Mengganti CDI Jupiter MX

Sayang, tenaga mesin Yamaha Jupiter MX135 LC belum keluar semua. Seperti dibatasi. Sebab CDI dilengkapi limiter. Akibatnya, baru sepertiga putaran gas, mesin langsung mbrebet. Ini dirasakan Em-Plus sebagai wartawan pertama yang ngetes bebek 135 cc itu di seputaran pabrik selesai launching.

Sampai di tangan konsumen juga mbrebet. Kalau nggak percaya monggo pelintir gas abis. Rasakan dan cermati, irama 4 nada gasingan mesin langsung nggak teratur. Mbrebet.

Cara paling gampang ganti CDI racing. Seperti buatan BRT (Bintang Racing Tim) from Cibinong. Atau pilihan lain CDI Lampung buatan Rendy Yusticia.

Ukuran peranti pengatur timing pengapian Jupiter MX lumayan besar. Sebab menyatu bareng sensor extra fan (kipas radiator). "Makanya ada dua soket di CDI. Soket pertama besar, terhubung ke CDI. Serta soket kecil ke sensor kipas," jelas Tomy Huang, penemu CDI Cibinong.

Lepas soket besar (gbr. 1). Dari kabel bisa dicangkok pakai kabel dari soket CDI milik Jupiter-Z. Soket CDI Jupie ini bisa dibeli di toko onderdil. Atau kalau kepalang tanggung beli kabel bodi imitasi. Paling mahal Rp 40 ribu. Cukup ambil soket CDI-nya saja.

Cangkok ke kabel soket Jupiter MX. Oranye (koil) ketemu oranye. Putih (pulser) ketemu putih. Cokelat (setrum) ketemu cokelat. Hitam (masa) ketemu hitam. Satu lagi, merah (masa Jupiter) ketemu hitam setrip biru di kabel soket Jupiter MX. Beres.

Tinggal hasil cangkokan itu diisolasi agar aman. Disusul pasang CDI baru di soket baru. Silakan coba. Namun jangan kaget bila lampu indikator suhu enggak fungsi. Lainnya fungsi normal, seperti kipas tetap jalan jika mesin sudah panas.

Ada lagi yang dikorbankan, sensor di karburator agar irit bensin tidak bekerja. Namun sebanding dengan hasilnya. Pakai CDI racing putaran mesin lepas dan keluar semua. Power mesin terdongkrak jauh.

by arizal_kaza
source : www.wattpad.com

36 komentar:

  1. nama saya adam

    w ada jupi mx dirumah...

    mau di bikin kebut,tpi gtw cr.a gmna...

    tolong ksh tw w di

    lizardiumzone.blogspot.com

    BalasHapus
  2. SAYA PUNYA DANA 1JUTA, SAYA MAU BUAT MX DRAG HARIAN, apa yang saya akan beli sudah bagus ?
    barang yang saya akan beli :
    1. CDI BRT DUALBAND
    2. KARBURATOR PE 28
    3. KNALPOT HAND MADE'

    APA ITU BISA BUAT MOTOR SAYA LEBIH NGACIR, MOHON BANTU SAYA >

    BalasHapus
  3. cdi brt neo dual band, kampas kompling kharisma/tdr tiger, busi iridium, pilot 22.5 main 120 itu aj saran'ku wat mx

    BalasHapus
  4. memakai cdi varro. kampas kompling.per kopling. busi iridium. pilot 22.5 main 120 itu aj saran'ku wat mx

    BalasHapus
  5. mas ak mw tanya aku py cdi brt dual band jupe mx,mw aku pasang d vega zr,udah aku sambung,tp cuma lampu indikator d cdi hidup tp kabel koil gk kluar strumnya,,apa ak slh penyambungan ,,mohon solusinya

    BalasHapus
  6. numpang tanya ne
    kalo cdi mx di double dengan cdi jupiter z lawas
    power sama spontan nya kliatan bertambah gak teman2 ???
    mohon info nya

    BalasHapus
  7. mohon pencerah gan, ane mau tambah kecepatan Mx ane.
    ap saja yg ane perlu beli gan?

    BalasHapus
  8. sya add motor jupi Mx di pdang motor saya cc nya masih 185 cc mau di bikin nya 200 cc . gmna cara nya mau di buat 200 cc ,blok udach sya gnti,cdi,garbu mp28,ngk tau lgi achh cranya mau app,n di ganti lagi tolong bagi cara nya .

    NAMA :MUHAMMAD IQBAL
    ALAMAT:PADANG NO O4 RT 01 RW 01
    TOLONG BAGI INSPIRASI NYA

    BalasHapus
  9. di garap lagi gan,bla perlu pake klep toyota camry.

    BalasHapus
  10. kalo cuman ganti cdi brt dualband aja pada jupie mx, ada yg perlu di set lg gak mass, koil, karbu ato yg lainnya??
    moon pencerahannya

    BalasHapus
  11. Mas kalaw cdi nya udah di caNgkok,karbu nya ganti apa nggak?atau pke karbu stndar nya aja??? Bls ya.
    Mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enakan pakai karbu rx king maz.....punyaku tembus 120 an lah.enak buat nyalip nyalip getakan dapet lebih irit dkit ketimbang karbu bwaan...

      Hapus
  12. Info tentang CDI motor di jupiter mx sangat membantu mas..
    ada nggak mas alternatif Cdi lainnya.? dengan harga yg lbh murah dan kualitas setara. thanks

    BalasHapus
  13. Maaf,ku pnya jupi mx ni.minta masukan dari tman2 klo CDI jupi mx dgnti ma CDI sugun bisa gak...??

    BalasHapus
  14. Maaf,ku pnya jupi mx ni.minta masukan dari tman2 klo CDI jupi mx dgnti ma CDI sugun bisa gak...??

    BalasHapus
  15. klo buat beat bsa gak ea klo aplikasi cangkok cdi,?? klo bsa d'cangkok pkai cdi ap,??
    Tolong infonya

    BalasHapus
  16. mau tanya gan ,
    kalau cdi mx 2006 di ganti cdi shogun 110 bemasalah gak ya gan ??

    BalasHapus
  17. Mas saya mau nanyak...
    Motor saya vega kripton
    Saya mau pakai sdi mx brt
    Apa bisa mas

    BalasHapus
  18. Mas saya ngerubah cdi mx lama ke cdi vega 4 st gimana

    BalasHapus
  19. Gan sy punya cdi brt thunder 250 hyperband tp sy mau pasang di jupiter mx.. cuma kabelnya sy masih bingung.. soalnya cdi brt thundernya yg msh pake kabel bukan songket langsung.. tolong pencerahannya bosqu..

    BalasHapus
  20. Mas aku mau tanyak ni aku punnya motor mk ni ku bikin tutalos tapi cdinya power max dabel ban cara sambung kabelnya gimana ya mas

    BalasHapus
  21. Mau tanya nih bos...kalo CD1 mio sama jupiter MX sama ga ya...

    BalasHapus
  22. Mau nanya nih boss mx new saya, kmarin saya ganti pake cdi mio tapi kok tarikannya terasa berat ya boss itu apanya ya

    BalasHapus
  23. Jupiter MX bisa ga pake CDI karisma? Info???

    BalasHapus