Cara Agar Motor Larinya lebih Kencang

Seringkali motor yang kita kendarai larinya masih kurang kencang. untuk membuat motor kita bisa lari lebih kencang sekarang kita tidak perlu pusing karena ada beberapa tips sederhana untuk membuat motor kita larinya lebih kencang dan gesit yang bisa kita lakukan, berikut beberapa tips jitu agar motor kita bisa berlari lebih kencang:

imagesource:iwanbanaran.com




 1. Roda Gigi.
Agar kecepatan sepeda motor bertambah pada tenaga mesin yang sama, roda gigi belakang harus diganti dengan ukuran diameter yang lebih kecil, jika roda gigi diganti dengan yang lebih kecil tentu saja panjang rantai roda juga harus dikurangi dan disetel. sehingga motor anda akan melaju lebih cepat dan seimbang.

2. Piston.
Anda harus mengurangi berat piston sehingga tenaga motor meningkat karena tenaga yang hilang untuk melawan berat piston. Untuk mengurangi berat piston, Anda bisa memotong bagian bawah dari piston, besarnya bagian yang dipotong tersebut sudah tertentu (pasti) dan tiap sepeda motor tidak sama.

3. Kepala Silinder.
Kompresi ruang bahan bakar sangat menentukan tenaga yang dihasilkan. Prinsipnya, semakin tinggi kompresi bahan bakar semakin besar tenaga yang dihasilkan. Untuk mempertinggi kompresi ruang bakar dapat dilakukan dengan mengurangi volume ruang bakar. Pada sepeda motor umumnya, hal ini dilakukan dengan menggerinda kepala silinder sehingga ruang bakar berkurang dan kompresinya meningkat. ini akan membuat tenaga yang dihasilkan semakin meningkat dan otomatis motor bisa melaju lebih kencang.

4. Lubang Pembilasan.
Jumlah gas baru campuran bensin dan udara yang dimasukkan ke ruang bakar sangat menentukan tenaga motor yang dihasilkan. Semakin banyak gas yang dimasukkan berarti kepadatan gas semakin tinggi sehingga tekanan kompresi naik dan pembakaran lebih baik. Untuk mencapai hal itu, lubang pembilasan (pemasukkan) diperluas agar jumlah gas baru yang masuk lebih banyak. Perluasan lubang bilas tersebut harus tetap pada batas-batas tertentu dan disertai pula modifikasi di bagian lain. Jika hal itu tidak dilakukan maka motor bukannya bertambah tenaganya, tapi justru menjadi rusak.

5. Sistem Kelistrikan.
Tenaga listrik pada motor kebanyakan 6 volt. Tegangan tersebut dapat diubah menjadi 12 volt dengan mengubah system kelistrikannya. Dengan tegangan 12 volt, lampu-lampu menjadi lebih terang, klakson menjadi lebih keras dan bunga api busi menjadi lebih besar. ini akan membuat motor semakin lebih bagus perfomancenya.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat bagi anda.
sumber:otomotifmodifikasi.com

Cara Agar Bensin Motor Tidak Boros dan Tetap Irit

 Sekarang kebanyakan dari kita lebih suka mengendarai sepeda motor karena lebih praktis untuk dikendarai. Namun motor yang kita kendarai seringkali bensinnya makin lama makin boros, untuk mengatasinya di sini ada beberapa tips yang bisa bikin motor kamu bensinnya tidak boros saat dikendarai. Berikut tips-tips agar bensin motor tidak boros dan tetap irit

1.      Setel Klep
Celah klep terlalu longgar atau rapat bisa bikin tenaga mesin turun. Pengendara pun cenderung membetot gas lebih dalam demi meraih akselerasi cepat, tentu efeknya, Bensin banyak terpakai, untuk itu, kerenggangan komponen ini kudu disetel tepat sesuai spesifikasi motor masing-masing.
2.      Setel Kopling
kalu kamu mau menyetel kopling, pastikan stelanya jangan sampai terlalu sensitif. Maksudnya, saat tuas kopling ditekan, gigitan kampas kopling jadi cepat ngelos. Ini akan membuat kopling mudah selip saat gas di pelintir, otomatis lari motor pun jadi tertahan, tapi putaran mesin meninggi. Selain itu, pastikan pula kondisi kampas kopling masih berperforma baik. bisa sudah tipis/aus segeralah ganti baru.
 
