Sekarang kebanyakan dari kita lebih suka mengendarai sepeda motor karena lebih praktis untuk dikendarai. Namun motor yang kita kendarai seringkali bensinnya makin lama makin boros, untuk mengatasinya di sini ada beberapa tips yang bisa bikin motor kamu bensinnya tidak boros saat dikendarai. Berikut tips-tips agar bensin motor tidak boros dan tetap irit
1. Setel Klep
Celah klep terlalu longgar atau rapat bisa bikin tenaga mesin turun.
Pengendara pun cenderung membetot gas lebih dalam demi meraih akselerasi
cepat, tentu efeknya, Bensin banyak terpakai, untuk itu, kerenggangan komponen
ini kudu disetel tepat sesuai spesifikasi motor masing-masing.
2. Setel Kopling
kalu kamu mau menyetel kopling, pastikan stelanya jangan sampai terlalu sensitif. Maksudnya, saat tuas kopling
ditekan, gigitan kampas kopling jadi cepat ngelos. Ini akan membuat
kopling mudah selip saat gas di pelintir, otomatis lari motor pun jadi tertahan,
tapi putaran mesin meninggi. Selain itu, pastikan pula kondisi kampas
kopling masih berperforma baik. bisa sudah tipis/aus segeralah ganti
baru.
3. Busi
Umur kerja busi, efektifnya sampai jarak tempuh 6.000-7.000KM. Lebih
dari itu, performa busi mulai menurun. Hasil pembakaran di ruang bakar
juga ngedrop, alhasil pemakaian Bensinpun jadi boros, sebab campuran gas
jadi tak terbakar dengan sempurna, tenaga mesin pun loyo. Bila
umur busi masih efektif, rajinlah dibersihkan saat servis rutin, sebab
bila elektroda busi sampai diselimuti kerak, bisa menurunkan kualitas
percikan busi. Selain itu, atur pula kerenggangan elektroda busi sesuai
spesifikasi yg di anjurkan.
4. Filter Udara
Filter jenis viscous element tak boleh di bersihkan atau disemprot angin
bertekanan. sebab akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap
debu di dalamnya. Bila tampak kotor harus diganti baru.tapi yg berbahan
busa,masih bisa dicuci. Selain menghemat konsumsi Bensin, tarikan motor pun
jauh lebih enteng.
image source:poir.com
5. Servis/Setel Karburator (tidak berlaku untuk injeksi).
di anjurkan tiap kali servis rutin dilakukan setel karburaktor guna menghindari spuyer atau saluran
bensin tersumbat kotoran. jadi akan selalu didapat efek pengabutan bahan
bakar yg sempurna. selain itu, setelan ketinggian pelampung, sekrup
udara atau pilot air screw juga sangat mempengaruhi hasil pembakaran
mesin. Bila dilakukan tepat, dapat memperbaiki power mesin hingga 0,5dk
dan tentu berdampak bikin irit konsumsi Bensin.
6. Menaikan Kompresi.
Penaikan kompresi ini langkah meningkatkan torsi mesin di putaran bawah, jadi saat
berakselerasi awal, tidak perlu buka gas terlalu dalam, bensin pun jadi irit.
Tentu proses peninggian kompresi mesin tak ekstrem harus papas head,
melainkan cukup mengurangi ketebalan paking atau mengganti pistone
berdome tinggi.
7. Upgrade Sistem Pendinginan
Stabilitas suhu mesin sangat mempengaruhi performa dapur pacu. makanya, dicoba dengan memasang oil cooler. Untuk motor penganut sistem pendingin cair, bila ingin suhu radiator dan
mesin tetap terjaga ideal saat motor terjebak macet, bisa menambahkan
kipas pendingin.
Upgrade mesin ditujukan buat motor berjam terbang tinggi, sebab komponen
bergerak di dalam mesin pasti banyak yang aus. Misal ring piston lemah,
clearence piston sudah terlalu longgar dan lainnya, cukup mengembalikan
kepresisian komponen itu jadi normal lagi, maka selain tenaga mesin
meningkat, pemakaian Bensin juga lebih irit.
8. Cek Tekanan Ban
Hal ini terlihat sepele, tapi besar manfaatnya dalam menghemat konsumsi Bensin. Karena kalau
tekanan angin kurang, dapat menimbulkan keborosan Bensin 10-15%. Jadi
pastikan tekanan ban di motor kesayangan selalu tepat sebelum
mengendarainya.
9. Cek Kondisi Roda
Selalu cek kondisi Roda sepeda motor kamu, contoh dari kelurusan putaran, kelancaran putaran roda dan lainnya.
Sebab apabila putaran roda berat atau tak presisi, jelas akan
memperlambat laju motor. Pemicunya pelek tidak center(speleng), bearing
roda aus atau kurang pelumasan dan sebagainya.
10. Atur Jarak Main Rem.
Apabila rem sampai menempel, tentu akan bikin lari motor jadi berat.
sehingga pemakaian bensin tidak sesuai sama jarak tempuh motor. Untuk itu,
atur jarak main tuas rem motor baik depan maupun belakang minimal 1/3 dr
jarak main tuas secara keseluruhan. Jangan telalu rapat, karena
dikhawatirkan kampas rem jadi menempel.
