komenya
saya punya alfa gan.. sudah tiga bulan nongkrong di rumah rusak pengapianya, bisa hidup cuma sebentar trus mati'' di cek businya mati. kira2 apanya ya gan?????
BalasHapusjangan beli produk honda apalagi blade dan revo itu produk gagal terbukti banyak keuntungan yang diproleh tutama kita harus sering beli busi
BalasHapusKo Krass....
BalasHapussaya gk punya mtor, mau beli gk pya dwt, mau nyuri tkt d gebugn,
BalasHapusgmana solusinya gan?
Bunuh diri aje lu
Hapuskalo gue motorku gak bs terbang napa ya?
BalasHapusMentang2 bapamu punya pomp bensin!ampe boros segala tuh bensin,
BalasHapusmotor tiger saya d kick stater gak nyala2,,,karbu udah bener,,busi baru ganti,,bensin full tang...,ada yg bilang karna gak ada oli nya.,..apa itu ngaruh??
BalasHapusMotor ana ninja RR... Kalau pagi qoq sush x hidupnyaa... Trus ana bongkar businya ternyats bsah.. Ada air warna hitam kental.... Apa penyebabnya Dan apa solusinya?
BalasHapusMotor ana ninja RR... Kalau pagi qoq sush x hidupnyaa... Trus ana bongkar businya ternyats bsah.. Ada air warna hitam kental.... Apa penyebabnya Dan apa solusinya?
BalasHapusMaaf om,tolong di bantu..
BalasHapusSaya punya satria 2tak.
Motor saya setia pagi/gk di gunakan selalu mati.
Padahal baru ganti cdi,koil,ama sepul,aki.
Tetapi masih tetap mati.
Ada yg kasih tau,oli mesin masuk ke busi jadi'a busi sering basah oli/kotor.
TOLONG COMENT'a..
Om" semua.
Harus pake pamfres pak biar gk basah busi motornya
BalasHapusmotor gua ninja r 2013 gan ,
BalasHapus1 bln yang lalu gua ganti knalpot sma pilot jet , pilotnya naik jadi 50 awalnya 45 .
nah 1 bln ini gua udah ganti busi 2 kali , terus businya basah mulu ,,,
solusinya gmana nih gan ??
Ganti aje businya pake wortel.. Kan pas tuh ukuran lobangnya
BalasHapusMongtor canggih kok busi ne lemah sahwat.. Hadeeeehhh..
BalasHapusGan minta sarannya motor jup mx 2013 busi sellu basah trus mtor gak mau nyala sblumnya nyala tapi karbu ngga nglangsam trus mtor mati mohon bantuan gan
BalasHapusGan minta solusiny motar sugun saya di bagian businy selalu basah akibatny motar saya mogok tidak bisa nyala mohn di bantu gan trimakasih gan
BalasHapusBakar
Hapus