3.     Busi
Umur kerja busi, efektifnya sampai jarak tempuh 6.000-7.000KM. Lebih dari itu, performa busi mulai menurun. Hasil pembakaran di ruang bakar juga ngedrop, alhasil pemakaian Bensinpun jadi boros, sebab campuran gas jadi tak terbakar dengan sempurna, tenaga mesin pun loyo. Bila umur busi masih efektif, rajinlah dibersihkan saat servis rutin, sebab bila elektroda busi sampai diselimuti kerak, bisa menurunkan kualitas percikan busi. Selain itu, atur pula kerenggangan elektroda busi sesuai spesifikasi yg di anjurkan.
4.     Filter Udara
Filter jenis viscous element tak boleh di bersihkan atau disemprot angin bertekanan. sebab akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya. Bila tampak kotor harus diganti baru.tapi yg berbahan busa,masih bisa dicuci. Selain menghemat konsumsi Bensin, tarikan motor pun jauh lebih enteng.
image source:poir.com
5.      Servis/Setel Karburator (tidak berlaku untuk injeksi).
di anjurkan tiap kali servis rutin dilakukan setel karburaktor guna menghindari spuyer atau saluran bensin tersumbat kotoran. jadi akan selalu didapat efek pengabutan bahan bakar yg sempurna. selain itu, setelan ketinggian pelampung, sekrup udara atau pilot air screw juga sangat mempengaruhi hasil pembakaran mesin. Bila dilakukan tepat, dapat memperbaiki power mesin hingga 0,5dk dan tentu berdampak bikin irit konsumsi Bensin.
6.      Menaikan Kompresi.
Penaikan kompresi ini langkah meningkatkan torsi mesin di putaran bawah, jadi saat berakselerasi awal, tidak perlu buka gas terlalu dalam, bensin pun jadi irit. Tentu proses peninggian kompresi mesin tak ekstrem harus papas head, melainkan cukup mengurangi ketebalan paking atau mengganti pistone berdome tinggi.
7.    Upgrade Sistem Pendinginan
Stabilitas suhu mesin sangat mempengaruhi performa dapur pacu. makanya, dicoba dengan memasang oil cooler. Untuk motor penganut sistem pendingin cair, bila ingin suhu radiator dan mesin tetap terjaga ideal saat motor terjebak macet, bisa menambahkan kipas pendingin.
Upgrade mesin ditujukan buat motor berjam terbang tinggi, sebab komponen bergerak di dalam mesin pasti banyak yang aus. Misal ring piston lemah, clearence piston sudah terlalu longgar dan lainnya, cukup mengembalikan kepresisian komponen itu jadi normal lagi, maka selain tenaga mesin meningkat, pemakaian Bensin juga lebih irit.
 
8.     Cek Tekanan Ban
Hal ini terlihat sepele, tapi besar manfaatnya dalam menghemat konsumsi Bensin. Karena kalau tekanan angin kurang, dapat menimbulkan keborosan Bensin 10-15%. Jadi pastikan tekanan ban di motor kesayangan selalu tepat sebelum mengendarainya.
9.      Cek Kondisi Roda
Selalu cek kondisi Roda sepeda motor kamu, contoh dari kelurusan putaran, kelancaran putaran roda dan lainnya. Sebab apabila putaran roda berat atau tak presisi, jelas akan memperlambat laju motor. Pemicunya pelek tidak center(speleng), bearing roda aus atau kurang pelumasan dan sebagainya.
10.      Atur Jarak Main Rem.
Apabila rem sampai menempel, tentu akan bikin lari motor jadi berat. sehingga pemakaian bensin tidak sesuai sama jarak tempuh motor. Untuk itu, atur jarak main tuas rem motor baik depan maupun belakang minimal 1/3 dr jarak main tuas secara keseluruhan. Jangan telalu rapat, karena dikhawatirkan kampas rem jadi menempel.
11.      Pelumas
Daya lumas oli yg baik mampu membuat kitiran mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar sempurna. Ini akan menciptakan power mesin lebih optimal, sehingga lari motor lebih cepat (jarak tempuh jauh), namun bensin hemat. Ingat pengantian oli secara rutin dan tak melebihi batas servis yang di anjurkan (tiap 2.000-2.500KM) akan membuat performa mesin selalu segar dan putaran yang lancar.
12.    Pakai Fuel Saver
Tidak haram jika mau aplikasi “part” pengirit bensin kayak: power FX -femax-ring bensin dan sebagainya. Sebab berdasarkan hasil riset, “part” itu memang terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga 10%.
13.    Upgrade Pengapian
Busi berperan penting bagi tenaga mesin. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas percikannya. Contoh adopsi peranti pengapian berspesifikasi high performance macam booster koil atau koil racing. Langkan ini sudah di buktikan mampu membuat irit konsumsi Bensin di motor.
14.    CDI Racing (tidak berlaku untuk ECU)
Mengingkatkan power mesin sekaligus ngirit bensin, lewat mengatur ulang timing pengapian. Umumnya dibikin lebih maju dari timing standartnya. Paling gampang, ganti otak pengapian dengan CDI tipe racing. Penerapan langkah ini dapat mengefisiensikan pemakaian Bensin hingga 15% lo.
15.   Ringankan Beban Motor.
Motor yg berat bikin lari ikut berat. Pengendara jadi sering memilintir gas dalam saat mau berakselerasi cepat. Jadi, sebaiknya hindari pemakaian aksesoris berlebihan yang dapat membuat bobot motor bertambah. Gunakan variasi yang berbobot enteng/ringan. Misal pelek alumunium, swing arm dan sebagainya.
16.    Gunakan BBM Sesuai Karakter Motor.
Bila misalnya motor kamu hanya perlu menggunakan Bensin dari jenis premium, tak perlu kamu ganti dengan pertamax atau pertamax plus hanya dengan keyakinan motor bakal berlari lebih kencang. Pabrik sebetulnya telah membuat komposisi paling ideal antara tipe mesin dengan jenis Bensin.
Untuk contoh di atas, memang motor ber-bensin premium akan lebih kencang bila diberi pertamax. Tapi, itu akan membuat motor bersangkutan mengonsumsi Bensin lebih banyak (yang pasti harganya lebih mahal). Demikian pula sebaliknya. kalau motor memang direkomendasikan harus menggunakan pertamax, jangan menurunkan kualitas dengan memakai Bensn premium. Selain akan membuat mesin ngelitik, penurunan spesifikasi bensin yang digunakan justru akan membuat motor boros.
 