11. Pelumas
Daya lumas oli yg baik mampu membuat kitiran mesin lebih enteng serta
dapat menjaga kompresi di ruang bakar sempurna. Ini akan menciptakan
power mesin lebih optimal, sehingga lari motor lebih cepat (jarak tempuh
jauh), namun bensin hemat. Ingat pengantian oli secara rutin dan tak
melebihi batas servis yang di anjurkan (tiap 2.000-2.500KM) akan membuat
performa mesin selalu segar dan putaran yang lancar.
Tidak haram jika mau aplikasi “part” pengirit bensin kayak: power FX
-femax-ring bensin dan sebagainya. Sebab berdasarkan hasil riset, “part”
itu memang terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga 10%.
13. Upgrade Pengapian
Busi berperan penting bagi tenaga mesin. Ada beberapa cara untuk
meningkatkan kualitas percikannya. Contoh adopsi peranti pengapian
berspesifikasi high performance macam booster koil atau koil racing.
Langkan ini sudah di buktikan mampu membuat irit konsumsi Bensin di motor.
14. CDI Racing (tidak berlaku untuk ECU)
Mengingkatkan power mesin sekaligus ngirit bensin, lewat mengatur ulang
timing pengapian. Umumnya dibikin lebih maju dari timing standartnya.
Paling gampang, ganti otak pengapian dengan CDI tipe racing. Penerapan
langkah ini dapat mengefisiensikan pemakaian Bensin hingga 15% lo.
15. Ringankan Beban Motor.
Motor yg berat bikin lari ikut berat. Pengendara jadi sering memilintir
gas dalam saat mau berakselerasi cepat. Jadi, sebaiknya hindari
pemakaian aksesoris berlebihan yang dapat membuat bobot motor bertambah.
Gunakan variasi yang berbobot enteng/ringan. Misal pelek alumunium,
swing arm dan sebagainya.
16. Gunakan BBM Sesuai Karakter Motor.
Bila misalnya motor kamu hanya perlu menggunakan Bensin dari jenis premium,
tak perlu kamu ganti dengan pertamax atau pertamax plus hanya dengan
keyakinan motor bakal berlari lebih kencang. Pabrik sebetulnya telah
membuat komposisi paling ideal antara tipe mesin dengan jenis Bensin.
Untuk contoh di atas, memang motor ber-bensin premium akan lebih kencang
bila diberi pertamax. Tapi, itu akan membuat motor bersangkutan
mengonsumsi Bensin lebih banyak (yang pasti harganya lebih mahal). Demikian
pula sebaliknya. kalau motor memang direkomendasikan harus menggunakan
pertamax, jangan menurunkan kualitas dengan memakai Bensn premium. Selain
akan membuat mesin ngelitik, penurunan spesifikasi bensin yang digunakan
justru akan membuat motor boros.
Ini adalah cara paling simple.
Coba untuk duduk sedikit lebih kedepan dari posisi duduk awal ini
berpengaruh pada sok belakang dan membuat motor lebih ringan dan
tentunya lebih irit.
18. Cara Berkendara
Kesemua cara ngiritin Bensin ini akan percuma bila tak dibarengi cara
berkendara yang benar. Jika kamu masih suka kebut-kebutan, sering
memblayer gas saat motor berhenti, sering main selip kopling dan
lainnya. Sebaiknya, jalankan motor dengan kalem, mengurut gas
perlahan-lahan waktu berakselerasi, memposisikan perseneling pada
kondisi kecepatan dan putaran mesin yg pas, dijamin konsumsi Bensin motor
akan jauh lebih irit.
mau motor irit dan mesin terawat ??
BalasHapuspakai aja HAPPY SHELL, cairan penghemat BBM, merubah premium menjadi pertamax dg cara menaikan angka oktan premium
gak usah ragu, sudah teruji di NANOTECH dan sdah masuk di 2 majalah otomotif ternama (OTOSPEED dan MOTOSPORT)
info
http://pulsaharian.com/happy-shell-cairan-penghemat-bahan-bakar
085735825529
izin share. kami memiliki artikel yang lebih lengkap yang bisa dilihat disini: Penyebab Motor Boros Bensin dan Cara Ampuh Mengatasinya.
HapusSemoga bermanfaat. :)
Mau irit bensin 30 %, Tarikan enteng, Tidak merusak Mesin, Terbuat dari Bahan Herbal, Aman & SUDAH TERBUKTI. hanya Rp 75.000 untuk 100 liter
BalasHapuswww.dexon1powerduos.com/?id=arysubarkah
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapustempel aja kartu nano di tangki... cukup 75rb perak bisa pakai 2 - 3 thn. simpel banget// silahkan lihat di www.facebook.com/penghemat.bbm
BalasHapusTeeima kasih gan. Bingung juga begitu banyak tipnya karena bukan anak teknik mesin tapi elektro.
BalasHapusHttp://mysaifuddin.blogspot.com
Okay Bos gpp saling sharing aja
BalasHapuspakai tekhnologi injeksi dari Honda lebih irit
BalasHapus