17. Posisi Duduk Anda
Ini adalah cara paling simple. Coba untuk duduk sedikit lebih kedepan dari posisi duduk awal ini berpengaruh pada sok belakang dan membuat motor lebih ringan dan tentunya lebih irit.
 
18.   Cara Berkendara
Kesemua cara ngiritin Bensin ini akan percuma bila tak dibarengi cara berkendara yang benar. Jika kamu masih suka kebut-kebutan, sering memblayer gas saat motor berhenti, sering main selip kopling dan lainnya. Sebaiknya, jalankan motor dengan kalem, mengurut gas perlahan-lahan waktu berakselerasi, memposisikan perseneling pada kondisi kecepatan dan putaran mesin yg pas, dijamin konsumsi Bensin motor akan jauh lebih irit.
 sumber:otopaper.com

Cara Merawat Cat Motor Agar Tetap Mengkilap

Siapa saja pasti ingin punya motor yang terlihat tetap mengkilap setiap saat, sehingga siapapun yang memandangnya akan tertarik dengan motor yang sedang kamu kendarai ini. Untuk mendapatkan warna cat motor agar tetap mengkilap diperlukan ketelatenan dalam merawatnya. Namun disini ada beberapa tips cara merawat cat motor yang sederhana dan praktis sehingga tidak perlu mengeluarkan tenaga ataupun biaya yang besar pula. berikut Tip-tips jitu untuk merawat cat motor agar tetap mengkilap :

1. Proses pencucian motor yang kurang baik dapat menimbulkan kerusakan pada cat motor, seperti penggunaan sabun untuk mencuci yang kurang cocok. Sabun colek atau detergent dibuat khusus untuk menghilangkan noda/kotoran pada kain sehingga kandungan zat-zat kimianya pastilah sangat keras dan bisa merusak cat motor. Selain itu sabun colek atau detergent juga sulit larut dalam air, sehingga sisa sabun yang terbawa sponge beresiko menyebabkan gores/lecet pada permukaan cat. Selalu gunakan shampoo motor ketika mencuci motor, karena zat-zat kimia yang digunakan telah disesuaikan agar tidak merusak warna cat.




image source: 4.bp.com


2.  Sehabis mencuci motor pastikan kamu mengeringkan motor kamu sampai ke bagian celah-celah motor, dan selalu gunakan chamois/kanebo yang bersih untuk mengeringkan motor agar permukaan cat tidak gores dan kering dengan sempurna karena proses pengeringan yang tidak sempurna juga dapat membuat cat motor kamu menjadi rusak, bercak air yang tertinggal bisa menyebabkan timbulnya noda air dan jamur yang nantinya sangat sulit untuk dihilangkan

3. Hindari parkir di area terbuka (tanpa atap) dalam waktu yang lama, karena terik sinar matahari, air hujan, dan embun bisa membuat warna cat motor kamu menjadi kusam dan bisa menimbulkan karat pada bagian motor yang terbuat dari logam. Hal tersebut bisa kamu atasi dengan cara menutupi motor menggunakan sarung motor atau terpal khusus bila sedang parkir di area terbuka dalam waktu yang cukup lama.

4. Janganlah terlalu sering mengunakan cairan khusus untuk mengkilapkan body motor, bila terlalu sering lama-kelamaan lapisan cat pada body motor kamu akan terkikis sehingga warna cat akan menjadi pudar atau luntur.

5. Pemasangan stiker motor yang berlebihan sebenarnya juga kurang baik untuk cat motor kita. Ketika stiker tersebut dicopot atau terlepas, lapisan pelindung cat pada body motor akan ikut terlepas dan bekasnya akan jelas terlihat pada body motor kita.




Untuk mendapatkan motor yang mengkilap gak perlu susah-susah kan, hanya dengan sedikit ketelatenan kamu bisa dapetin motor yang selalu mengkilap setiap saat.


sumber:vega115cc.com


Motor Terlaris 2012 Terbaru

Penjualan sepeda motor di indonesia setiap tahunnya semakin meningkat. Sepeda motor yang terlaris di tahun 2012 diduduki oleh beberapa merk terkenal di indonesia, Lantas apa saja sepeda motor yang paling terlaris tahun  2012?

Ternyata, Honda BeAT Series yang menjadi kampium tahun lalu. Hadirnya BeAT di posisi pertama daftar 10 motor terlaris di Indonesia ini berarti mendepak rivalnya, Yamaha Mio Series yang di tahun 2011 mendapatkannya.

Namun, meski Honda berhasil menempatkan produknya dalam daftar 10 motor terlaris di Indonesia pada 2012, untuk urusan jumlah penjualan di daftar itu, Honda ternyata masih kalah dengan Yamaha.

Pada daftar 10 motor terlaris di Indonesia di 2012, Honda menempatkan 4 wakilnya sementara Yamaha mampu membuat 5 produknya masuk daftar 10 motor terlaris di Indonesia. Dominasi keduanya tampak jelas di daftar ini. Hanya satu model merek lain yang mampu masuk ke daftar ini yakni Suzuki Satria FU.

Perlu dicatat pula kalau tiga besar daftar 10 motor terlaris di Indonesia pada 2012 berhasil melewati angka penjualan 1 juta unit. Honda BeAT Series di 2012 terjual 1.466.185 unit.

Selain itu, Yamaha Mio Series yang berisi pasukan Mio model lama yang masih dijual hingga pertengahan tahun 2012, Mio Soul dan Mio Soul GT serta Mio J total berhasil terjual sebanyak 1.085.137 dan tipis di bawahnya ada Honda Vario Series yang terjual 1.079.943 unit.
 


Kalian Mau tahu motor apa saja yang menjadi motor terlaris di Indonesia pada tahun 2012? Berikut 10 motor terlaris di Indonesia di tahun 2012:

1. Honda BeAT Series: 1.466.185 unit
2. Yamaha Mio Series: 1.085.137
3. Honda Vario Series 1.079.943 unit
4. Honda Supra Series 526.294 unit
5. Honda Revo Series 363.599 unit
6. Yamaha V-Ixion: 320.444
7. Yamaha Jupiter MX: 274.128
8. Yamaha Vega: 248.311
9. Suzuki Satria FU: 248.277
10. Yamaha Jupiter Z: 202.022

Sumber: detik.com

Cara Menyetel klep Sepeda Motor Honda

Bagaimana sih cara nyetel kelep motor kita sendiri, disini dibahas cara menyetel kelep motor honda, semoga bermanfaat,
 
 
Berikut ini ditulis secara ringkas cara cara yang tepat menyetel klep pada Sepeda Motor Honda.
1. Persiapkan alat-alat antara lain;
  1. Obeng (-) besar
  2. Kunci T 17 (untuk motor Supra X 125/Kharisma)
  3. Kunci T 14 (untuk motor Supra Fit, Tiger)
  4. Ring 8-9 (untuk motor tipe bebek)
  5. Ring 10-11 (untuk motor tipe Sport)
  6. Ring 17 (untuk motor tipe Sport)
  7. Ring 24 (untuk motor tipe bebek)
  8. Fuller gauge 1set
  9. Valve Adjusting wrech (kunci klep)
2. Buka kedua tutup klep (In dan Ex) dengan menggunakan kunci Ring 17(tipe bebek) atau Kunci Ring 24(tipe Sport)
3. Awalnya posisikan agar kondisi valve bebas atau posisi piston pada Titik Mati Atas (TMA), dengan cara buka tutup magnet pada blok mesin kiri dengan menggunakan Obeng (-) besar (ada 2 buah ), pergunakan kunci Ring 14/17 untuk memutar poros engkol berlawanan dengan jarum jam.
4. Sambil memutar poros engkol, perhatikan pada saat valve In bergerak, lihat pada lubang kecil di blok magnet, posisikan tanda T pada garis lurus di lubang kecil blok magnet.
5. Kemudian pegang dan gerak-gerakkan kedua klep untuk memastikan keduanya sudah dalam posisi bebas.
6. Jika langkah diatas sudah benar, maka lakukan penyetelan valve dengan ukuran untuk tiap-tiap motor sbb;
  • Tipe Sport (Tiger,Mega Pro,GL Pro,Phantom) ukuran = 0,10mm (±0,01mm).
  • Tipe Bebek (Supra Fit, Grand, Legenda, Supra X, Win, GL 100) ukuran celah klep = 0,05mm (±0,01mm).
  • Tipe Bebek (Supra X 125, Kharisma, Kirana) ukuran celah klep = 0,03mm (±0,01mm)
  • Tipe Matik (Vario) ukuran celah klep ( Klep In : 0,15mm (±0,01mm) Klep Ex : 0,26mm (±0,01mm) )
Cara penyetelannya adalah, kendorkan mur pengikat tappet adjuster (baut stelan klep) dengan menggunakan Ring 8-9 / 10-11
7. Lalu letakkan Fuller gauge sesuai ukuran celah klep kedalam ujung batang klep, putar tappet adjuster(baut stelan klep) sampai terasa apabila fuller gauge di tarik terasa seret dan apabila didorong tidak bisa.
8. Kemudian keraskan lagi mur stelan klep dan cek ulang hasil stelan klep tadi, sampai hasilnya tepat, (bila fuller gauge terasa ditarik seret dan di dorong tidak bisa)
9. Tutup kembali semua komponen yang tadi dibuka kemudian rasakan hasilnya.
 
Sumber : ahass.wordpress.com
 
Dengan menyetel kelep diharapkan kendaraan dapat lebih enak dikendarai, wuz wuz wuz....
 
 

Trik Memanasin Motor

Memanasin motor adalah hal yang biasa sebelum menjalankan motor, namun ada juga yang langsung ngeng... gak pake dipanasin, nah ini yang salah.

Sebaiknya motor dipanasin dulu kalau pagi sebelum dipakai, jangan lama-lama ngabisin bensin, cukup 3 menit saja. Kecuali motor sudah gak dipakai satu minggu jadi harus 10 menit buat manasinnya, karena oli yang mengendap.

Sebelum jalan oli dalam mesin motor mengendap, setelah dipanasin maka oli akan lebih cair dan melumasi seluruh mesin. Kalau pada saat pagi baru mau digunakan biasanya menghidupkan mesin dengan cara dislah, atau kick starter tujuannya adalah agar oli tertekan dan melumasi bagian mesin dengan lebih cepat

Cara manasin motor yang tepat adalah setelah menghidupkan mesin biarkan beberapa saat mesin bekerja dengan  RPM yang rendah. Sampai Oli merata ke seluruh bagian mesin.

Baru Setelah beberapa saat mesin berjalan tambahkan tekanan gas sedikit demi sedikit. Sampai anda mendapatkan pemanasan yang cukup dan mesin siap digunakan. Jangan ngegas terlalu kencang pada saat manasin, karena akan merusak mesin

Suzuki Nex

Satu lagi motor keluaran Suzuki. Suzuki Nex, walaupun secara market share Suzuki terjepit antara Yamaha dan Honda namun Suzuki masih tetap eksis dan menelurkan produk-produk andalan.

Semboyan Suzuki Nex
Irit, Lincah, Gaya
Gak Cuma keren buat gaya, Suzuki nex juga udah terbukti iritnya. Suzuki nex pas banget buat loe yang gaul and eksis. Mesin irit, lari kenceng dan desainnya keren abis.




sumber image : suzuki.co.id

Berikut kriteria Mesin Suzuki Nex

MESIN
Jenis4 langkah, 1 silinder
Sistem katupSOHC, 2 valve
Diameter Langkahmm51,0 x 55,2
Isi silindercm3113
Ratio kompresi9.4
Tenaga maksimumps/rpm9,4/8800
Torsi MaksimumNm/rpm8,7/6.500
Sistem bahan bakarKarburator(BS22)
Sistem pengapianCDI
Sistem starterElektrik dan engkol
TransmisiCVT/V-belt
Kapasitas tangkiL3.5



Bagi Anda yang tidak tertarik dengan Mio ataupun Vario, Suzuki Nex bisa menjadi pilihan